1. Startup

Roposo Hadir di Indonesia, Usung Ekosistem Live Streaming Ramah untuk Industri Konten

Sudah diuji coba sejak 5 bulan, rerata penonton harian lebih dari 1 juta

Roposo, platform live streaming InMobi, meresmikan kehadirannya di Indonesia. Platform ini mengusung komitmennya untuk mentransformasi ekosistem konten di Indonesia dengan menyediakan kesempatan produksi konten berkualitas dan pengalaman live streaming yang menarik bagi pengguna, kreator, merek, dan pengiklan.

Sebelum diresmikan, Roposo telah diujicobakan selama lebih dari lima bulan dan menyediakan lebih dari 40 streams setiap hari. Diklaim rerata penonton harian menembus 1 juta dan hampir dua juta jam konten Roposo ditonton setiap bulan. Uji coba ini dilakukan melalui Glance, platform lock screen, melalui fitur LIVE.

Senior Vice President & GM Roposo Mansi Jain menyampaikan, diferensiasi yang kuat Roposo dibandingkan aplikasi sejenis terletak dari komitmennya dalam menyajikan konten berkualitas dan pengalaman live streaming yang menarik bagi pengguna.

Dari sisi kreator konten, apabila mereka berbakat dan menonjol, mereka dapat melakukan monetisasi sejak hari pertama. Monetisasinya berdasarkan keterlibatan pengguna/penayangan konten mereka dan berapa pun jumlah pengikut yang mereka miliki.

“Kami memiliki bagi hasil dari iklan untuk kreator kami, yang dapat terjadi mulai hari ke-1. Hal ini merupakan pembeda besar bagi kreator dibandingkan dengan beberapa platform lain dan menunjukkan komitmen Roposo untuk membantu kreator di Indonesia meraih kesuksesan,” ujar Mansi, Senin (30/10).

Pihaknya juga mengadakan program bimbingan dan pendampingan agar para kreator dapat memaksimalkan manfaatnya. Misalnya: bagaimana mereka harus menampilkan diri/strategi branding, masukan berdasarkan data tentang jenis konten apa yang paling banyak mendapatkan keterlibatan pemirsa, dan sebagainya.

Diklaim lebih dari 200 kreator telah bergabung dengan Roposo yang berfokus pada konten-konten budaya pop dan sosial, seperti hiburan, fesyen, gaya hidup, makanan, memasak, kebugaran, olahraga, keuangan dan lainnya. Perusahaan akan menambah 1.000 kreator baru hingga setahun mendatang.

Diferensiasi Roposo

Pengalaman live streaming bagi pengguna akan dieskalasi lebih jauh. Pengguna akan diubah dari penonton pasif menjadi partisipan aktif. Roposo memungkinkan para pengguna dapat saling terhubung dan menghasilkan pengalaman live bersama para kreator favorit mereka dan mengekspresikan diri di komunitas dengan minat yang sama.

“Teknologi dan fitur kami menjembatani jarak antara kreator dan penonton sehingga memungkinkan hubungan yang mendalam dan membuat pengalaman LIVE terasa seperti kehidupan nyata. Untuk memberi konsumen konten LIVE trending terbaik, kami bermitra dengan beberapa pembuat konten paling luar biasa di Indonesia,” tambah Mansi.

Bagi merek dan pengiklan, Roposo menyediakan kesempatan untuk terhubung dan terlibat dengan penonton yang tepat, yakni menjangkau konsumen di lock screen bertenaga AI Glance, yang memungkinkan pengguna menemukan pengalaman konten premium di lock screen smartphone Android mereka.

Pengalaman konsumen di Glance diklaim dipersonalisasi sehingga konsumen menemukan apa yang paling cocok bagi mereka hanya dengan “glancing” atau melihat lock screen mereka, tanpa membuka kunci ponsel atau menghabiskan waktu melakukan pencarian. Glance telah memiliki lebih dari 30 juta pengguna aktif di Indonesia.

Walau terintegrasi dengan Glance, Roposo dapat diunduh melalui aplikasi terpisah di Google Play Store dan App Store.

Selain merek dan pengiklan berpeluang menjangkau penonton dalam jumlah besar melalui Glance, Roposo menjamin lingkungan yang aman bagi konten kreator untuk pembuatan konten. Karena konten Roposo muncul di layar kunci, Roposo mempertahankan standar keamanan dan moderasi yang tinggi untuk memastikan bahwa konten, komentar, dan lainnya, aman untuk beragam audiens dan situasi.

“Kreator kami menyatakan bahwa rasa aman ini mendorong lebih banyak kreativitas dan interaksi yang lebih tinggi – terutama bagi kreator baru dan kreator perempuan.”

Sebelum hadir di Indonesia, Roposo sudah lebih dulu hadir di India dan diklaim memiliki lebih dari 80 juta pengguna aktif. Setelah Indonesia, perusahaan berencana memperluas layanan ke Amerika Serikat, Brazil, dan Jepang.

Baru-baru ini Glance, InMobi, dan Roposo membuka kantor regionalnya di Jakarta, tepatnya di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Langkah ini membuktikan keseriusan komitmen dari tiga perusahaan untuk memperbesar jaringan bisnisnya di negara yang berkontribusi terbesar kedua setelah kantor pusatnya di India. Tersedia dua studio yang dapat digunakan oleh para kreator memproduksi kontennya.

Live streaming makin dilihat sebagai alat pemasaran yang sedang naik daun. Menurut Statista, pengguna internet di seluruh dunia menghabiskan lebih dari 480 miliar jam menonton konten live streaming di aplikasi populer pada 2020. Diperkirakan industri ini akan naik menjadi $330,51 miliar pada 2030, mengutip studi Grand View Research.

Di Indonesia sendiri, pasar live streaming, melihat dari sisi social commerce, adalah pasar yang menggiurkan terutama dari sisi pemain UMKM. Laporan yang disusun DSInnovate bersama TikTok mengungkapkan, lebih dari 80% UMKM menggunakan media sosial untuk berjualan.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again