1. DScovery

Internship: Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Aturannya

Internship biasanya dilakukan untuk mendapatkan pengalaman kerja langsung dalam jangka waktu tertentu.

Bagi kamu yang masih mahasiswa, pastinya kamu sudah sering mendengar istilah internship, bukan? Internship biasanya dilakukan untuk mendapatkan pengalaman langsung sebelum terjun ke dunia kerja.

Di Indonesia, internship juga dikenal sebagai magang, yang dapat diartikan sebagai pengalaman kerja dengan jangka waktu yang cukup pendek. Biasanya, internship ditujukan untuk mahasiswa tingkat akhir agar memudahkan untuk melamar kerja setelah lulus nantinya.

Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan internship dan apa saja tujuan, manfaat dan aturannya? Simak jawabannya dalam artikel ini.

Pengertian Internship

Internship atau yang lebih dikenal sebagai magang adalah sebuah program pelatihan kerja yang diselenggarakan oleh sebuah lembaga atau perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Melalui program ini, seseorang yang menjalani internship akan mendapat pelatihan keterampilan maupun networking dalam dunia kerja yang berguna untuk menunjang karir di masa yang akan datang.

Program internship ini biasa ditujukan untuk mahasiswa maupun siswa SMK yang sedang mencari pengalaman sebelum terjun langsung ke dunia kerja. Biasanya, kegiatan ini juga berlangsung dalam jangka waktu yang berbeda-beda, mulai dari satu bulan, tiga bulan, hingga satu tahun tergantung kesepakatan antara pihak perusahaan dengan peserta internship.

Tujuan Internship

Tujuan utama diadakannya program internship adalah untuk memberi kesempatan bagi seseorang agar dapat menguasai keahlian yang berhubungan dengan bidang yang sedang ditekuni. Berikut adalah beberapa tujuan internship.

1. Ajang untuk Menerapkan Ilmu yang Dipelajari ke Bidang Pekerjaan

Internship merupakan kesempatan terbaik untuk menerapkan ilmu yang dipelajari selama kuliah ke dunia kerja. Dengan kegiatan ini, kamu dapat mempelajari bagaimana cara mengimplementasikan ilmu tersebut ke aktivitas kerja yang nyata dan bermanfaat.

2. Meningkatkan Hard Skill dan Soft Skill

Internship juga dapat menjadi kesempatan untukmu dalam meningkatkan berbagai keterampilan yang berguna di dunia kerja. Kamu bisa meningkatkan hard skilldan mempraktikkannya langsung dalam bidang profesional.

Selain itu, kamu juga bisa mempelajari berbagai macam soft skill, seperti kemampuan berkomunikasi, negosiasi, dan manajemen waktu yang mungkin tidak kamu dapatkan selama kuliah. Kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih tanggung jawab terhadap pekerjaanmu.

3. Latihan Menghadapi Dunia Kerja

Dunia kerja yang sebenarnya sangat berbeda dengan apa yang kamu rasakan ketika masih sekolah atau kuliah. Untuk itu, kegiatan internship ini juga dapat melatih kamu agar siap menghadapi dunia kerja.

4. Menambah Pengalaman di Dunia Kerja

Pengalaman yang didapat selama masa internship merupakan hal yang sangat berharga, terutama untuk digunakan dalam melamar pekerjaan yang sesungguhnya. Pengalaman internship ini dapat kamu masukkan ke dalam CV yang nantinya juga akan menambah poin plus di mata recruiter.

Manfaat Internship

Program internship memberikan banyak manfaat, baik bagi peserta internship maupun perusahaan. Beberapa manfaat internship adalah, sebagai berikut:

1. Mempraktikkan Ilmu yang Didapat ke Dunia Kerja

Sebagai mahasiswa pastinya kamu telah mendapat banyak ilmu selama masa kuliah. Namun, belum tentu kamu memiliki kesempatan untuk mempraktikkannya dalam dunia nyata di bangku perkuliahan.

Program internship memiliki manfaat untuk dijadikan sebagai kesempatan bagimu dalam mempraktikkan ilmu yang telah kamu dapat. Tentunya hal ini juga dapat dijadikan sebagai kesempatan untukmu dalam mengembangkan wawasan serta potensi yang kamu miliki.

2. Menambah Relasi

Internship memungkinkanmu untuk bertemu orang-orang baru dalam dunia profesional. Relasi ini sangat penting dalam mendongkrak karirmu, sebab relasi dapat dijadikan sebagai batu loncatan awal dalam mencapai target karir yang kamu inginkan.

3. Mendapat Kesempatan untuk Merasakan Dunia Kerja

Umumnya, internship ditujukan untuk mahasiswa yang berada pada tingkat akhir. Dengan program ini, kamu bisa merasakan bagaimana rasanya terjun langsung ke dunia kerja yang nyata. Selain itu, internship juga dapat membantumu dalam menghadapi dunia kerja yang sebenarnya setelah lulus nanti.

4. Menemukan Karyawan Potensial Bagi Perusahaan

Manfaat internship tidak hanya dirasakan oleh peserta internship saja. Tak jarang, perusahaan juga dapat menemukan karyawan potensial bagi perusahaan untuk direkrut setelah lulus nanti. Selain itu, internship juga bermanfaat untuk menghemat budget perusahaan dalam hal perekrutan karyawan.

Aturan Internship

Aturan mengenai internship telah ditentukan dalam undang-undang. Peraturan mengenai internship telah diatur dalam Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 Pasal 22 ayat (2), tentang Ketenagakerjaan. Pasal ini mengatur tentang hak-hak yang didapatkan oleh peserta internship, yakni:

  • Mendapatkan bimbingan dari pembimbing permagangan atau instruktur.
  • Memperoleh pemenuhan hak sesuai dengan perjanjian permagangan.
  • Mendapatkan fasilitas keselamatan dan kesehatan kerja selama mengikuti permagangan.
  • Memperoleh uang saku.
  • Diikutsertakan dalm program jaminan sosial.
  • Memperoleh sertifikat permagangan atau surat keterangan telah mengikuti permagangan.

Nah, itulah penjelasan mengenai internship yang telah dirangkum oleh DailySocial.id. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasanmu mengenai hal ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again