1. Startup

Permudah Ekspansi Regional, East Ventures Jalin Kemitraan dengan SGInnovate

Memungkinkan startup memiliki akses jaringan coworking space di Singapura, akan buat program inkubasi khusus, dan membuka peluang perolehan fasilitas pendanaan seri B hingga ke atas

Perusahaan modal ventura East Ventures mengumumkan kemitraan strategis dengan SGInnovate yang merupakan badan khusus buatan Pemerintah Singapura untuk menangani pengembangan kewirausahaan. Kemitraan ini diwujudkan lewat coworking space yang dimiliki masing-masing, yakni EV Hive (milik East Ventures) dan BASH (milik SGInnovate).

Kedua coworking space tersebut akan menjadi kantor sebagai perlandasan startup masing-masing negara saat berencana ekspansi ke tingkat regional. Nantinya, startup akan mendapat tanda khusus yang dapat mereka gunakan untuk akses keluar masuk coworking space.

Selain itu, kemungkinan ke depannya akan ada program inkubasi yang khusus diadakan East Ventures dan SGInnovate sebagai medium untuk mempersiapkan startup sebelum benar-benar terjun. Startup juga akan mendapat peluang fasilitas pendanaan seri B ke atas yang diberikan oleh EDBI, perusahaan investasi milik Economic Development Board Singapura.

"Akan ada banyak kolaborasi yang bisa ditimbulkan dari kemitraan ini. Intinya kedua negara akan saling mendapat bantuan saat startup-nya akan ekspansi, sebab bantuan dari mitra lokal adalah hal terpenting yang dibutuhkan setiap startup saat ekspansi regional," terang Managing Partner East Ventures Willson Cuaca, Selasa (25/4).

Willson melanjutkan pihaknya memilih Singapura sebagai negara tujuan ekspansi lantaran negara tersebut dinilai memiliki ekosistem startup yang sudah sangat baik. Ditambah lagi, Singapura sudah dikenal sebagai negara digital hub karena memiliki tingkat efisiensi yang tinggi.

Dia berharap bakal adanya transfer ilmu mengenai teknologi apa saja dari Singapura yang cocok untuk diterapkan di Indonesia. Transfer ilmu yang diberikan startup Indonesia untuk Singapura bisa berupa pendampingan untuk berbagi informasi tentang kultur dan budaya orang Indonesia.

Kendati demikian, Willson tidak bisa memprediksi akan menelurkan berapa banyak startup lokal yang bisa ekspansi ke Singapura. Menurutnya, tidak semua startup memiliki kesempatan untuk bisa ekspansi ke tingkat regional waktu yang singkat.

Kualitas produk yang baik lebih penting daripada mementingkan kuantitas startup yang ekspansi. Willson mencontohkan platform pencari pekerja lepas, seperti Sribulancer, memiliki peluang yang baik untuk ekspansi ke Singapura.

Saat ini EV Hive telah membantu pengembangan 36 startup dengan dua lokasi kantor di Jakarta Selatan dan BSD. Adapun enam di antaranya adalah startup dari Singapura. Willson menargetkan paling tidak ada tujuh coworking space EV Hive yang beroperasi tahun ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again