Categories

Berita

Gelaran IWIC Ke-9 Umumkan Ide dan Aplikasi Terbaik

Gelaran CSR Indosat Ooredoo ini diikuti sebanyak 3173 peserta dari penjuru tanah air

Prayogo Ryza - 17 December 2015

Kompetisi Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest (IWIC) ke-9 baru saja selesai. Kompetisi yang diikuti tak kurang dari 3173 peserta generasi muda dari seluruh Indonesia ini telah berhasil menemukan beberapa pemenang di masing-masing kategori. Beberapa di antaranya adalah aplikasi Kazir untuk mobile web dari kategori pengembang dan ide Look-lock karya Bayu Eka Sanktiaji dari kategori Teens (SMP dan SMA).

Tahun ini Indosat Ooredoo kembali melanjutkan acara kompetisi tahunan untuk menjaring ide dan aplikasi terbaik dari anak muda dalam negeri dalam hal inovasi digital. Gelaran IWIC ke-9 yang menggambil tema “Innovate Your Life” ini merupakan bagian dari program CSR Indosat Ooredoo. Sejak 2006 gelaran ini cukup banyak mendapat antusiame dari para penggiat developer dan penggiat teknologi tanah air.

Indosat Ooredoo menghadirkan IWIC ke-9 ini didukung oleh beberapa mitra, yaitu Free Basics by Facebook, Kompas Gramedia, Founder Institute, HarukaEdu, Crowdtivate, i-aplikazone, Yayasan Cendekia, Dicoding, Kidzania.

“IWIC merupakan salah satu program penting kami sebagai bagian dari komitmen membangun ekosistem digital Indonesia. Lahirnya para developer muda dengan karya aplikasi mobile lokal yang baru, spektakuler dan bernilai manfaat tinggi akan memperkaya dunia digital Indonesia. Indosat Ooredoo saat ini tengah bertransformasi menuju Perusahaan Telekomunikasi Digital Terdepan meyakini bahwa Indonesia memiliki generasi muda penuh talenta dan ide kreatif dalam bidang aplikasi mobile nantinya akan mempercepat terwujudnya masyarakat digital Indonesia yang dibesarkan oleh anak negeri sendiri,” ujar Presiden Direktur & CEO Indosat Ooredoo Alexander (Alex) Rusli.

Alex lebih jauh juga menegaskan bahwa dengan IWIC pihaknya menginginkan dunia digital lebih dari sekedar konektivitas. Ia berharap dunia digital mampu memberikan manfaat dan kesempatan sebanyak-banyaknya kepada banyak orang.

Sedikit berbeda dengan IWIC sebelumnya, di tahun kesembilannya ini IWIC menambahkan beberapa kategori, yakni Kids dan Teens yaitu siswa SD, SMP dan SMA, serta dua buah kategori spesial “Apps for Woman” dan “Apps for Supporting Inbound Tourism”.

Berikut adalah daftar pemenang IWIC edisi ke-9 kali ini.

Kids Category (SD)

– Ide : Charigvity karya Nisrina Khansa Izzati

– Apps : Belajar membaca metode Dia tampan karya M. Hikam Assyifa alfath

Teens Category (SMP & SMA)

– Ide : Look-lock karya Bayu Eka Sanktiaji

– Apps : Escape from the prison karya Shaquille Shiddiq P

University Students and Public

– Ide : adawifiga karya Sandy Colondam

– Apps : Temu jasa karya Hardian Prakasa

Developers Category

– Apps : yukmart karya Dimas Anugrah Wicaksono

– Mobile Web : Kazir karya Zaenal Arifin

Special Category

– Apps for Women : Baby Recipe karya Ade Rifaldi

– Apps for Supporting Inbound Tourism : ayojelajah.in karya Bagja Gumelar

Pemenang Campus Innovation Award : Universitas Tanjungpura, Pontianak.

 

Para pemenang berhak membawa pulang bermacam-macam hadiah, antara lain gawai, uang tunai, beasiswa di Founder Institute, Mentoring HarukaEdu, kesempatan untuk mendapatkan pendanaan di platform crowdfunding Crowdtivate, Saldo Dompetku, dan Berlangganan gratis selama satu tahun untuk platfrom e-book Cipika Bookmate.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id