9 February 2015

by Glenn Kaonang

'Gantungan Kunci' Ini Dapat Mengunci dan Membuka Mac Anda Secara Otomatis

Pernahkah Anda kesal harus terus memasukkan kata sandi ke Mac? Well, Anda bisa mematikan fitur penguncian berbasis kata sandi tersebut. Namun demikian, Mac Anda pun beresiko diutak-atik hingga dicuri datanya oleh rekan-rekan Anda yang iseng.

Pada prinsipnya, fitur penguncian berbasis kata sandi dirancang untuk melindungi keamanan data Anda. Namun saya paham bagaimana fitur keamanan ini bisa menjadi biang stres saat Anda harus sering bolak-balik meninggalkan dan menuju Mac Anda.

Hadirlah perangkat pintar bernama Sesame. Wujudnya amat kecil – dimensinya hanya 60x25x6 mm, dengan bobot 10 gram – akan tetapi ia dapat mengunci dan membuka Mac Anda mesecara otomatis. Sesame secara langsung akan menggantikan peran kata sandi dalam mengamankan data di Mac Anda.

 

Info menarik: MacID: Buka Perangkat Mac dengan TouchID

 

Sesame memanfaatkan konektivitas Bluetooth 4.0 untuk menyambung ke Mac. Ia dilengkapi lubang kecil untuk bisa dikaitkan ke, misalnya, gantungan kunci mobil yang selalu Anda simpan di dalam kantong celana.

Cara kerjanya amat simpel: saat Anda menjauh dari Mac sambil membawa Sesame, Mac Anda akan terkunci. Sebaliknya, ketika Anda kembali, Mac Anda akan terbuka secara otomatis. Anda sama sekali tidak perlu melakukan apa-apa.

Anda bisa mengatur sensitivitas Sesame secara lebih mendetail. Anda bisa memilih jarak yang dideteksi – dekat atau jauh – atau seberapa cepat Anda ingin Sesame bereaksi; apakah instan atau satu menit setelah Anda menjauhi Mac Anda.

Saat Anda merasa memercayakan Sesame masih kurang aman, Anda bisa memilih opsi Two-Factor. Jika opsi ini aktif, Anda perlu mendekatkan Sesame sekaligus memasukkan kata sandi untuk bisa membuka Mac Anda.

Lebih lanjut, Sesame juga bisa mengaktifkan atau menonaktifkan berbagai fungsi di Mac dengan memanfaatkan fitur Apple Script. Contohnya, status di Skype Anda bisa berubah menjadi ‘Away’ atau musik di iTunes akan di-pause secara otomatis saat Anda meninggalkan Mac sambil membawa Sesame, dan sebaliknya.

 

Info menarik: 10 Aplikasi Wajib Install Pada Mac Baru

 

Melihat wujudnya yang sedemikian kecil, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana jika Sesame Anda hilang entah di mana. Gampang, Anda hanya perlu memasukkan kata sandi Anda seperti biasa. Bila Anda mengaktifkan mode Two-Factor, Anda cukup me-reboot Mac dalam safe mode, kemudian hapus aplikasi milik Sesame.

Sesame dihargai $39 (Rp 500 ribu) per unitnya. Ia kompatibel dengan berbagai macam Mac. Anda bisa langsung melihat daftar kompatibilitasnya melalui situs resmi Sesame. Versi Windows-nya sendiri sedang menjalani tahap beta testing dan dijadwalkan akan dirilis di kuartal pertama tahun ini.

Via: Wired.