Ily Adalah Perangkat Komunikasi Modern Tanpa Elemen Pengalih Perhatian

Saya kira sebagian besar orang tua akan setuju, bahwa komunikasi dengan anggota keluarga lain adalah satu hal yang penting untuk diajarkan kepada anak-anak. Di era yang serba digital ini, komunikasi pun semakin dipermudah dengan adanya video call.

Untuk bisa melakukan video call, tentu saja Anda membutuhkan perangkat seperti smartphone atau tablet, atau setidaknya PC yang dilengkapi webcam. Akan tetapi di saat Anda berniat mengajari anak untuk rutin menghubungi kakek-neneknya, sang anak malah ketagihan bermain game di iPad. Well, kira-kira seperti itu mungkin situasi yang sering terjadi di rumah tangga modern.

Sebuah startup asal New York, Insensi, ingin menawarkan solusi atas masalah semacam itu. Mereka memperkenalkan Ily, sebuah perangkat yang dirancang untuk kebutuhan berkomunikasi saja, tanpa embel-embel aplikasi untuk menonton film maupun video game.

Info menarik: Oomi Adalah Sistem Smart Home dengan Kemudahan Integrasi Aksesori

Dari namanya saja bisa kita lihat bahwa Ily merupakan bagian dari kata "family". Dilihat sebagai suatu akronim, Ily memiliki kepanjangan "I love you". Maka dari itu, wajar apabila kita berasumsi bahwa ia bertujuan untuk terus mempererat hubungan keluarga lewat komunikasi.

Ily mempunyai layar sentuh berukuran 8 inci, sebuah kamera, mikrofon, speaker dan sejumlah sensor. Ily ditenagai oleh Family OS, yang tidak lain merupakan sistem operasi Android yang telah dimodifikasi. OS ini amat minimalis dan mengedepankan fungsi-fungsi komunikasi. Dengan kata lain, tidak ada browser, tidak ada YouTube, dan yang paling penting, tidak ada Candy Crush ataupun Clash of Clans.

Oleh sebab itu, Ily bisa dianggap sebagai telepon rumah modern dengan fungsi video call yang ditenagai Wi-Fi atau ethernet. Pada homescreen-nya, Anda akan menjumpai sederet foto anggota keluarga Anda. Pilih salah satu untuk memulai video call, atau sekedar mengirim pesan teks kepadanya.

Namun menariknya, Ily juga bisa menggantikan pesawat telepon di rumah Anda secara penuh. Ia bisa disambungkan langsung ke jaringan telepon lokal, dan berfungsi layaknya telepon rumah seperti biasa. Dengan demikian, pengguna lansia yang umumnya tidak percaya dengan teknologi pun masih bisa menelepon dengan cara tradisional.

Info menarik: Tak Cuma Perangkat Smart Home, Nuimo Juga Bisa Mengontrol Aplikasi Smartphone

Pertanyaan selanjutnya, apakah Anda hanya bisa melakukan video call dengan pemilik perangkat Ily lain? Tidak. Ily juga hadir bersama aplikasi pendamping untuk perangkat Android maupun iOS. Dengan demikian, saat Anda sedang dinas ke luar kota pun, Anda masih bisa berkomunikasi dengan sang buah hati yang berada di rumah.

Ily saat ini sudah bisa dipesan melalui situs resminya seharga $199 – harga retail-nya akan naik menjadi $299. Pengiriman diperkirakan akan dimulai di bulan September.

Di titik ini, mungkin terdengar konyol untuk membeli produk seharga $199 yang cuma bisa dipakai untuk video call. Namun demikian, kalau perangkat tersebut ternyata benar-benar bisa terus mendekatkan anggota keluarga satu sama lain tanpa ada pengalih perhatian (game dll), kenapa tidak?

Sumber: TechCrunch.