1. Lifestyle

Jika Transaksi Microsoft - Nokia Selesai, Stephen Elop 'Bakal Kecipratan' $25,5 Juta

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa Nokia telah melego divisi perangkat dan layanannya kepada Microsoft dengan nilai $4.99 miliar yang akan diselesaikan pada kuartal pertama tahun 2014 nanti. Kesepakatan itu tidak hanya merubah peta persaingan di industri smartphone tetapi juga akan merubah susunan internal perusahaan.

Ya, kesepakatan pembelian tersebut melahirkan beberapa perubahan salah satunya menarik menurunkan jabatan Stephen Elop sebagai CEO Nokia untuk menjabat ekstekutif VP di divisi perangkat Nokia sebelum nanti bergabung kembali ke Microsoft pada tahun 2014. Sebagai kompensasi perubahan tersebut, Stephen Elop akan menerima uang sebesar $25.5 juta.

Dari total kompensasi yang diberikan kepada Elop, Nokia hanya menanggung 30% atau 5.65 juta Euro dan selebihnya sebesar 13.17 juta Euro akan dibayarkan oleh Microsoft. Jumlah tersebut sudah termasuk gaji pokok Elop, insentif dan juga hak milik saham yang dihargai 4.12 Euro per lembarnya.

Kompensasi dalam jumlah besar tersebut barangkali satu dari sekian berita gembira buat Elop, sebab ia juga digadang-gadang menjadi kandidat kuat CEO Microsoft menggantikan Steve Ballmer yang mengumumkan pensiun terhitung tahun depan. Elop dinilai kompeten memimpin Microsoft terutama dengan pengalamannya selama 3 tahun menahkodai Nokia. Ditambah dengan keputusan berani yang dilakukan oleh Microsoft untuk membeli divisi perangkat Nokia. Ini sebuah momentum, dan kembalinya Elop ke Microsoft seolah menjadi skenario terbaik yang dimiliki oleh Microsoft saat ini, terutama dengan keputusan dan kebijakan yang sudah dilakukan.

Sementara itu dikutip dari Allthingsd, selain membayar kompensasi kepada Stephen Elop, Nokia juga memberikan bayaran tambahan kepada CEO sementara Risto Siilasmaa dan CFO Timo Ihamuotila. Masing-masing akan mendapatkan $67300 dan $338,150 dalam bentuk campuran dana tunai dan saham.

Sumber berita Techcrunch dan AllthingsD.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again