Digital Marketing

20 Ide Bisnis Kreatif yang Menjadi Trend di Tahun 2022

Beberapa ide bisnis kreatif menjanjikan untuk Anda yang ingin membuka usaha di tahun 2022.

Sejak pandemi 2020, membuka bisnis merupakan salah satu solusi efektif untuk bertahan hidup sekaligus menghidupkan ekonomi masyarakat. Banyak sekali ide-ide bisnis kreatif yang bermunculan bahkan hingga di tahun 2022 ini.

Pada tahun ini, terdapat kurang lebih 20 ide bisnis yang menjadi trend karena adanya permintaan dari pasar. Sehingga, tak jarang banyak para pelaku usaha baru yang akhirnya terjun dan menekuni ide bisnis tersebut.

Ide Usaha Kreatif Tahun 2022

Setiap tahun, trend bisnis memang kerap kali berubah. Meski ada beberapa ide bisnis yang tak lekang oleh waktu, namun ada juga ide bisnis yang menjadi booming di tahun ini dan tengah digandrungi oleh konsumen.

Berikut adalah beberapa ide bisnis kreatif yang dapat menjadi peluang usaha untuk siapa saja, termasuk Anda.

Afiliasi

Bisnis afiliasi sudah menjadi trend bisnis yang banyak ditekuni masyarakat sejak tahun lalu. Tahun ini rupanya afiliasi masih menjadi pilihan ide bisnis populer. Meskipun terkesan mudah, namun nyatanya melakukan bisnis afiliasi menuntut Anda untuk terus berpikir kreatif agar audiences tertarik membeli produk yang Anda promosikan.

Jika Anda tertarik untuk mulai menekuni afiliasi di tahun ini, Anda bisa mengikuti program afiliasi seperti Shopee Affiliate, Tokopedia Affiliate, Lazada Affiliate, Blibli Affiliate, ataupun TikTok Affiliate.

Youtuber

Mengelola channel YouTube dengan membuat konten-konten merupakan salah satu ide menambah penghasilan yang tak lekang oleh waktu hingga saat ini. Dengan membuat konten di channel YouTube Anda secara konsisten, Anda bisa mendapatkan hasil yang nominalnya kini tak diragukan lagi.

Bahkan, sebagian orang menjadikan YouTube sebagai sumber penghasilan utamanya. Jika ingin memahami bagaimana menghasilkan uang dari ide bisnis satu ini lebih mendalam, Anda bisa melihat artikel pembahasannya di sini.

TikTok Content Creator

Malas membuat video panjang untuk YouTube dan ingin menggunakan platform video pendek? TikTok jawabannya. Sejak pandemi Covid-19 yang memaksa semua aktivitas beralih secara online, TikTok menjadi salah satu platform media sosial sekaligus bisnis.

Menjadi content creator TikTok adalah salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan melalui platform ini. Ketika Anda telah menjadi content creator dengan banyak pengikut, Anda tidak hanya bisa mendapatkan penghasilan melalui endorsement, tapi Anda juga berkesempatan untuk diundang ke acara bergengsi seperti TikTok Awards.

Makeup Artist

Punya keahlian dalam merias wajah? Ide menjadi makeup artist bisa menjadi peluang bisnis sukses untuk Anda. Anda bisa menekuni teknik merias wajah untuk pengantin, lamaran, perpisahan, atau untuk acara formal lainnya.

Kemudian, Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti TikTok, Instagram, ataupun Facebook untuk memasarkan bisnis jasa Anda. Dengan begitu, Anda berkesempatan untuk mendapatkan klien dari berbagai daerah dan menghasilkan banyak uang.

Baker

Menjadi baker dan membuka usaha bakery juga menjadi salah satu ide bisnis kreatif yang saat ini tengah booming. Pada awal tahun 2022, Korean Bento Cake menjadi salah satu cake yang sedang trend dan membuat banyak para baker rumahan bermunculan.

Jika Anda memiliki keahlian atau tertarik menekuni bidang baking, Anda bisa mencoba ide bisnis yang satu ini.

Florist

Sejak pandemi, florist adalah salah satu usaha yang banyak ditekuni. Kegiatan merangkai bunga memang susah-susah gampang. Namun, jika Anda tekun dalam mempelajarinya, Anda bisa dengan mudah mendapatkan uang darinya.

Anda dapat membuat bouquet bunga berbagai bentuk dan jenis sebagai hadiah pernikahan, perpisahan, ulang tahun, ataupun wisuda.

Fotografer

Pandai memotret? Memulai usaha jasa sebagai fotografer merupakan pilihan yang tepat. Anda bisa menawarkan jasa Anda sebagai fotografer untuk memotret pada momen-momen penting ataupun membuka studio foto Anda sendiri.

Untuk memulainya, pastikan Anda mengembangkan dan menampilkan hasil foto Anda sebagai portofolio agar menarik para pelanggan untuk menggunakan jasa Anda. Jangan khawatir jika Anda tidak memiliki kamera, cukup gunakan smartphone Anda sebagai permulaan.

Videografer

Selain fotografer, videografer juga salah satu peluang usaha menjanjikan untuk Anda yang tak hanya pandai memotret, tapi juga merekam. Seperti fotografer, untuk menekuni bidang usaha ini Anda juga tidak harus memiliki kamera. Anda bisa mengandalkan kamera smartphone terlebih dahulu untuk membangun portofolio.

Namun, sebagai videografer, sebaiknya Anda tetap memprioritaskan untuk membeli kamera setelah Anda berhasil mengumpulkan uang.

Jasa Edit Foto

Di zaman canggih seperti saat ini, membuka usaha jasa edit foto ternyata masih sangat berpeluang untuk sukses. Pasalnya, meski sudah banyak tools edit foto yang mudah digunakan, tapi nyatanya tidak semua orang dapat berpikir kreatif untuk mengedit foto.

Ini merupakan kesempatan Anda yang hobi mengedit foto untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari keahlian Anda tersebut.

Les Online

Memiliki keahlian pada suatu mata pelajaran atau bidang pekerjaan adalah suatu hal yang patut Anda syukuri. Mengapa? Karena dengan keahlian tersebut, Anda tidak hanya bisa mendapatkan pekerjaan full-time, melainkan Anda bisa membuka usaha online course sebagai sampingan.

Anda bisa membuka kelas berkelompok ataupun privat secara online. Untuk memudahkan Anda mendapatkan customer di awal, Anda bisa mengadakan free class atau diskon besar yang dapat menarik perhatian target market.

Online Invitation

Undangan online menjadi jenis undangan yang banyak digunakan sejak pandemi hingga sekarang. Jenis undangan ini menjadi pilihan terbaik karena dapat disebarkan dengan mudah dan harganya yang juga terjangkau.

Anda bisa ikut memanfaatkan kesempatan tersebut dengan membuka ide bisnis kreatif desain undangan online di tahun 2022 ini.

Barang Handmade

Barang-barang handmade merupakan barang yang memiliki nilai jual tinggi. Hal ini dikarenakan produksinya yang tidak mudah dan cepat. Jika Anda memiliki keahlian dalam membuat suatu produk secara handmade, Anda bisa menjualnya untuk mendapatkan keuntungan dari keahlian Anda tersebut.

Namun, pastikan barang tersebut tetap memiliki nilai fungsional atau estetika agar dapat menarik pelanggan.

Barang Fashion

Barang fashion adalah salah satu produk yang tak lekang oleh waktu. Dengan selalu berubahnya trend fashion setiap tahun, bahkan setiap bulan, membuat bisnis barang fashion tidak ada matinya di mata konsumen.

Anda dapat menjual barang fashion berupa pakaian wanita, pakaian pria, pakaian muslim, sepatu, hingga aksesoris sebagai pilihan ide bisnis Anda.

Kosmetik

Selain barang fashion, kosmetik juga merupakan salah satu produk yang terus berkembang dan tentunya dibutuhkan, terutama oleh kaum wanita. Dengan populasi wanita yang lebih banyak dibandingkan pria membuat ide bisnis satu ini menjadi ide bisnis yang menjanjikan.

Selain itu, terdapat banyak merek dan jenis kosmetik yang bisa Anda pilih untuk Anda tawarkan ke calon pelanggan.

E-Book

Menjual digital product seperti E-Book dapat menjadi pilihan yang bisa Anda coba di era digital seperti saat ini. Selain penjualannya yang mudah, kini banyak orang lebih cenderung memilih e-book dibandingkan buku fisik. Kondisi tersebut tentu bisa Anda manfaatkan dengan turut menyediakan e-book untuk para customer.

Online Shop Barang Dekorasi

Segala sesuatu yang memiliki nilai aesthetic kini selalu memukau banyak mata. Barang-barang dekorasi yang umum dijajakan bisa berupa barang dekorasi rumah, kamar, ataupun meja. Anda bisa menjual barang-barang tersebut dengan menjadi reseller atau dropshipper dari platform-platforme-commerce.

Kemudian, pasarkan barang-barang tersebut di platform berbeda seperti media sosial TikTok, Instagram, dan Facebook.

Souvenir

Tak lekang oleh zaman, menjual souvenir juga merupakan salah satu ide bisnis yang bisa Anda tekuni di tahun ini. Anda dapat menjual souvenir untuk pernikahan, ulang tahun, atau event-event lainnya. Kemudian, Anda bisa memasarkannya secara online melalui platform-platforme-commerce dan media sosial untuk menjangkau pelanggan di seluruh Indonesia.

Wedding Planner

Masih dengan ide bisnis yang berhubungan dengan pernikahan. Jika Anda adalah orang yang senang merancang dan merencanakan suatu acara, khususnya acara pernikahan, Anda bisa memilih ide bisnis wedding planner. Selain menjual jasa planner, Anda juga bisa menyediakan jasa make-up dan souvenir sebagai produk sampingan.

Coffee Shop

Saat ini, penggemar minuman kopi semakin meningkat. Fakta ini dapat Anda manfaatkan dengan membuka coffee shop Anda sendiri. Selain menyajikan kopi, Anda juga bisa menyediakan hidangan pendamping seperti roti atau cake.

Jangan lupa juga untuk membuat coffee shop Anda bernuansa cozy dengan dekorasi aesthetic untuk menarik pelanggan.

Warung Digital

Jika sebelumnya merupakan ide bisnis yang terbilang kekinian, yang terakhir ini adalah ide bisnis yang tak pernah hilang tergeser zaman. Ide usaha warung kini masih tetap eksis dan masih menjadi ide usaha menjanjikan, terutama di lokasi usaha padat penduduk.

Namun, meski terbilang konvensional, kini banyak juga warung yang turut memanfaatkan kecanggihan platform digital, seperti aplikasi pembukuan, aplikasi belanja stok warung, aplikasi kasir, dan lainnya.

Nah, itu dia 20 ide bisnis kreatif yang bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin memulai usaha di tahun 2022 ini.

Beberapa ide bisnis memang membutuhkan keahlian khusus, namun beberapa lainnya dapat dijalankan oleh siapa saja asalkan diiringi dengan perencanaan bisnis yang lengkap, termasuk validasi ide. Selamat mencoba!

Header byPixabay.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again