Categories

Misc

Fender Mod Shop Ibarat Moto Maker tapi untuk Gitar dan Bass Listrik

Pengguna bisa melakukan kustomisasi yang merinci sebelum melakukan pemesanan

Glenn Kaonang - 16 June 2016

Selera konsumen yang sangat beragam memaksa banyak pabrikan untuk menawarkan opsi kustomisasi dalam beberapa tahun terakhir. Lihat saja Apple; iPhone generasi pertama hadir dalam satu warna saja, sedangkan iPhone 6S ditawarkan dalam empat kombinasi warna yang berbeda.

Empat pilihan saja sebenarnya jauh dari kata cukup. Itulah mengapa Motorola mengambil langkah yang berbeda tiga tahun lalu lewat Moto Maker, sebuah situs dimana pengguna bisa melakukan beragam kustomisasi sebelum membeli produknya. Inovasi Motorola ini terbukti cukup efektif, hingga akhirnya kini pabrikan gitar Fender mengambil langkah serupa untuk produk besutannya.

Perusahaan yang didirikan oleh seorang inventor bernama Leo Fender tersebut baru-baru ini memperkenalkan Fender Mod Shop. Mod Shop bisa diibaratkan sebagai Moto Maker, tapi khusus untuk gitar dan bass listrik, utamanya model Telecaster, Stratocaster, Precision Bass dan Jazz Bass.

Kustomisasi yang bisa dilakukan dalam Fender Mod Shop sangat lengkap dan merinci / Fender

Setelah memilih model yang diinginkan, pengguna bisa melakukan kustomisasi yang amat merinci; mulai dari dari orientasi, material dan warna bodi, fingerboard, pickguard, sampai jenis pickup maupun tuning-nya. Semakin kompleks kustomisasi yang Anda lakukan, harganya tentu akan semakin naik mengikuti variasi komponen yang Anda pilih – start awalnya adalah $1.650, dan bisa melambung hingga $1.950.

Kalau butuh inspirasi, Anda dapat melihat-lihat karya orang lain yang ditampilkan di situs Mod Shop, atau Anda juga bisa memamerkan kreasi Anda sendiri di sana maupun di media sosial dan memberinya nama panggilan yang catchy seperti "Whiskey Brown". Sayang sekali Mod Shop sejauh ini baru tersedia buat konsumen AS saja.

Terlepas dari itu, Mod Shop bisa menjadi bukti bahwa proses pemesanan gitar custom sudah sangat berbeda sekarang. Tahap yang perlu dilalui sangatlah simpel, dan waktu pengerjaannya juga tidak harus berarti jauh lebih lama – Fender menjanjikan waktu satu bulan saja setelah Anda melakukan kustomisasi dan pemesanan.

Sumber: Engadget.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter