1. Startup

Google Docs Demo dan Fitur Baru Posterous

Akhir minggu kemarin ada beberapa informasi yang muncul dari Google dan Posterous. Google meluncurkan halaman web khusus untuk membantu mempromosikan layanan mereka, Google Docs dan Posterous mengumumkan fitur baru, 'Pages'.

Google Docs Demo

Aplikasi Google Docs memang tidak sepopuler aplikasi kerja lain, misalnya OpenOffice atau bahkan aplikasi kerja keluaran Microsoft, tapi untuk aplikasi kerja gratisan dan penempatan file di cloud, aplikasi milik Google ini bisa menjadi salah satu pilihan. Dengan beberapa upgradepada layanannya, kini Google Docs semakin menarik sebagai alternatif aplikasi kerja.

Permasalahannya, tingkat persaingan di aplikasi ini tidak sedikit salah satunya Doc, yang merupakan aplikasi Facebook - Microsoft, yang meski baru tapi sempat mencuri perhatian publik. Tingkat popularitas Google Docs juga harus terus mengejar popularitas aplikasi lain. Salah satu kendalanya adalah, anda harus mempunyai Google Account.

Kini bagi mereka yang tertarik untuk melihat-lihat bisa mencoba Google Docs tanpa harus mempunyai akun Google. Cukup menuju link ini docs.google.com/demo dan anda telah bisa mencoba layanan Google Docs termasuk layanan document, spreadsheet, dan drawing. Anda bisa mulai mencoba membuat berbagai dokumen, gambar atau tabel kerja dan juga melakukan share pada relasi anda dengan memberikan link yang tersedia di bagian kanan atas halaman muka Docs Demo.

Sepertinya memang cara ini digunakan Google sebagai salah satu strategi untuk semakin mempopulerkan Google Docs, minimal mereka yang tidak punya akun di Google, bisa mulai mencoba sebelum mereka mendaftarkan diri dengan membuat akun Google.

Pages From Posterous

Posterous terus menambahkan berbagai fitur pada layanan mereka. Meskipun terkenal sebagai penyedia jasa blog yang sederhana namun tidak menjadikan Posterous minim fitur, setelah menambahkan fitur Post Editor, button Like Facebook dan berbagai fitur lain, kini Posterous menambahkan fitur 'Pages' di layanan mereka.

Seperti yang dituliskan di blog mereka, anda kini bisa menambahkan halaman khusus berupa 'about me', 'contact' atau halaman lain selain halaman Posterous utama anda yang berguna untuk memberikan informasi tambahan pada para pembaca blog anda.

Untuk mengaktifkannya, masuk ke halaman web editor atau klik link manage, lalu temukan link pages, ikuti pilihan create pages, isi konten yang anda inginkan termasuk jika anda ingin menambahkan foto atau gambar. Posterous juga menyediakan fasilitas yang sama untuk membuat 'Pages' ini seperti layaknya jika pengguna Posterous akan membuat post untuk blog. Setelah selesai, nantinya akan ada link tambahan yang tampilannya sejajar dengan link home di halaman awal Posterous anda.

Bersamaan dengan fitur 'Pages' ini Posterous juga menambahkan beberapa pengaturan untuk fitur 'Pages', seperti pengorganisasian 'Pages', dimana pengguna bisa mengatur 'Pages' yang telah dibuat dengan mudah, termasuk pilihan untuk melakukan edit atau delete pages.

Selain itu ada fitur Redirects, yang berguna bagi anda yang menginginkan 'Pages' yang telah anda buat, nantinya diarahkan pada link tertentu. Serta fitur terakhir yaitu pengaturan home page. Jadi user yang telah memiliki beberapa halaman bisa mengatur 'Pages' mana yang akan menjadi halaman home dari blog mereka, asalkan 'Pages' ini bukan termasuk halaman 'redirect'.

Kesan sederhana dan minimalis memang telah bergeser sedikit demi sedikit dari Posterous, meskipun konsep dasar minimalis itu tetap dipegang, minimal dari fitur pendaftaran serta post lewat email, namun dengan berbagai fitur tambahan seperti 'Pages' ini menjadikan fitur Posterous semakin lengkap, dan menjadi semakin mirip dengan layanan blog lain.

Untuk anda yang tertarik mencoba fitur baru Posterous ini bisa membaca tutorial lengkap serta pengumumannya di linkini, dan bagi anda yang tertarik mencoba Google Docs Demo bisa langsung menuju linkini.

Berita Google Docs Demo via TechCrunch.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again