1. DScovery

Fungsi Average pada Excel: Rumus, Jenis, dan Cara Menggunakannya

Tidak perlu menghitung rata-rata secara manual, kamu dapat memanfaatkan fitur Excel. Simak artikel ini untuk mengetahui definisi, jenis, hingga cara menggunakan fungsi average pada Excel.

Excel adalah program yang membantu kamu memecahkan masalah numerik. Ini dapat digunakan untuk menghitung rumus kompleks dan kemudian memvisualisasikan hasilnya.

Excel juga dilengkapi dengan beberapa fungsi bawaan, yang merupakan rumus yang telah ditulis sebelumnya yang menjalankan tugas tertentu. Misalnya, jika kamu ingin mencari rata-rata data, kamu dapat menggunakan fungsi AVERAGE untuk melakukannya.

Pada artikel ini, kita akan belajar tentang cara menggunakan fungsi Excel yang disebut AVERAGE untuk menghitung rata-rata.

Definisi Fungsi Average

Fungsi/rumus average adalah salah satu rumus yang paling berguna di Microsoft Excel, dan juga salah satu yang paling sederhana. Rumus ini mengambil jumlah nilai yang dirata-ratakan dan membagi jumlah itu dengan jumlah nilai yang dirata-ratakan.

Fungsi average dapat digunakan untuk semua jenis data, termasuk teks, angka, tanggal, atau waktu. Itu juga dapat digunakan untuk menghitung rata-rata tertimbang ketika kamu memiliki lebih dari satu set nilai rata-rata.

Misalnya, jika kamu memiliki sekelompok orang yang memberi kamu nilai dalam sebuah ujian, dan mereka masing-masing memberi kamu nilai yang berbeda (misalnya, satu orang memberi 90 dan orang berikutnya memberi 70), maka nilai rata-rata kamu akan berada di antara kedua nilai itu.

Jenis Fungsi Average

Ada banyak jenis rumus rata-rata di Excel, yang tentu saja memiliki fungsi yang berbeda-beda. Yang paling umum adalah:

AVERAGE

Ini adalah jenis rumus rata-rata yang paling dasar, yang menjumlahkan semua angka dalam suatu rentang dan kemudian membaginya dengan jumlah angka dalam rentang tersebut.

Rumus ini cocok untuk menghitung rata-rata ketika kamu tahu persis berapa banyak angka yang dimasukkan dalam perhitungan kamu.

AVERAGEA

Ini adalah jenis lain dari rumus rata-rata, tetapi rumus ini dapat memperhitungkan apakah ada jumlah item yang genap dalam suatu rentang atau tidak. Jika jumlah item ganjil, akan dihitung berdasarkan jumlah total item dibagi dua.

Jika ada angka genap, itu akan dibagi dua kali jumlah total. Ini bagus untuk situasi di mana kamu perlu menghitung rata-rata ketika kamu tidak tahu persis berapa banyak item yang ada (seperti ketika kamu menghitung rata-rata dari waktu ke waktu).

AVERAGEIF

Ini adalah jenis lain dari rumus rata-rata Excel yang memungkinkan kamu untuk menentukan kriteria khusus untuk apa yang harus disertakan dalam perhitungan kamu dan apa yang tidak boleh disertakan.

Kamu dapat menggunakan jenis rumus ini saat ingin menghitung rata-rata berdasarkan berbagai faktor (seperti kelompok usia atau tingkat pendapatan).

Cara Menggunakan Fungsi Average

Fungsi average adalah salah satu rumus paling berguna di Excel. Ini membantu kamu menghitung rata-rata dari serangkaian angka.

Disini akan dijelaskan cara menghitung rata-rata nilai rapot, yang dapat kamu gunakan untuk hal lainnya.

Berikut ini adalah cara menggunakannya:

  1. Masukan data ke Excel
  2. Masukan rumus untuk mencari rata-rata pada kolom yang sudah kamu tentukan
  3. Setelah keluar nilai rata-rata pada satu baris, tarik rumus tersebut kebawah untuk menghitung rata-rata seluruhnya
Hasil rata-rata / Capture by Fathia DailySocial.id
  • Kamu sudah berhasil menghitung rata-rata dengan cepat dan mudah
  • Demikianlah penjelasan lengkap mengenai fungsi average pada Excel, semoga bermanfaat.

    Are you sure to continue this transaction?
    Yes
    No
    processing your transaction....
    Transaction Failed
    Try Again

    Sign up for our
    newsletter

    Subscribe Newsletter
    Are you sure to continue this transaction?
    Yes
    No
    processing your transaction....
    Transaction Failed
    Try Again