1. DScovery

Human Resources Development (HRD): Pengertian, Tugas, Skill yang Dibutuhkan, Gaji

HRD atau Human Resources Development adalah suatu bagian di perusahaan yang berkaitan dengan karyawan.

Di setiap perusahaan, pasti ada sebuah bagian yang disebut Human Resources Development (HRD). HR bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya manusia (SDM) dari suatu perusahaan.

Apakah kamu pernah mengirimkan lamaran pekerjaan pada suatu perusahaan? Maka, surat lamaran pekerjaan tersebut akan sampai di tangan HRD dan ditinjau oleh mereka.

Seperti apakah tugas, skill yang dibutuhkan, hingga gaji yang dihasilkan oleh HRD? Simak penjelasan selengkapnya untuk mengetahui lebih dalam lagi.

Pengertian

Human Resources Development (HRD) atau Departemen Sumber Daya Manusia (SDM) adalah suatu bagian dalam sebuah perusahaan untuk mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan karyawan.

HRD lebih dikenal dengan suatu departemen yang bertugas untuk merekrut karyawan baru.

Namun selain merekrut, HRD juga bertanggung jawab untuk mengembangkan karyawan agar dapat memberikan kontribusi maksimal pada perusahaan sehingga mencapai target yang ditentukan.

Tugas HRD

HRD memiliki tugas-tugas yang berhubungan dengan tenaga kerja agar terciptanya karyawan berpotensi tinggi dan memiliki performa yang bagus.

Tugas-tugas yang harus kamu lakukan jika ingin menjadi seorang HRD adalah sebagai berikut:

Perencanaan Tenaga Kerja

Perencanaan tenaga kerja atau career planning merupakan sebuah proses memperkirakan kebutuhan tenaga kerja di suatu perusahaan dan menyiapkan SDM yang berpotensi untuk menjadi pemimpin di masa depan.

Dengan jenjang karir yang jelas, pemberian pelatihan dan pengembangan rutin, pemberian kompensasi maupun insentif akan membuat karyawan nyaman untuk bertahan di perusahaan tersebut sehingga tidak mudah berpikir untuk pindah ke perusahaan lainnya (resign).

Dengan karyawan yang produktif dan juga jumlah karyawan yang sesuai dengan kebutuhan maka dapat meningkatkan kinerja perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Sayangnya, masih banyak beberapa perusahaan yang mengabaikan tugas ini. Padahal, sebuah rencana merupakan hal yang penting ketika kita ingin mencapai suatu tujuan.

Merekrut Karyawan Baru

Tugas yang tidak asing lagi adalah merekrut karyawan baru untuk suatu perusahaan. Proses rekrutmen yang dilakukan oleh HRD adalah penyaringan CV, tes tertulis, interview, dan offering.

Manfaat dari tugas ini adalah untuk menemukan SDM yang kompeten sehingga dapat melakukan pekerjaan dengan sesuai ekspektasi dan mencapai target perusahaan.

Namun hal ini tidak semudah yang dilihat.

Jika HR gagal memilih seseorang yang berpotensi, maka akan terjadi masalah dalam mengembangkan karyawan tersebut sehingga masa depan perusahaan akan terancam.

Memberikan Program Pelatihan dan Pengembangan

Tidak hanya bertanggung jawab untuk memilih seseorang yang berpotensi, HR juga bertanggung jawab untuk mengembangkan potensi karyawan dengan memberikan program pengembangan dan pelatihan yang dapat diselenggarakan secara mandiri maupun jasa dari luar perusahaan.

Program pelatihan atau training ini sangat penting untuk pertumbuhan sebuah perusahaan.

Terdapat internal training dan external training. Internal training atau in-house training biasanya dilakukan dengan memberikan pelatihan berdasarkan kebutuhan karyawan tersebut. Contohnya adalah pelatihan persiapan kerja, pelatihan manajerial, pelatihan teknis, pelatihan outbond, dan pelatihan prapensiun.

Sedangkan, external training merupakan pelatihan yang dilakukan diluar perusahaan. Biasanya, perusahaan mengirim karyawannya ke sebuah kursus atau seminar yang dikhususkan untuk pelatihan karyawan perusahaan.

Memberikan Kompensasi dan Pengupahan

Tugas ini merupakan tugas yang paling sensitif bagi karyawan karena menyangkut kesejahteraan mereka. Maka dari itu, sangat penting untuk memahami peraturan terkait kompensasi dan pengupahan.

HR memiliki wewenang untuk mengatur gaji, asuransi, tunjangan, dll. Karena itu, HR diharuskan untuk memahami peraturan serta undang-undang yang membahas tentang kompensasi dan pengupahan karyawan dalam suatu perusahaan.

Kompensasi : Undang-undang Republik Indonesia No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Pengupahan : Peraturan Pemerintah No. 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 1 Tahun 2017 tentang Struktur dan Skala Upah.

Performance Review

Performance review atau mengevaluasi kinerja karyawan merupakan momen yang dinantikan karena menentukan kelangsungan karir dan kemungkinan untuk mendapat kenaikan gaji serta bonus.

Setiap perusahaan memiliki waktu yang berbeda-beda untuk melakukan evaluasi kinerja karyawannya. Umumnya, perusahaan akan melakukan kegiatan ini setiap satu tahun sekali.

Performance review ini memiliki banyak sekali manfaat, baik untuk karyawan maupun perusahaan. Manfaat-manfaatnya yaitu:

  • Sebagai sebuah penghargaan bagi karyawan dengan kinerja yang baik, hal ini akan menjadi sebuah motivasi bagi karyawan untuk menjadi yang terbaik.
  • Dapat mengetahui apa yang harus diperbaiki, dengan hal ini karyawan pun dapat mengetahui aspek apa yang harus ia perbaiki dan perusahaan pun dapat mengetahui rencana pelatihan yang akan diberikan untuk menjadi lebih baik lagi.
  • Melindungi perusahaan secara hukum, perusahaan memiliki kewenangan memutus hubungan kerja jika karyawannya tidak memenuhi kewajiban atau kesalahan-kesalahan lainnya. Dokumen ini akan menjadi bukti jika karyawan tersebut menggugat perusahaan karena hal itu.

Skill yang Dibutuhkan

Menjadi seorang HR tidaklah mudah, HR membutuhkan beberapa hard skill maupun soft skill karena posisi ini sangatlah penting untuk masa depan sebuah perusahaan.

Skill yang dibutuhkan jika kamu ingin menjadi HRD adalah:

Komunikasi

Lazimnya, skill komunikasi merupakan skill yang wajib dimiliki untuk semua posisi.

HR membutuhkan skill komunikasi untuk menjalin hubungan yang baik dengan semua karyawan, dan HR harus memiliki skill komunikasi publik maupun interpersonal antar-karyawan yang baik.

Menguasai HR Software

HR tidak boleh tertinggal dunia digital yang terus berkembang dengan cepat. Ada beberapa teknologi yang berhubungan dengan HR seperti HRIS (Human Resource Information System), BambooHR, Talenta, dll.

Mengurus absen, payroll, reimbursement, mengatur BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan, mencatat cuti, dan rekrutmen dapat dilakukan dengan mudah dan cepat jika HR memanfaatkan teknologi-teknologi tersebut.

Manajemen Waktu

HR memiliki tugas melakukan proses rekrutmen, pengelolaan gaji karyawan, melakukan program pelatihan, membuat laporan absensi karyawan, dan masih banyak lagi.

Karena itu sangat dibutuhkan skill manajemen waktu agar semua tugas tersebut dapat dituntaskan secara tepat waktu.

Problem-Solving

Masalah yang sering dialami oleh karyawan seperti masalah kenyamanan dan pekerjaan, harus dicarikan solusi yang terbaik oleh HR.

HR harus memikirkan solusi yang tepat sehingga tetap tercipta kenyamanan dari semua pihak agar dapat bekerja maksimal.

Memahami Psikologi Manusia

Karena HR dituntut untuk bisa memahami permasalahan dari berbagai latar belakang karyawan yang berbeda, HR diharuskan untuk memiliki kemampuan untuk mengenali karakter tiap karyawan.

Gaji

Penentuan kisaran gaji HRD diambil berdasarkan level jabatan:

  • Level Staff, posisi yang akan ditempati para fresh graduate atau memiliki pengalaman HRD dibawah 3 (tiga) tahun. Kisaran gajinya dimulai dari UMR hingga Rp8 juta per bulannya.
  • Level Superior, posisi bagi yang sudah memiliki pengalaman minimal 3-4 tahun. Kisaran gajinya dimulai dari Rp6 juta hingga Rp12 juta per bulannya.
  • Level Manager, kisaran gajinya dimulai dari Rp8 juta hingga >Rp20juta per bulannya.

Menjadi seorang HR tidak akan semudah yang dibayangkan. Namun jika kamu mendalami dan menguasainya, posisi tersebut akan terasa mudah untuk dijalankan. Dan tentu saja, dengan gaji yang menggiurkan.

Semoga penjelasan diatas bermanfaat untuk kamu yang tertarik menjadi seorang HR!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again