30 May 2014

by Yoga Wisesa

Homey Mampu Mengubah Rumah Anda Menjadi Rumah Pintar

Ponsel pintar, bohlam pintar, mobil pintar dan berbagai macam perangkat pintar diperkenalkan untuk mendukung gaya hidup modern di abad ke-21. Tapi walaupun konsep rumah pintar sudah diperkenalkan cukup lama, nyatanya masih sangat sulit merakyat karena membutuhkan modal yang sangat besar. Tapi bagaimana jika satu device mampu mengubah rumah kita menjadi rumah pintar?

Ide tersebut yang mungkin membuat program crowdfunding Homey sukses di Kickstarter. Dibuat oleh perusahaan startup asal Belanda, Athom, Homey adalah sebuah alat yang memungkinkan kita 'berbicara' atau berinteraksi langsung dengan rumah yang kita tinggali. Bukan hanya itu, Homey mampu mempelajari kebiasaan dan memprediksi hal-hal apa yang membuat Anda bahagia.

 

Info menarik: Ubisoft Sediakan Aplikasi Watch Dogs ctOS Untuk Ramaikan Rilis Game Watch Dogs

 

Dengan mengkombinasi berbagai perangkat yang Anda miliki dan koneksi internet, Homey mampu melakukan banyak hal. Saat Anda sampai di rumah, lampu akan menyala dengan otomatis, musik favorit Anda akan langsung diputar dan thermostat akan aktif dengan sendirinya dalam setting yang paling nyaman.

Homey juga bisa mengingatkan Anda untuk bangun di pagi hari. Contohnya dengan menyalakan radio atau stereo, dan mampu membacakan email terbaru.

Bahkan jika kita memiliki peralatan pintar terkoneksi otomatis lain, Homey bisa membuka tirai gorden, jendela atau menyiapkan secangkir kopi (dengan mesin pembuat kopi pintar tentu saja) untuk Anda.

Homey juga akan tahu saat Anda berniat untuk menonton film favorit, seperti Game of Thrones di Minggu malam. Tirai rumah akan ditutup, intensitas lampu akan diredupkan, suara musik dipelankan, kemudian channel TV akan diubah secara otomatis ke saluran yang Anda inginkan.

Saat Anda mendapatkan panggilan telepon, Homey akan menghentikan sementara musik yang sedang dimainkan. Kemudian telepon akan disambungkan secara Bluetooth ke speaker yang terdekat dengan Anda.

Jika berniat untuk pergi ke luar rumah, perangkat canggih tersebut dapat memberi tahu Anda apakah nanti akan turun hujan - dan tidak lupa mengingatkan Anda untuk membawa payung.

Saat seluruh anggota keluarga pergi meninggalkan rumah, Homey akan menonaktifkan air-conditioner serta mematikan lampu dan berbagai perangkat elektronik lain untuk menghemat listrik. Layanan ini juga memastikan pintu depan dalam keadaan terkunci.

 

Info menarik: LG G3 Resmi Diperkenalkan, Siap Jegal Galaxy S5 dan HTC One M8

 

Apa yang Homey janjikan terdengar hampir tidak masuk akal, seperti dalam film-film fiksi ilmiah masa depan. Namun developer Athom mencoba memastikan perangkat apapun yang Anda miliki dapat terkoneksi langsung dengan Homey. Selain peralatan rumah tangga, Homey juga mampu terhubung dengan sistem hiburan dan akun online.

Sejauh ini sudah ada nama-nama besar yang mengumumkan bahwa mereka akan mendukung Homey. Mereka adalah AirPlay, Sonos, KlikAanKlikUit, Hue, Somfy, Elro, Kwikset, General Electric, Spotify, Plugwise, Bose, Fakro, Logitech, Samsung, Philips hingga Gmail.

Melihat perusahaan-perusahaan tersebut yang fokus dalam berbagai bidang memberikan kita gambaran tentang apa saja yang dapat dilakukan Homey. Ingat tirai gorden atau jendela yang bisa terbuka dan tertutup secara otomatis tadi? Fakro adalah salah satu pencipta roof window terbesar di Eropa.

Belum ada harga resmi dan info perilisan Homey untuk pasar umum, tapi untuk ke 500 orang backer yang berpartisipasi dalam kampanye crowdfunding-nya, Homey diperkirakan akan hadir untuk mereka antara bulan April hingga Juni 2015. Dan aplikasinya akan segera tersedia untuk platform Android serta iOS.

Jangan lupa menyaksikan demonstrasi kecanggihan Homey di bawah ini: