Categories

Game

Dengan Fuze Code Studio, Anda Bisa Membuat Game untuk Nintendo Switch Menggunakan Nintendo Switch

Memanfaatkan bahasa pemrograman Fuze BASIC, dengan aset grafik dan audio yang sudah tersedia

Glenn Kaonang - 20 June 2017

Belajar coding sekarang bisa di perangkat apapun, tidak cuma di komputer saja. Bahkan console macam Nintendo Switch pun dapat Anda manfaatkan sebagai medium pembelajaran programming berkat kehadiran aplikasi seperti Fuze Code Studio.

Kalau Swift Playgrounds menggunakan bahasa pemrograman Swift, Fuze Code Studio memakai Fuze BASIC, yang mengambil bahasa pemrograman lawas BASIC sebagai dasarnya. Menurut pengembangnya, pengguna sama sekali tidak perlu mempunyai pengalaman coding untuk bisa menguasainya.

Untuk menginput kode demi kode, pengguna dapat memanfaatkan keyboard di layar sentuh atau dengan menyambungkan keyboard USB ke dock milik Switch. Setelahnya, pengguna dipersilakan untuk meracik game 2D atau 3D-nya sendiri, dengan akses penuh pada controller Joy-Con, termasuk sensor-sensornya.

Fuze turut menyertakan aset grafik dan audio, tapi pengguna rupanya juga dapat memakai buatannya sendiri. Lebih lanjut soal audio, Fuze Code Studio turut dibekali synthesizer beserta speech engine yang dapat diprogram sesuai kebutuhan.

Tentu saja Anda jangan berharap kualitas grafik sekelas yang dibuat menggunakan engine Unreal atau Unity, akan tetapi pastinya ada kepuasan tersendiri memainkan game yang Anda garap sendiri pada perangkat yang Anda pakai untuk memainkannya. Dan lagi berkat fleksibilitas Switch, Anda bisa dengan mudah memamerkannya ke teman maupun keluarga di layar besar.

Fuze Code Studio kabarnya bakal tersedia melalui Switch eShop mulai musim panas ini.

Sumber: The Verge dan Nintendo Today.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter