Berita

Gandeng Uang Elektronik M-Bayar, Flip Optimalkan Fitur Saldo di Aplikasi

Pengguna Flip kini dapat mentransfer uang dari Saldo Flip ke lebih dari 100 bank domestik

Startup fintech Flip resmi memperkenalkan fungsi baru dari fitur Saldo Flip. Pengguna kini dapat melakukan transfer uang langsung dari Saldo Flip ke lebih dari 100 bank domestik selama 24 jam dalam 7 hari seminggu.

Selain transfer uang, pengguna juga dapat mengisi ulang, menarik saldo, dan menggunakan saldonya bertransaksi produk digital. Sejumlah produk digital ini antara lain e-wallet, pulsa, paket data, dan token listrik.

COO Flip Gita Prihanto mengatakan bahwa pihaknya ingin mendorong manfaat teknologi keuangan yang merata kepada siapa pun dan dimana pun melalui layanan keuangan yang aman, praktis, dan cepat. Salah satunya bagi pengguna di wilayah yang memiliki akses terbatas terhadap ATM.

"Kami menambah fungsi Saldo Flip untuk memberi pilihan kepada pengguna agar bisa langsung transfer uang dengan aplikasi Flip tanpa perlu membuka aplikasi lain. Langkah ini sejalan dengan komitmen kami meningkatkan kualitas layanan," ujar Gita dalam keterangan resminya.

More Coverage:

Modalku Akuisisi CardUp, Startup Fintech Pembayaran Asal Singapura

Sebagai informasi, Flip merupakan platform fintech yang menawarkan sejumlah layanan keuangan, seperti transfer dana antarbank bebas biaya, transfer ke luar negeri, top-up e-wallet, hingga transfer gaji.

Flip didirikan di 2015 dan mengantongi lisensi transfer dana dari Bank Indonesia (BI) di 2016. Saat ini, Flip telah digunakan oleh lebih dari 7 juta orang serta 340 perusahaan dan UKM di Indonesia.

Bermitra dengan M-Bayar

Dihubungi terpisah oleh DailySocial.id, Co-founder dan CEO Flip Rafi Putra Arriyan mengungkap bahwa Flip bermitra dengan layanan uang elektronik M-Bayar untuk memampukan transfer dana dari Saldo Flip. Hal ini mengingat Flip hanya memiliki lisensi sebagai platform transfer dana saja dari BI [belum memiliki lisensi untuk e-money dan/atau e-wallet].

More Coverage:

Mapan Umumkan Pendanaan Seri A 223 Miliar Rupiah Dipimpin Patamar Capital dan Astra Digital

"Kerja sama ini baru live begitu layanan transfer dana dari Saldo Flip ini diluncurkan. Untuk saat ini, kami belum ada [perluasan] kerja sama dengan m-Bayar untuk fitur atau fungsi lain di aplikasi Flip," ujar Rafi.

Sedikit informasi, M-Bayar di bawah naungan PT E2Pay Global Utama merupakan layanan uang elektronik berbasis aplikasi yang menawarkan sejumlah fitur keuangan, antara lain transfer, tarik tunai, pembelian pulsa dan paket data, pembayaran tagihan, pembayaran di merchant berbasis QRIS. m-Bayar juga telah memiliki lisensi dari BI.

Dengan kolaborasinya bersama M-Bayar, Flip menunjukkan adanya upaya mengeksplorasi berbagai opsi dalam memperlebar cakupan layanannya tanpa perlu membangun kapabilitas atau mengajukan lisensi baru. Ada berbagai kemungkinan Flip dapat menambah berbagai layanan keuangan lain di masa depan, seperti membuka rekening atau pengelolaan keuangan.

Model ini pula yang tengah banyak diwujudkan oleh berbagai pelaku industri, baik korporasi maupun startup, untuk menghadirkan atau membuka akses keuangan dengan mengadopsi API. Ke depannya, siapa pun dapat mengakses layanan keuangan tanpa perlu membuka aplikasi bank tertentu.

More Coverage:

Fazz Financial Dikabarkan dalam Proses Penggalangan Dana Seri C

Sebagai contoh, kolaborasi Telkomsel dan blu (BCA Digital) memungkinkan pengguna untuk membuka dan mengelola rekening blu, melakukan transaksi, dan mengecek saldo melalui aplikasi Redi.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again