1. Startup

Fasilitas Telepon Dari Google di Gmail

Google mengumumkan bahwa kini para pengguna Gmail bisa melakukan panggilan dan menerima telepon lewat Gmail. Seperti yang dijelaskan Google lewat blog mereka, panggilan telepon untuk U.S. dan Kanada digratiskan, setidaknya selama satu tahun ke depan. Sedangkan untuk negara lain akan dikenakan tarif, namun tarif yang ditetapkan cukup murah, setidaknya dalam kisaran dibawah harga paling murah sebesar $0,02 permenit.

Pengguna Gmail cukup mengunduh Voice - Video Plug-in dan jika fitur panggilan telepon ini tidak muncul, mungkin Anda menggunakan bahasa selain Inggris untuk akun Gmail Anda, ubah dulu bahasa ini kemudian refresh. Untuk melakukan panggilan, caranya cukup mudah, klik tautan 'Call Phones' yang berada di kolom 'Chat' pada akun Gmail Anda, ketikkan nomor telepon atau masukkan nama dari kontak yang ingin Anda telepon.

Jika Anda mempunyai nomor telepon di Google Voice, panggilan telepon dari Gmail akan memperlihatkan nomor dari Google Voice ini sebagai nomor telepon pengguna, dan Anda juga bisa menerima telepon di Gmail dengan nomor ini, sayangnya nomor telepon untuk Google Voice saat ini hanya tersedia bagi pengguna di U.S. saja.

Saya mencoba melakukan panggilan telepon ke nomor GSM saya, karena tidak memiliki nomor telepon di Google Voice, nomor telepon yang tampak dilayar ponsel saya diawali dengan nomor +62878, sayangnya ketika telepon itu diangkat, panggilan telepon tersebut lansung mati tanpa ada keterangan apapun kecuali informasi 'ended the voice chat' di akun Gmail saya.

Google sendiri menjelaskan bahwa untuk panggilan internasional, pengguna harus menambahkan 'credit' sebelum melakukan panggilan telepon, dan tarif yang berlaku akan menggunakan tarif panggilan telepon Google Voice. Cara menambahkan 'credit' bisa dilakukan dengan melakukan klik pada tautan angka tarif telepon klik 'Add Credit', pembelian 'credit' ini akan menggunakan layanan Google Checkout, namun sayangnya ketika saya mencobanya tautan untuk menambahkan 'credit' di halaman Google Chat tidak berfungsi.

Apakah para pembaca DailySocial sudah ada yang menggunakan fasilitas panggilan telepon menggunakan Gmail ini? Jika ada, mari bagikan pengalaman Anda pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again