13 December 2016

by Bambang Winarso

Facebook Perkenalkan Fitur Live 360

Live 360 memungkinkan pengguna untuk menyiarkan video dengan sudut pandang yang lebih luas, tapi masih untuk kalangan terbatas

Facebook percaya bahwa video adalah masa depan internet. Pandangan itu dinyatakan dalam beberapa kesempatan saat perwakilan Facebook berbicara di atas panggung. Sejalan dengan keyakinan itu, Facebook telah secara aktif mengerjakan dan merilis fitur-fitur yang memungkinkan miliaran penggunanya berkreasi dengan video melalui perangkat mobile dan menikmati kontennya dari desktop.Facebook Live menjadi salah satu pemain vital di segmen ini.

Kemarin, Senin (12/12) waktu setempat Facebook kembali mengumumkan kehadiran fitur baru yang sama pentingnya, Live 360.

Tak sulit untuk menerka fitur apa yang disuguhkan oleh Live 360. Sesuai namanya, fitur ini menghadirkan kemampuan sudut pandang 360 derajat ke aplikasi Facebook Live. Dukungan baru ini memungkinkan penonton untuk menyaksikan video secara langsung dengan sudut pandang yang lebih luas dan interaktif. Penonton dapat melihat sudut manapun yang mereka inginkan dengan menggerakkan mouse atau menggeserkan smartphone ke arah yang berbeda.

Kedatangan fitur Live 360 terbilang di Facebook terbilang lambat. Pasalnya, sang rival YouTube sudah lebih dulu menghadirkan fitur serupa dua minggu lalu. Untungnya Facebook Live punya sejumlah keunggulan yang berpotensi membuat penggunanya sulit untuk berpaling. Yap, hingga kini Facebook Live telah diperkaya sejumlah fitur unik seperti menyiarkan video ke grup dan event, durasi hingga empat jam, tampilan full screen, geo-video untuk akurasi lokasi, dukungan Facebook Workplace dan juga Signal, aplikasi untuk para jurnalis.

Live 360 dijadwalkan untuk rilis hari ini, 13 Desember waktu Utah yang dapat dipantau dari halaman National Geographic langsung dari Mars Desert Research Station. Sejumlah Fan Page pilihan bakal disambangi melalui Live API dalam hitungan bulan ke depan, sedangkan Fan Page dan profil global baru akan didukung di tahun 2017 mendatang.

Sumber berita FB.