Categories

Game

Developer Shenmue III Targetkan $10 Juta Demi Sajikan Formula Open World

Yoga Wisesa - 24 June 2015

Di konferensi Sony dalam ajang E3 2015, ada dua pengumuman game yang membuat para veteran berteriak girang: Final Fantasy VII Remake dan Shenmue III. Menariknya, ketika remake FFVII digarap secara ‘normal’, proses pengembangan sekuel Shenmue tergolong unik. Sony turut mendukung pendanaan, tapi permainan sendiri merupakan proyek crowdfunding Kickstarter.

Berkat bantuan publikasi Sony di acara gaming dunia tersebut, tim Ys Net yang diujungtombaki Yu Suzuki sukses mengumpulkan uang US$ 2 juta kurang dari 24 jam. Sekarang ada lebih dari US$ 3,5 juta di tangan mereka meski periode kampanye tersisa cukup lama. Namun demi memenuhi ambisi developer untuk menyajikan penerus sejati permainan role-playing klasik itu, ternyata modal berada cukup jauh di atas target stretch minimal.

Dari sesi Ask Me Anything Yu Suzuki bersama para gamer di Reddit, ia menjelaskan bahwa US$ 2 juta tidaklah cukup untuk mendanai permainan sekelas Shenmue. Sasaran realistis tim kini berada di level US$ 5 juta, demi menambatkan fitur baru yang telah disiapkan. Lalu di US$ 10 juta, barulah Shenmue dapat menyuguhkan formula open world sejati. Tidak mengherankan, karena Shenmue pertama saja membutuhkan US$ 47 juta, padahal ia dirilis 16 tahun silam.

Melihat hal tersebut, Shenmue III ialah permainan dengan proses penggarapan yang tidak biasa. Alasannya, dari awal developer tidak berterus terang menampilkan US$ 10 juta sebagai angka target sesungguhnya. Lalu bagaimana soal partisipasi Sony sendiri? Apa gerangan faktor pendorong Sony membantu Shenmue III, namun enggan menjadi publisher (sehingga game bisa jadi judul eksklusif di console mereka)?

Info menarik: Eidos Montreal Pamerkan Video Gameplay Deus Ex: Mankind Divided Berdurasi 25 Menit

Via Twitter, Co-producer Shibuya Productions Cedric Biscay menegaskan, Sony tidak akan mengambil uang yang telah dikumpulkan di Kickstarter. Tugas mereka ialah menyediakan bermacam-macam dukungan, semisal pemasaran dan investasi ke Ys Net. Artinya, Sony adalah salah satu backer. Pertanyaannya kini, bagaimana andai modal tidak mencapai US$ 10 juta? Akankah kita tetap melihat kemunculan Shenmue III?

Shenmue III akan meneruskan kisah yang terhenti di judul terdahulu. Anda kembali bermain sebagai Ryo Hazuki. Ia tiba di China demi mencari pembunuh sang ayah bersama rekan misteriusnya, Shenhua. Permainan dijanjikan memiliki elemen-elemen dan mekanisme pertempuran familier, dipadu penyampaian cerita interaktif. Tapi selain memuaskan fans, Yu Suzuki berkeinginan agar Shenmue III juga bersahabat bagi gamer generasi baru.

Tanggal rilisnya memang masih lama. Developer Ys Net mencoba memberikan proyeksi, sekitar bulan Desember 2017. Shenmue III rencananya akan diluncurkan untuk platform PC dan PlayStation 4.

Sumber: Kickstarter.com. Sumber tambahan: Destructoid.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter