1. Startup

Dukungan Prasetia Dwidharma untuk Ekosistem Startup Global

Prasetia Dwidharma telah berinvestasi ke 14 startup secara global selama pandemi

Sebagai perusahaan modal ventura yang berdiri sejak tahun 2016, Prasetia Dwidharma berinvestasi ke startup Indonesia, startup regional Asia Tenggara, dan bahkan startup yang berpusat di Amerika Serikat. Tercatat terdapat 100 startup yang telah didanai mereka.

Kepada DailySocial, CEO Prasetia Dwidharma Arya Setiadharma mengungkapkan strategi investasi dan harapannya ke pendiri startup yang memiliki passion dan hunger yang cukup besar untuk mengembangkan bisnis mereka.

Fokus ke teknologi

Para pendiri Prasetia Dwidharma Arya, Ardi dan Budi Setiadharma

Didirikan bersama saudara kembarnya Ardi Setiadharma, Prasetia Dwidharma memposisikan diri sebagai CVC. Semua investasi berasal dari balance sheet perusahaan yang didirikan Arya, Ardi, dan sang ayah, Budi Setiadharma.

Salah satu industri yang menjadi fokus Prasetia Dwidharma adalah industri game.

"Gaming merupakan industri di mana teknologi baru banyak digunakan, seperti AR dan VR. Saya melihat akan terus tumbuh ditambah dengan pengalaman pengguna yang semakin baik saat ini. Ke depannya saya melihat semakin banyak teknologi dimasukan ke dalam ekosistem tersebut," kata Arya.

Setelah sebelumnya berinvestasi ke Touchten, Prasetia Dwidharma tahun ini memberikan dana segar ke pengembang platform mobile gaming Singapura Goama. Goama memungkinkan aplikasi lain memasukkan segmen gaming ke dalam platform-nya, biasanya untuk tujuan user retention.

"Saya melihat angle-nya sangat scalable. Tidak hanya pasar Indonesia, konsep ini juga bisa diterapkan di pasar global. Kita melihat angle yang menarik menyasar segmen B2B hingga B2B2C," kata Arya.

Selain gaming, Prasetia Dwidharma juga tertarik berinvestasi di sektor robotika. Di tahun 2018 mereka mendanai startup Singapura Ratio. Menurut mereka, pendiri Ratio memiliki pengalaman yang sangat matang. Selain itu, model bisnis dan teknologi yang dihadirkan relevan untuk pasar global.

"Saya mengenal pendirinya saat studi di Universitas Purdue. Melihat pengalamannya yang pernah bekerja di Tiongkok turut membesarkan Yum China, ke depannya dengan teknologi robot yang mereka hadirkan bisa mengatasi masalah sumber daya, seperti tenaga barista di cafe atau coffee shop. Terutama di negara yang memiliki cost labor cukup besar," kata Arya.

Arya menambahkan, bisnis yang paling sulit untuk di-scale up adalah industri makanan dan minuman. Solusi robotika dari Ratio diharapkan bisa meminimalisir persoalan tersebut.

Diversifikasi kategori startup

Selama pandemi, Prasetia Dwidharma terbilang aktif memberikan pendanaan. Dalam waktu dua tahun terakhir terdapat 14 startup yang telah didanai. Startup yang telah didanai tahun lalu termasuk Neurobit, Traktor, Decentro, Danamart, MyRobin, Brick dan LunaPOS. Sementara tahun ini tercatat Jago Coffee, Populix, Bamms, Dagangan, Goama dan Fresh Factory sebagai portofolionya.

"Untuk Fresh Factory kami tertarik dengan model bisnis yang ditawarkan. Mereka meng-convert ruko yang ada menjadi cold storage. Logistic angle tersebut yang kemudian menjadi perhatian kita, ditambah dengan pendirinya yang sudah sangat berpengalaman," kata Arya.

Portofolio investasi yang dimiliki Prasetia Dwidharma cukup beragam. Sekitar 60% investasi diberikan untuk perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Mereka juga mengalokasikan dana 20% untuk startup Asia Tenggara (di luar Indonesia) dan 20% lagi untuk startup Amerika Serikat.

Meskipun pasar di Indonesia sangat besar potensinya, Arya melihat kebanyakan startup Indonesia masih fokus ke pasar lokal. Berbeda dengan startup asal Singapura atau Amerika Serikat yang kebanyakan menargetkan pasar global.

Investasi di luar negeri biasanya didapatkan tim Prasetia Dwidharma berdasarkan rekomendasi program inkubator, seperti Y Combinator dan Antler. Mereka juga banyak menerima rekomendasi dari berbagai organisasi yang relevan. Cara ini dinilai Arya cukup efektif karena keterbatasan sumber daya untuk melakukan kurasi dan background check.

"Kita berupaya untuk mendiversifikasi tesis investasi dan strategi. Dengan demikian kita makin ter-expose kepada teknologi yang berbeda. Bukan hanya consumer oriented, SaaS dan lainnya," kata Arya.

Arya juga mengajak lebih banyak korporasi berinvestasi ke startup. Tidak hanya fokus ke pendiri startup yang masih belia usianya, namun juga ke startup yang memiliki passion dan semangat muda, meskipun pendirinya sudah berusia lebih senior (40 tahun ke atas).

"Sebagai investor kita bisa memposisikan sebagai helicopter view. Berdasarkan pengalaman yang dimiliki sebagai korporasi, kita bisa melihat industri mana yang bakal tumbuh dan tentunya memiliki potensi yang baik," kata Arya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again