1. DScovery

Ide Pokok: Pengertian, Ciri-ciri, Cara Menentukan, dan Contohnya

Ternyata ide pokok akan membantu kita dalam mengembangkan ide cerita yang sedang kita rancang.

Sebuah tulisan pasti memiliki ide pokok di dalamnya. Hal ini akan melandasi akan kemana arah tujuan setiap paragraf yang ada di dalam teks. Secara sederhana, ide pokok adalah gagasan inti yang akan menjadi pokok megembangkan paragraf. Ide pokok ada di klausa utama, dan setiap paragraf hanya memiliki satu ide pokok atau gagasan utama.

Ide pokok pada setiap paragraf mempunyai kalimat utama dan kalimat pengembang atau penjelas. Satu hal yang perlu Kamu ingat adalah kalimat utama tidaklah sama dengan kalimat pertama. Kalimat utama bisa saja berada di kalimat pertama, kalimat terakhir, atau kalimat pertama dan terakhir dalam sebuah paragraf.

Mau tahu lebih lanjut tentang ide pokok? Mari simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Ide Pokok

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ide adalah rancangan yang tersusun di dalam pikiran, gagasan, atau cita-cita. Dan pokok juga memiliki banyak definisinya. Kalau disimpulkan berdasarkan entri KBBI, ide pokok adalah sebuah rancangan pokok yang dapat disusun dalam pikiran.

Ide pokok juga memiliki nama lain. Diantaranya adalah gagasan pokok, gagasan utama atau pikiran utama. Ide pokok adalah hal yang terpenting dalam paragraf yang memberikan informasi penting kepada pembaca. Selain itu, ide pokok membantu penulis mengembangkan alur tulisan. Ide pokok didukung oleh gagasan penjelas.

Menurut Nurhaena (2010), ide pokok adalah ide yang mendasari disusunnya sebuah paragraf dalam bacaan. Nantinya, ide pokok tersebut akan dikembangkan lagi dengan kalimat yang lebih detail yang dikenal dengan kalimat pendukung atau kalimat penjelasan.

Sementara menurut Nurhadi (2018), ide pokok adalah gagasan utama yang menjadi landasan dalam pengembangan karangan. Dengan adanya ide pokok serta didukung kalimat penjelas, maka paragraf dalam suatu bacaan dapat tersusun menjadi utuh.

Ciri-ciri Ide Pokok

Mengetahui ciri-ciri ide pokok itu sendiri akan memudahkan kita untuk menemukan ide pokok dalam sebuah paragraf.

Lalu bagaimana kita bisa mengetahui ide pokok sebuah teks? Padahal, hal ini mudah dikenali dari sifat-sifatnya.

Pokok-pokok pikiran yang ditampilkan dalam buku teks bahasa Indonesia tingkat pemula SMA/MA terdapat pada pokok-pokok paragraf. Klausa utama dapat berupa kalimat pertama, kalimat terakhir, atau kalimat pertama dan terakhir dari sebuah paragraf.

Ciri-ciri ide pokok adalah sebagai berikut:

  1. Mengandung pikiran utama atau gagasan utama
  2. Memiliki kalimat pendukung atau penjelas
  3. Dinyatakan secara jelas dan tidak berbelit-belit
  4. Hanya ada satu ide pokok di setiap paragraf
  5. Ide pokok mudah diidentifikasi dengan kata kunci. Berikut kata kuncinya yakni; sebagai kesimpulan, dengan demikian, yang penting, intinya, jadi, pokoknya.

Cara Menentukan Ide Pokok

Menemukan ide pokok tidak semudah kelihatannya, bahkan hanya dengan membaca saja. Cara pertama untuk menemukan ide pokok adalah dengan melihat jenis paragraf yang Kamu baca. Ketelitian diperlukan untuk menentukan ide pokok suatu paragraf.

Berikut adalah beberapa cara untuk menemukan ide pokok dalam sebuah paragraf.

  1. Membaca seluruh paragraf dengan cermat
  2. Baca jeli setiap kalimat
  3. Cermati kalimat pertama hingga akhir
  4. Tentukan mana kalimat utama dari paragraf tersebut
  5. Telitilah mana kalimat utama dan mana kalimat yang hanya pendukung atau penjelas
  6. Tandai info penting yang terdapat di kalimat dalam setiap paragraf

Contoh Menemukan Ide Pokok

Lihat paragraf berikutnya ini!

Jika Kamu akan segera pensiun, jangan khawatir. Pensiun berarti dibayar alih-alih bekerja. Lebih sedikit ketertiban berarti lebih sedikit kekhawatiran di tempat kerja dan lebih banyak waktu luang. Stres orang berkurang ketika mereka dapat mengoptimalkan waktu luang mereka dengan kegiatan yang positif dan produktif.

Gagasan utama dalam paragraf di atas adalah kalimat pertama, "Pensiun tidak membuat saya stres." Menganalisis kalimat lain fungsi mereka hanya untuk menjelaskan kalimat utama (kalimat pertama). Tugas kalimat ini adalah memberikan "mengapa" dari "mengapa pensiunan tidak boleh stres".

Nah, itu dia uraian tentang ide pokok, ciri-cirinya, cara menentukan, dan contohnya. Semoga artikel ini akan sangat membantu mu yang tengah mempelajari bahan terkait ide pokok!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again