Categories

Gadget

GoPro Perkenalkan Hero5 Black dan Hero5 Session

Keduanya sama-sama dapat merekam video 4K, dilengkapi fitur perintah suara dan tahan air tanpa bantuan casing

Glenn Kaonang - 20 September 2016

Resmi sudah, GoPro Hero4 Black bukan lagi action cam terbaik. Titelnya sudah direbut oleh Hero5 Black yang diumumkan GoPro baru-baru ini. Sebagai suksesor sekaligus action camflagship GoPro, Hero5 Black mengusung pembaruan yang sangat signifikan dibanding pendahulunya.

Desainnya masih serupa, tapi Hero5 Black tampak lebih simpel dengan jumlah tombol yang lebih sedikit. Sebagai gantinya, pengoperasian kini bisa mengandalkan layar sentuh 2 inci di belakangnya. Oh tapi yang paling menarik, Hero5 Black tahan air hingga kedalaman 10 meter tanpa bantuan casing sama sekali.

GoPro Hero5 Black kini dilengkapi layar sentuh 2 inci dengan interface yang amat simpel / GoPro
GoPro Hero5 Black kini dilengkapi layar sentuh 2 inci dengan interface yang amat simpel / GoPro

Jeroan Hero5 Black turut dirombak. Resolusi video maksimum yang bisa direkam masih sama di angka 4K 30 fps, akan tetapi Hero5 Black kini mendukung mode wide dynamic range. Foto beresolusi 12 megapixel kini juga bisa diambil dalam format RAW, menjadikan Hero5 Black semakin menarik di telinga kalangan profesional.

Untuk pertama kalinya bagi GoPro, Hero5 Black mengemas sistem image stabilization. Sayang hanya sebatas electronic saja, bukan optical image stabilization seperti yang ditawarkan action cam terbaru Sony. Juga menjalani debut bersama Hero5 Black adalah fitur perintah suara yang bisa dimanfaatkan untuk memulai perekaman, mengambil foto atau menandai momen tertentu di tengah-tengah perekaman, mirip seperti yang ditawarkan Garmin Virb Ultra 30.

Bersamaan dengan Hero5 Black, GoPro juga mengumumkan Hero5 Session, suksesor dari action cam mini yang GoPro luncurkan tahun lalu. Secara fisik Hero5 Session identik dengan pendahulunya, tapi spesifikasi dan fiturnya sudah di-upgrade menjadi sekelas Hero5 Black.

Upgrade ini mencakup opsi perekaman video 4K 30 fps, electronic image stabilization, fitur perintah suara maupun ketahanan air tanpa bantuan casing. Yang tidak ada hanyalah dukungan format RAW dan mode wide dynamic range. Lebih lanjut, resolusi foto yang bisa dijepret juga cuma 10 megapixel.

Desain dan dimensi GoPro Hero5 Session tidak berubah dibanding pendahulunya, tapi spesifikasinya meningkat drastis / GoPro
Desain dan dimensi GoPro Hero5 Session tidak berubah dibanding pendahulunya, tapi spesifikasinya meningkat drastis / GoPro

Dalam kesempatan yang sama, CEO GoPro, Nick Woodman, turut memperkenalkan sebuah layanan baru bernama GoPro Plus. GoPro Plus pada dasarnya merupakan layanan berlangganan berbasis cloud untuk memudahkan proses menyimpan, menyunting atau membagikan video.

Cara kerjanya cukup simpel: saat action cam Hero5 Anda charge, foto dan video yang telah diambil akan otomatis diunggah ke GoPro Plus, dan dari situ pengguna tinggal menyuntingnya menggunakan smartphone atau laptop. GoPro Plus juga menawarkan perk lain seperti akses ke koleksi musik berlisensi maupun potongan harga sebesar 20 persen untuk mount dan aksesori yang dijual di situs GoPro.

Baik GoPro Hero5 Black maupun Hero5 Session akan dipasarkan mulai 2 Oktober mendatang. Banderol harganya masing-masing dipatok $399 dan $299. Oh ya, penting juga untuk diketahui, deretan aksesori yang dibuat untuk lini action cam Hero4 juga kompatibel dengan Hero5.

Sumber: CNET.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter