27 January 2015

by Glenn Kaonang

ExoDrive Adalah Casing dengan Slot microSD untuk Smartphone Android

Seiring berkembangnya zaman, konten multimedia semakin memerlukan banyak tempat. Hal ini bisa dibuktikan oleh hasil foto smartphone-smartphone terkini yang bisa berukuran hingga 5 MB karena penggunaan sensor beresolusi tinggi – belum lagi hasil perekaman video beresolusi 4K.

Mayoritas smartphone terkini biasanya hadir dengan kapasitas penyimpanan internal 16 GB, dan penggunanya bisa melakukan ekspansi dengan microSD hingga 128 GB. Namun bagaimana jika semua itu rupanya belum cukup?

Sebuah produk ambisius muncul di situs crowdfunding Kickstarter untuk mengatasi problem ini. Bernama ExoDrive, produk ini merupakan casing yang dirancang untuk sejumlah smartphone Android kelas atas.

 

Info menarik: HiFi-Skÿn, Casing Smartphone Khusus Pecinta Musik Sejati

 

Apa yang istimewa dari casing ini terletak pada slot microSD yang diusungnya. ExoDrive mampu mengakomodasi kartu microSD hingga yang berkapasitas 128 GB – secara tidak langsung menyulap smartphone menjadi hard disk eksternal – baik yang berjenis SD, SDHC atau SDXC.

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, smartphone HTC One (M8) memiliki storage internal 16 GB plus slot microSD yang mampu menampung hingga 128 GB. Menggunakan casing ExoDrive, penggunanya dapat memperoleh total kapasitas penyimpanan sebesar 16 + 128 + 128 = 272 GB.

Tentunya tidak semua smartphone kompatibel dengan ExoDrive. Hal ini tidak hanya disebabkan oleh perbedaan bentuk smartphone saja, tetapi karena ExoDrive memanfaatkan fungsi USB OTG (On-the-Go) milik smartphone untuk mengaktifkan adaptor SD ke USB-nya.

 

Info menarik: Trick Cover, Casing iPhone 6 Pilihan Bruce Lee dan Michelangelo

 

Pada awalnya, ExoDrive akan hadir untuk smartphone-smartphone berikut: Motorola (Moto G, Moto X), LG (G2, Nexus 5, Nexus 6), HTC (One M7, One M8), Samsung (Galaxy S4, Galaxy S5) dan OnePlus One. Ke depannya, ExoDrive juga akan hadir untuk Apple iPhone 5 atau varian yang lebih baru.

Saat smartphone-smartphone di atas disambungkan ke komputer, komputer memiliki akses terhadap semua storage milik smartphone tersebut – baik internal, microSD yang terdapat di smartphone maupun microSD milik casing ExoDrive. Saat sedang tidak digunakan, ExoDrive bisa Anda lepas tanpa harus mengubah pengaturan di smartphone terlebih dahulu.

Fisik ExoDrive sendiri tidak jauh berbeda dari casing-casing pada umumnya, hanya saja bentuknya agak memanjang karena bagian bawahnya merupakan rumah dari adaptor SD ke USB miliknya. Desain memanjang ini juga dipilih agar ketipisan ExoDrive bisa tetap terjaga.

Pledge terendah yang ditawarkan ExoDrive saat ini adalah $35 (Rp 450 ribu) untuk satu unit casing ExoDrive dengan pilihan tiga warna: hitam, abu-abu atau putih. Namun jika casing ExoDrive tidak tersedia untuk smartphone Anda, Anda bisa memilih pledge tertinggi senilai $99 (Rp 1,25 juta) dan ExoDrive akan merancangkan casing khusus untuk Anda – dengan catatan smartphone Anda mendukung fitur USB OTG.

Sumber: Kickstarter via PhoneArena.