1. Startup

East Ventures Berpartisipasi pada Pendanaan Pra-Awal Avium

Avium memperoleh pendanaan pra-awal sebesar $2 juta, putaran ini dipimpin Saison Capital

East Ventures berpartisipasi pada pendanaan pra-awal Avium sebesar $2 juta sekitar Rp29,8 miliar. Dipimpin oleh Saison Capital, putaran ini juga disuntik oleh Mirana Ventures dan sejumlah angel investor, seperti Ricky Ow (eks petinggi WarnerMedia), Hepmil Media Group (SGAG/MGAG/PGAG).

Avium berasal Singapura yang didirikan oleh Ivan Yeo, Nathanael Lim, dan Eugene Yap. Sekadar informasi, Ivan sebelumnya mendirikan perusahaan esport EVOS, sedangkan Nathanael adalah pengacara yang menangani perusahaan teknologi global, seperti Huobi, Binance, dan Facebook. Adapun, Eugene Yap merupakan eks konsultan strategis yang berpengalaman menangani proyek besar termasuk Morgan Stanley dan Partners Group.

"Kami sadar bahwa studio-studio di Asia Tenggara layak mendapat kesuksesan yang lebih baik di bidang IP (intellectual property). Kami sudah mengetahui hasil karya mereka di skala global, tetapi mereka belum mampu menampilkan seluruh spektrum karyanya agar dapat diakui industri. Melalui pendanaan ini, mereka siap untuk menunjukkan karyanya, dan kami siap untuk memperkuat hal tersebut," kata Co-Founder Avium Ivan Yeo dilansir dalam blognya.

Avium akan menjadi tempat berkumpulnya seluruh ekosistem, termasuk kreator dan produser, yang menggarap konten animasi dalam berbagai format. Ekosistem ini mencakup proses end-to-end mulai dari (1) pengembangan konten original dari studio; via iklan, seniman digital, tim rendering, hingga produser; (2) kreasi media dan produk consumer (via komik, animasi, dan merchandise); serta (3) distribusi melalu jaringan media (konten kreator dan kanal esport).

Partner di Saison Capital Chris Sirise menambahkan, "Founding team di Avium telah memiliki rekam jejak untuk menarik talenta kreatif terbaik dan mengumpulkan para fans di regional melalui konten-konten terbaik. Infrastruktur Web3 akan membantu menyatukan ini semua dengan memberi insentif yang adil pada komunitas," ujarnya.

Pengembangan konten

Melalui pendanaan ini, Avium akan membangun jaringan studio terbesar di Asia Tenggara dengan memanfaatkan infrastruktur Web3. Pihaknya akan mengembangkan brand entertainment hingga konten original.

Adapun, Caravan Studios dan Circle Studio termasuk perusahaan animasi regional terkemuka yang telah bergabung ke dalam ekosistem Avium. Caravan telah mengembangkan IP untuk berbagai brand besar, seperti Marvel Comics, Netflix, Prime Video, Lego, Legends of Runterra, dan Clash Royale. Sementara, Circle telah menggarap IP untuk Valve, Tencent, Dota, dan Mobile Legends.

Avium menawarkan koleksi NFT Founders' Pass yang dirancang untuk memberi insentif bagi tim kreatif dan studio yang mengembangkan brand di Avium. Para pemegang Founders' Pass memberikan akses kepada pemilik bisnis, kreator, dan seniman ke komunitas eksklusif yang membangun brand Avium bersama founding team.

Artinya, mereka akan menjadi bagian dari anggota pendiri Avium yang juga berhak untuk membangun bersama studio dan produser dengan memanfaatkan merek tersebut. Sejauh ini, Avium telah mengantongi lebih dari 10 ribu follower dari berbagai media sosial.

Web3 bagi creator economy

Berdasarkan laporan Antler beberapa waktu lalu, pasar industri creator economy global telah menyentuh angka $104,2 miliar yang didorong oleh meningkatnya investasi di sektor tersebut. Di sepanjang 2021, Antler mencatat sebesar $1,3 miliar investasi telah dikucurkan ke platform creator economy.

More Coverage:

Antler memproyeksikan pertumbuhan creator economy di masa depan akan dipicu oleh peningkatan adopsi Web3. Menurut laporan, Web3 bakal menjadi game changer bagi kreator dan memungkinkan mereka untuk memonetisasi karyanya secara independen.

Generasi kreator berikutnya akan punya kesempatan untuk meningkatkan sumber monetisasi konten atau karya. Tentu ini menjadi perubahan signifikan mengingat sebelumnya kreator banyak mengandalkan iklan dan sponsor merek untuk mendapatkan pemasukan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again