1. Startup

Jakarta Masuk dalam Daftar Kota "Future-Ready Economy" Versi Dell

Berada di posisi ke-47 dari 50 kota, penilaian berdasarkan aspek sumber daya manusia, infrastruktur, dan perdagangan

Setahun silam, Lamudi pernah mengumumkan bahwa kota Jakarta adalah satu dari lima kota di dunia yang paling menjanjikan untuk memulai startup. Kini, statement tersebut mendapat dukungan setelah Dell mengumumkan 50 kota di dunia yang siap menyongsong ekonomi masa depan melalui teknologi. Dalam daftar yang memuat 50 kota dunia tersebut, Jakarta menempati peringkat ke-47.

Ada tiga kriteria yang menjadi landasan Dell dalam mengevaluasi kota-kota yang masuk dafta 50 kota Future-Ready Economy ini. Ketiga kriteria tersebut adalah Sumber Daya Manusia, Infrastruktur, dan Perdagangan.

Dell menilai, 50 kota-kota dalam daftarnya memiliki sumber daya manusia dengan kemampuan yang tepat untuk mendorong terjadinya perubahan sosial dan ekonomi yang signifikan. Dari sisi infrasturktur, 50 kota tersebut dianggap memiliki infrastruktur yang dibutuhkan untuk mendukung individu, bisnis, dan teknologi untuk maju seiring berjalannya waktu. Sedangkan dari sisi perdagangan, Dell menilai 50 kota tersebut akan secara berkesinambungan memberikan peluang bagi berbagai usaha untuk mempercepat inovasi, pertumbuhan, dan profitabilitas.

Managing director Dell Indonesia Catherine Lian dalam keterangannya mengatakan, “Kita hidup di era digital dimana kekuatan inovasi untuk mengubah dunia ada di sekitar kita. […] Dengan memahami apa yang dimaksud dengan future-readyeconomy dan karaktertistiknya, maka kota, usaha, dan masyarakat dapat membuat kebijakan dan strategi yang akan menciptakan kesejahteraan dan mencapai pertumbuhan ekonomi yang kuat dan sehat.”

Sekedar informasi, penelitian yang menyusun daftar 50 kota Future-Ready Economy ini dilakukan Dell bekerja sama dengan HIS, sebuah perusahaan perkiraan dan analisa data ekonomi. Ini adalah bagian kedua dari hasil penelitian sebelumnya yang lebih fokus pada kota-kota di Amerika Serikat. Dell sendiri telah memulai penelitian ini sejak strategic Innovation Summit 2015 yang digelar oleh Technology and Enterpreneurship Center di Universitas Harvard pada bulan September 2015 silam.

Senior Director HIS Economics James Diffley mengatakan, “Berdasarkan penelitian yang telah kami lakukan [bersama Dell], saya percaya kota-kota yang telah diidentifikasi sebagai kota Future-Ready Economies siap meraih tingkat pertumbuhan yang tinggi di tahun-tahun yang akan datang.”

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again