1. DScovery

Host Live Streaming: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab, Serta Gaji

Kamu mau menjadi host live streaming? Nggak usah bingung, artikel ini adalah jawabannya.

Host live streaming adalah orang atau organisasi yang mengatur dan memantau acara streaming langsung atau siaran konten melalui platform online. Host live streaming dapat berupa individu, perusahaan, atau institusi yang memilih untuk menggunakan streaming langsung untuk berkomunikasi langsung dengan audiens mereka secara real time.

Apa Itu Host Live Streaming?

Sebagai gaya pemasaran baru, fenomena live streaming juga melahirkan peluang karir baru, yaitu host live streaming. Tidak main-main, profesi streaming langsung tampaknya menarik banyak perhatian. Mereka mencari bakat untuk menyelenggarakan sesi belanja langsung yang akan disiarkan di media sosial dan aplikasi elektronik.

Di masyarakat, istilah host live streaming host juga sering disebut sebagai live streamer atau host streamer. Secara umum host live streaming itu seperti marketer. Dia hanya mengatakan bahwa mereka menjual di pasar online melalui platform penjualan streaming.

Seorang host streaming biasanya bertugas menjelaskan detail informasi produk yang mereka jual kepada pemirsa yang menonton acara tersebut. Juga tugasnya adalah memberikan review produk.

Tugas dan Tanggung Jawab Host Live Streaming

Host live streaming bertanggung jawab untuk membimbing dan menghibur penonton selama acara berlangsung. Tugas atau tanggung jawab host livestream diantaranya:

1. Persiapan Acara

Persiapkan semua yang diperlukan untuk acara live streaming, seperti pemilihan topik, persiapan konten, pemrograman dan persiapan teknis, seperti koneksi internet yang baik, pencahayaan yang cukup, dan peralatan teknis lain yang diperlukan.

2. Memandu Acara

Host live streaming harus mampu mengelola acara dengan baik, mulai dari memperkenalkan diri, mempresentasikan topik hingga menjelaskan konten yang akan dibahas. Selain itu, pembawa acara streaming langsung harus dapat berinteraksi dengan penonton dan menanggapi pertanyaan atau komentar yang diposting.

3. Menciptakan Suasana yang Menyenangkan

Host streaming harus mampu menciptakan suasana yang menyenangkan dan menghibur bagi penontonnya. Hal ini dapat dilakukan dengan memasukkan lelucon atau anekdot, menjaga energi dan antusiasme sepanjang acara, dan mengundang tamu atau peserta dengan keahlian atau pengalaman yang menarik untuk dibagikan.

4. Mengikuti Jadwal

Host live streaming harus memastikan bahwa acara berlangsung sesuai dengan jadwal yang diberikan. Ini membutuhkan kemampuan untuk mengatur waktu dengan baik dan memastikan bahwa semuanya dilakukan tepat waktu.

5. Berkomunikasi dengan Tim Produk

Host live stream biasanya bekerja sama dengan tim produksi, yang membantu semua aspek teknis dan produksi acara. Oleh karena itu, pembawa acara live stream harus dapat berkomunikasi dengan baik dengan tim produksi untuk memastikan semuanya berjalan lancar.

6. Mempromosikan Acara

Host live streaming juga dapat membantu mempromosikan acara untuk menjangkau audiens yang lebih besar. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagi informasi tentang acara tersebut di media sosial atau blog, mendorong masyarakat untuk menghadiri acara tersebut dan mempromosikan acara tersebut melalui jejaring sosial mereka.

7. Menganalisis Performa Acara

More Coverage:

Setelah acara selesai, host live streaming harus dapat mengevaluasi kinerja acara, memperbaiki kekurangan yang ditemukan di acara tersebut, dan memberikan umpan balik kepada tim produksi untuk acara selanjutnya. Bergantung pada jenis acara streaming langsung yang disajikan, tugas penyelenggara streaming langsung dapat bervariasi. Namun, tujuannya agar acara berjalan lancar dan menghibur penonton.

Gaji Host Live Streaming

Soal gaji, untuk host live streaming cukup bervariasi tergantung banyak faktor termasuk jam terbang. Selain gaji, host-streamer menerima bonus tambahan jika berhasil mencapai target penjualan perusahaan atau toko online yang menggunakan layanan mereka.

Nah, demikianlah informasi mengenai host livestream. Bagaimana? Apa kamu tertarik menjadi host live streaming?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again