Categories

Event

IDByte 2013: Lahirkan Entrepreneur Lokal Kelas Dunia

Avi Tejo Bhaskoro - 14 June 2013

Perhelatan IDByte 2013 berakhir sudah. Acara yang digelar selama tiga hari berturut-turut mulai dari tanggal 11-13 Juni kemarin dan diakhiri dengan IDByte Conference 2013 yang dihadiri oleh sejumlah tokoh penting tersebut membawa pesan akan masa depan entrepreneur teknologi Indonesia yang memiliki prospek cerah dan mampu menjadi salah satu pemain penting di pasar global.

Setidaknya itulah yang disampaikan oleh beberapa pembicara yang hadir untuk memberikan pidatonya di tengah-tengah IDByte Conference 2013 yang dimotori oleh agensi digital Bubu kemarin. Gita Wirjawan selaku Menteri Perdagangan yang hadir sebagai salah satu pembicara menyatakan “Melalui ajang IDByte ini, bukan hal yang tak mungkin jika di masa depan nanti dari Indonesia akan muncul sosok Bill Gates baru yang lahir di Flores, Steve Jobs dari Sumatera, dan lain sebagainya”, ujarnya dalam conference tersebut.

Menurut Menteri yang juga mantan direktur utama JP Morgan tersebut berpendapat, Indonesia memiliki potensi perkembangan dunia digital yang sangat berkembang dengan masif dalam beberapa waktu ke depan. Hal ini ditandai dengan demografis penduduk Indonesia yang menunjukkan usia muda sedang mengalami peningkatan yang cukup signifikan. “Indonesia juga harus bisa melahirkan teknologi startup, Amazon.com, Facebook, Twitter, dan lain-lain, tentunya semua dapat dilakukan bersama-sama dan infrastruktur serta penyebaran pengetahuan yang harus merata.” Tambahnya.

Berkaitan dengan harapan yang besar dari perwakilan pemerintah Indonesia tersebut, Dave McClure, Founder dari 500 Startups yang juga turut hadir sebagai salah satu pembicara yang ditunggu-tunggu oleh para peserta memberikan sejumlah masukan yang sekiranya dapat menjadi bekal bagi para entrepreneur di Indonesia. “Jangan lagi-lagi buat the next Facebook atau Twitter, tapi kembangkan sesuatu yang jauh lebih kreatif lagi dengan mengintegrasikan dua social media tersebut untuk menjaring market dari kreasi yang Anda kembangkan.” Tuturnya.

Dalam konferensi tersebut Dave McClure juga sempat berujar akan industri digital yang dewasa ini kian mudah dibangun. “Membangun industri internet saat ini sangat cepat dan mudah, berbeda dengan kondisi seperti satu dekade yang lalu. Hal ini dikarenakan banyaknya inkubator yang bermunculan sehingga meningkatkan minat para investor untuk mengembangkan bisnisnya ke bisnis digital.” Imbuhnya.

Selain Dave McClure, salah satu tokoh penting dalam industri digital dunia, Sheryl Sandberg – COO dari Facebook mengungkapkan potensi Indonesia yang memiliki prospek yang sangat cerah di masa depan nanti. Melalui webcast, Sheryl mengungkapkan, "Indonesia memiliki potensi, bakat, dan antusiasme. Ketiga hal ini menjadi modal utama untuk melahirkan seorang teknopreneur besar yang dapat sukses dalam skala global, namun dibutuhkan pula dukungan serta fasilitas dari pihak-pihak yang memiliki kemampuan untuk mengorbitkan mereka," ungkapnya. Ia menambahkan melalui ajang IDByte ini, para pengusaha startup di Indonesia dapat unjuk gigi dalam wadah yang disediakan dalam ajang ini.

IDByte 2013 mempersembahkan 12 finalis startup yang telah berhasil dikumpulkan dari ajang Startup Hunt beberapa waktu lalu yang berasal dari 4 kota yaitu Surabaya, Bandung, Yogyakarta dan Jakarta. Pemenang dari ajang IDByte tahun ini selain akan mendapatkan uang tunai juga berkesempatan mendapat investasi mencapai USD 50.000 dari 500 Startups, inkubator raksasa yang diprakarsai oleh Dave McClure.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter