Gegap gempita industri startup membuat banyak orang berlomba-lomba membuat dan mengembangkan layanan untuk menggapai peluang bisnis yang ada. Kesempatan tersebut juga dilirik banyak pengusaha baru. Orang-orang ini berlomba-lomba untuk menyelesaikan solusi dengan produk yang mereka kembangkan untuk menjadi lahan bisnis yang menguntungkan. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa menjadi acuan para pengusaha baru untuk mendapatkan pendapatan.

Matangkan produk

Untuk mendapatkan uang, baik dari investor maupun dari pengguna pastikan produk sudah dalam posisi matang. Jika masih dalam tahap pencarian market-fit bisa dipastikan akan menjadi usaha yang susah. Ketahui dulu dengan pasti posisi produk Anda. Apa masalah yang ingin diselesaikan dan pengguna seperti apa yang ditargetkan. Ini menjadi penting mengingat investor pun akan berpikir dua kali jika produk yang dikembangkan tidak menyelesaikan apa-apa.

Terlebih lagi pengguna. Pengguna kebanyakan mencari produk yang dekat dengan mereka, dekat dengan permasalahan yang mereka hadapi. Jika produknya masih “mengambang” bagaimana mereka bisa percaya untuk mengeluarkan uang.

Jika sudah mendapatkan produk, lakukan pitching

Tidak ada salahnya untuk mengharap bantuan modal atau investasi pada pihak lain ketika kita mengembangkan bisnis. Namun sebelum itu pastikan produknya sudah benar-benar matang, minimal sudah siap dijual dan teruji dari beberapa pengguna awal. Jika sudah siap jangan ragu untuk segera melakukan pitching.

Di era berkembangnya bisnis digital event networking atau investor lazim diselenggarakan. Tidak ada salahnya untuk mencoba ikut dan melakukan presentasi di sana. Itu baik, minimal bisa membantu mengenalkan produk ke komunitas.

Perhatikan pertumbuhan dan traksi

Traksi yang baik pada bisnis digital menandakan pergerakan positif. Pantau terus pertumbuhan dan traksi yang ada dapatkan. Termasuk penerimaan masyarakat terhadap produk Anda. Jika memang sudah berada dalam posisi baik untuk traksi dan pertumbuhan tidak ada salahnya untuk mendekat ke investor atau masyarakat lain dengan berbagai strategi yang ada. Pada intinya investor maupun pengguna akan sangat memandang produk yang baik dan siap. Untuk itu sebelum memikirkan strategi-strategi lainnya usahakan untuk fokus pada produk.