Categories

Internet

Integrasi ke Office 365 Dimulai, Microsoft Rombak Besar-Besaran Outlook.com

Glenn Kaonang - 22 May 2015

Menyambung kabar bahwa Outlook.com akan diintegrasikan ke dalam platform Office 365, Microsoft kini mulai merilis update Outlook.com yang membawa setumpuk fitur baru, kepada sejumlah pengguna secara berkala.

Inbox Outlook.com kini dilengkapi oleh fitur bernama Clutter. Seperti namanya, Clutter bertugas menyortir email yang besar kemungkinan akan Anda abaikan, memasukkannya ke dalam satu folder terpisah sehingga Anda bisa berfokus pada email-email yang lebih penting.

Fitur serupa sebenarnya sudah lebih dulu ditawarkan melalui aplikasi Microsoft Outlook di iOS dan Android, tapi dengan istilah Focused Inbox. Engine yang dimiliki Outlook.com bisa Anda 'ajari' dengan menempatkan email secara manual ke folder Clutter, sehingga ia dapat menyempurnakan algoritmanya seiring berjalannya waktu.

Hasil pencarian kini akan ditampilkan secara langsung selagi Anda mengetik. Konten yang relevan dengan pencarian akan di-highlight, dan Anda bisa menyempurnakan hasil pencarian berdasarkan nama pengirim, folder, waktu dan attachment.

Fungsi compose di Outlook.com turut mendapat penyempurnaan. Anda kini bisa menyalin gambar, lalu paste langsung gambar tersebut di body email tanpa harus dijadikan attachment. Demikian pula dengan link, dimana Outlook.com akan menampilkan preview konten yang terdapat di tautan tersebut secara otomatis.

Info menarik: [Panduan Pemula] Cara Menghitung Nilai Rata-rata di Microsoft Excel 2007

Di saat yang sama, Outlook.com kini juga mengemas fitur Add-ins, dimana berbagai layanan online akan diintegrasikan supaya Anda bisa mengumpulkan informasi dengan lebih mudah. Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di bawah, saat kursor mouse Anda arahkan ke alamat seseorang yang tercantum di body email, akan muncul jendela kecil yang menampilkan lokasi tersebut pada Bing Maps.

Di event Build 2015 kemarin, Microsoft juga telah mengumumkan bahwa mereka telah menjalin kerja sama dengan berbagai layanan pihak ketiga seperti Uber, Boomerang dan PayPal untuk memperkaya fitur Add-ins ini. Ke depannya, Microsoft juga berencana menggandeng mitra-mitra lain.

Integrasi layanan lain buatan Microsoft di Outlook.com juga semakin kaya. Skype kini dapat diakses secara langsung melalui Outlook.com, memungkinkan Anda untuk berganti percakapan viaemail atau Skype dengan cepat.

Metode berbagi file dalam ukuran besar kini juga semakin mudah. Sebelumnya, Anda memang bisa mencantumkan tautan ke file yang tersimpan di dalam akun OneDrive Anda, akan tetapi Outlook.com kini menyediakan tombol khusus yang bisa mengubah attachment menjadi link OneDrive.

Info menarik: Microsoft Office 2016 Preview Sekarang Sudah Bisa Diunduh

Skype sudah, OneDrive pun sudah, giliran Office yang belum. Outlook.com kini memungkinkan Anda untuk membuka dokumen Word, Excel atau PowerPoint yang tersimpan dalam attachment secara langsung, dalam satu tabbrowser yang sama. Tampilan Outlook.com akan 'dibelah' menjadi dua, dimana isi attachment akan ditampilkan bersebelahan dengan compose window.

Fitur ini sejatinya amat menarik, karena pada dasarnya Anda bisa meng-edit dokumen secara langsung dan mengirimnya kembali tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu, edit, save kemudian attach ulang dokumen yang sudah direvisi tersebut.

Kalender pada Outlook.com, serta tampilan Outlook.com versi mobile turut mendapatkan penyempurnaan di bidang visual maupun navigasi. Outlook.com versi mobile kini telah mendukung fitur Add-ins, dan dapat dinavigasikan dengan swipe gesture. Kendati demikian, saya kira semuanya akan lebih sempurna jika Anda menggunakan aplikasi Microsoft Outlook saja.

Seperti yang saya katakan di awal, update ini akan diluncurkan secara berkala, dan sampai saat ini masih berstatus preview. Namun dalam beberapa minggu ke depan, Microsoft berencana menawarkan program opt-in untuk menyaring lebih banyak pengguna.

Sumber: Office Blog via TheNextWeb.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter