1. Lifestyle

iPhone 4 Laris Manis di India, Pertanda iPhone ‘Murah’ Akan Diminati Pasar?

Sebuah laporan dari WallStreetJournal (WSJ) menyoroti laporan keuangan Apple yang telah dilakukan beberapa waktu lalu dan menyoroti tentang perang penjualan iPhone 4 di India yang cukup pesat.

iPhone 4 memberikan sumbangsih penjualan bagi Apple pada pasar yang memperhatikan atau sensitif terhadap harga seperti India. Meski secara keseluruhan iPhone 5 masih menjadi perangkat yang paling laris, namun pertumbuhan penjualan iPhone 4 berperan penting dalam rekor penjualan perangkat Apple yang dipegang oleh iPhone.

Di pasar seperti ini disebutkan Apple semakin aktif untuk menarik konsumen yang biasanya belum memiliki smartphone dan sedang mencari smartphone pertama mereka. Di India disebutkan bahwa Apple secara aktif melakukan promosi iklan untuk menarik pengguna membeli perangkat yang sebenarnya telah berumur tiga tahun ini.

Salah satu programnya antara lain memungkinkan konsumen di India untuk menukarkan smartphone yang mereka miliki (baik merek Apple atau bukan) seharga tertentu dengan iPhone 4. Selain program ini ada pula program lain seperti diskon untuk berbagai versi iPhone 4.

Dari sisi pengiriman produk, laporan WSJ tersebut menyebutkan bahwa Apple mengirimkan 205.000 iPhone ke India dalam periode April sampai Juni, pengiriman ini meningkat dari 72.000 ponsel pada awal tahun. Tim Cook juga mengatakan pertumbuhan di India sebesar 400% meski tidak menyebutkan jenis produk mana yang mengalami peningkatan.

India tentu saja memiliki pasar yang besar untuk ponsel, meski demikian laporan kondisi smartphone ‘jadul’ yang diminati tetap menjadi hal yang menarik. India bisa jadi mirip Indonesia dimana sensivitas atas harga ponsel masih menjadi faktor utama dalam proses pembelian. Negara ini dikenal juga sebagai ‘surga’ untuk ponsel dengan harga menengah dan bawah.

Kondisi ini bisa jadi mirip dengan di Indonesia, dimana iPhone 3GS yang sempat dipromosikan oleh retailer dan operator menjadi pilihan bagi konsumen entry level yang baru mau memiliki smartphone atau beralih dari ponsel lama untuk memiliki perangkat iOS. Dengan iPhone 5 telah resmi masuk ke pasar sini tentunya seri-seri sebelumnya termasuk iPhone 4 juga bisa menjadi pilihan bagi pasar menengah, karena harganya yang diturunkan. Meski tentu saja saya menganalisis berdasarkan asumsi bukan data pasti.

Pertanyaan selanjutnya tentu akan merujuk pada, apakah strategi Apple selanjutnya akan merilis iPhone low budget seperti yang telah dirumorkan akan segera menjadi kenyataan? Pasar menengah yang cukup besar akan bisa memberikan masukan penjualan jika iPhone ‘murah’ dirilis resmi.

Rumor sendiri terus beredar termasuk tampilan casing dan berbagai foto atas iPhone dengan harga lebih murah yang muncul ke publik. Kabarnya smartphone yang akan hadir dalam berbagai warna ini akan hadir tahun ini. Apple tetap akan memfokuskan diri mereka pada produk premium tetapi akan lebih gencar untuk produk lama yang dijual dengan harga murah serta produk baru yang diperuntukkan bagi pasar di bawah pasar premium.

Dalam laporan keuangan kuarter ketiga, Apple sendiri mengungkapkan bahwa penjualan iPhone mencatat rekor baru.

Bagaimana menurut Anda, apakah iPhone versi murah akan jadi tumpuan Apple untuk mengenjot penjualan? Atau Apple akan tetap pada strategi mereka sebelumnya? Tuliskan pendapat Anda pada kolom komentar.

Sumber gambar header Songquan Deng/Shutterstock.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again