MSME Tutorial

10 Ide Peluang Usaha di Daerah Pedesaan

Beberapa peluang usaha konvensional yang cocok diterapkan di daerah pedesaan.

Beberapa tahun terkahir, pemerintah konsisten menggulirkan program dana desa, guna memacu pertumbuhan ekonomi di daerah pedesaan, serta mengurangi kesenjangan dengan daerah perkotaan.

Hal ini menjadi peluang baik bagi masyarakat desa untuk berkontribusi menggerakkan ekonomi di desa, salah satunya dengan mendirikan usaha di desa. Beberapa peluang usaha konvensional yang cocok diterapkan di daerah pedesaan akan dijelaskan sebagaimana berikut.

Daftar Ide Usaha di Wilayah Pedesaan

Peluang usaha di daerah pedesaan saat ini sangat luas, baik pada usaha dagang maupun jasa. Berikut ini beberapa ide peluang usaha yang dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat desa untuk berjelajah dan berinovasi.

1. Ternak Ayam Kampung

Ayam kampung merupakan salah satu komoditas peternakan yang memiliki prospek menjanjikan. Dengan menggeluti usaha ternak ayam ini, masyarakat desa bisa memperoleh dua hasil sekaligus, yakni daging dan telur. Selain itu, permintaannya pun selalu tinggi di pasaran.

2. Pertanian Hidroponik

Hidroponik adalah cara menanam dengan mengandalkan media tanam air dan ditambahkan dengan berbagai jenis nutrisi, yang mudah dipelajari bahkan lewat internet. Usaha pertanian hidroponik dapat dijalankan oleh masyarakat desa sebagai usaha yang menjanjikan.

Masyarakat desa yang menekuni usaha pertanian satu ini dapat menjual hasil panennya ke masyarakat setempat bahkan ke luar wilayah desa. Tak hanya itu, rangkaian instalasinya juga dapat dijual ke orang-orang yang ingin memulai usaha hidroponik.

3. Toko Sembako

Sembako atau sembilan bahan pokok menjadi kebutuhan masyarakat yang tidak pernah habis permintaannya. Kehadiran toko sembako di daerah pedesaan dapat membantu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat sekitar. Pemilik usaha juga akan meraup keuntungan yang besar.

4. Warung Makan

Di samping kebutuhan masyarakat akan pangan mentah seperti sembako dan sayur mayur, kebutuhan akan pangan matang seperti menu masakan jadi juga tinggi. Terlebih, bagi orang yang tak punya waktu memasak. Usaha warung makan menjadi peluang yang cocok dalam memenuhi kebutuhan tersebut.

5. Jasa Jahit

Masyarakat baik desa maupun kota tentu membutuhkan pakaian. Maka dari itu, tenaga ahli jahit akan selalu dicari saat orang membutuhkan jasa jahit busana, baik untuk dipakai sehari-hari maupun pada acara khusus. Dengan memiliki keahlian jahit, usaha jasa satu ini akan sangat menguntungkan.

6. Jasa Pangkas Rambut

Pangkas rambut menjadi salah satu jasa yang paling banyak dicari dan dibutuhkan masyarakat. Apalagi di daerah pedesaan, barber shop mungkin akan jarang ditemukan. Keahlian memangkas rambut juga dapat dipelajari dengan cepat melalui pelatihan-pelatihan khusus, sehingga ke depannya dapat menjadi peluang untuk membuka usaha yang potensial di desa.

7. Konter Pulsa

Saat ini pulsa dan kuota internet menjadi kebutuhan sehar-hari masyarakat. Sehingga, permintaan akan pulsa dan kuota internet akan selalu tinggi. Hadirnya konter pulsa dapat memfasilitasi kebutuhan tersebut. Apalagi, usaha ini termasuk kategori usaha modal kecil.

8. Penginapan

Daerah pedesaan umumnya memiliki lingkungan yang asri dan cuaca yang sejuk, sehingga berpotensi menjadi destinasi wisata dengan daya tarik tersendiri bagi masyarakat kota. Guna mendukung industri pariwisata di pedesaan, masyarakat setempat dapat menyediakan penginapan seperti guest house bagi para wisatawan.

9. Jasa Ojek

Di wilayah pedesaan, tak sedikit daerah yang masih krisis transportasi umum, apalagi yang dapat menjangkau daerah-daerah tertentu yang sulit diakses. Maka dari itu, jasa ojek dapat ditawarkan di desa, untuk membantu wisatawan datang ke daerah tersebut atau bahkan membantu masyarakat setempat yang belum memiliki kendaraan sendiri.

10. Aneka Tanaman Hias dan Bibitnya

Di tengah lingkungan yang masih asri, jauh dari polusi, tanah yang masih subur dan dekat dengan sumber air menjadikan usaha menjual berbagai jenis tanaman hias beserta bibitnya menjadi peluang yang baik bagi masyarakat desa.

Apalagi, saat ini tren bercocok tanam tengah meningkat di kalangan masyarakat kota. Sehingga, aneka tanaman hias beserta bibitnya dapat dijual kepada wisatawan dari kota yang berkunjung ke desa.

Demikian beberapa peluang usaha konvensional yang dapat diterapkan di daerah pedesaan. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk berjelajah dan berinovasi, dalam rangka meningkatkan perekonomian desa.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter