1. Startup

ITB dan Telkomsel Bangun Platform Smart City

Nantinya platform tersebut bisa diadopsi oleh seluruh pemerintah kota, BUMN, pelaku industri, dan lainnya

Bertujuan untuk membantu kota-kota di Indonesia menerapkan teknologi smart city, Lembaga Afiliasi Penelitian Indonesia (LAPI) dan Institut teknologi Bandung (ITB) dan Telkomsel membuat smart system platform (SSP). Kemitraan ini dibentuk agar semakin banyak kota-kota besar di Indonesia mulai mengadopsi smart city, untuk lebih memudahkan pengelolaan serta manajemen masing-masing kota.

"Saat ini di Indonesia konsep smart city masih belum banyak diadopsi, dan sebagian besar kota yang berkeinginan mengadopsi konsep ini menemui banyak halangan. Terutama mengenai pemahaman konsep dan cara membangunnya. Ini alasan adanya smart system platform," kata Peneliti Smart City ITB dan Ketua Forum Smart City Indonesia Suhono Harso Supangkat kepada Detik.

Nantinya teknologi SSP bisa digunakan untuk mendukung penyelesaian masalah-masalah yang kerap dialami di kota-kota besar seperti transportasi, pendidikan dan kesehatan. Terdapat tiga inovasi yang telah dihasilkan oleh SSP buatan ITB ini, di antaranya adalah sensing, understanding, dan acting.

SSP bisa menjadi teknologi yang bisa digunakan dengan mudah oleh pemerintah kota dan kabupaten, SKPD kota dan kabupaten, BUMN, direktorat terkait smart city di pemerintah pusat, pengelolaan perusahaan terkait industri smart city, pelaku industri operator dan pengembang, hingga pengguna teknologi komunikasi dan informatika.

Proses pertama yang nantinya diterapkan yaitu sensing. Di dalamnya termasuk mengetahui dan obeservasi kondisi kota dengan bantuan sensor untuk pengumpulan data. Langkah selanjutnya yang akan dilakukan adalah understanding, yaitu konsep untuk memahami kota dengan lebih baik melalui data yang telah dikumpulkan.

Dan yang terakhir adalah acting, yaitu konsep untuk melakukan tindakan dengan cepat berdasarkan hasil analisis yang dilakukan. Produk pendukung proses acting ini adalah command center yang memanfaatkan teknologi SSP.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again