1. Lifestyle

Game Shenmue III Dikonfirmasi Meluncur Tahun Ini

Dan kabarnya akan ada sejumlah 'kejutan' untuk para penggemar seri Shenmue.

Shenmue ialah seri permainan action-adventure open world arahan Yu Suzuki. Konten game yang begitu kaya membuatnya diakui sebagai salah satu permainan terpenting sepanjang masa, dipuji karena mempionirkan sejumlah fitur gaming esensial: banyaknya pilihan, tingginya level detail, serta luasnya dunia game - yang selanjutnya diadopsi oleh franchise semisal GTA dan Yakuza.

Namun meski menerima banyak penghargaan, penjualan game kedua Shenmue ternyata mengecewakan. Akibatnya, masa depan dari franchise ini jadi terkatung-katung selama lebih dari satu dekade. Baru 14 tahun setelahnya, Yu Suzuki serta studio Ys Net mengabarkan untuk mengembangkan penerusnya. Dana dikumpulkan lewat Kickstarter, dan saat kampanye crowdfunding berakhir, Senmue III berhasil mengumpulkan uang lebih dari US$ 6 juta.

Awalnya, Ys Net berencana buat merilis Shenmue III di bulan Desember 2017. Namun di bulan Juni tahun lalu, Suzuki memutuskan untuk menunda peluncurannya ke paruh kedua tahun 2018 karena dengan pemanfaatan engine Unreal 4, timnya menemukan banyak aspek yang bisa diperluas. Lalu di bulan Agustus 2017, developer mengumumkan kolaborasi bersama Deep Silver demi membantu proses publikasi permainan ini.

Melihat kecilnya jumlah staf Ys Net, banyak orang berasumsi waktu tayang Shenmue III lagi-lagi akan diundur. Tetapi tidak menurut Cedric Biscay, yaitu founder dari Shibuya Productions. Tim pimpinannya merupakan salah satu satu studio yang membantu pengerjaan game. Dan lewat Twitter-nya, Biscay mengonfirmasi bahwa perilisan Shenmue III akan tetap dilangsungkan di tahun ini.

"Saya mengucapkan Selamat Tahun Baru!" tulis Biscay di Twitter. "Semoga Anda mendapatkan segala yang terbaik di 2018. Tahun ini juga jadi semakin menarik dengan peluncuran Shenmue III di PS4 dan PC."

Dengan informasi ini, setidaknya ada dua hal bisa dipastikan. Pertama, penggarapan Shenmue III tampaknya berjalan sesuai jadwal terlepas dari dugaan 'pesimis' sejumlah gamer. Lalu kedua, PC dan PlayStation 4 akan menjadi tempat pendaratan perdana Shenmue III. Selain itu, sang founder juga mengutarakan rencana buat mengungkap 'banyak kejutan lain'. Biscay tidak bilang seperti apa kejutannya, tapi bayangkan hebohnya fans jika ternyata Shenmue pertama dan kedua di-remaster untuk platform game current-gen.

Shenmue III akan meneruskan petualangan Ryo Hazuki dalam perjalanannya dari Jepang ke China untuk menemukan pembunuh sang ayah. Game ketiga ini bermula di desa Bailu di Guilin, lalu akan membawa pemain mengunjungi Choubu ('sebuah wilayah di samping sungai yang dipenuhi toko-toko, gerai suvenir, hotel dan kuil' berdasarkan deskripsi di Kickstarter) serta Baisha.

Via VG247. Header: PlayStation.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again