29 January 2015

by Oki Rosgani

Kalkulator Ini Bikin Penggunanya Terlihat Funky

Tahukah Anda bahwa kalkulator merupakan perangkat yang memiliki sejarah panjang. Nenek moyangnya telah hadir ribuan tahun lalu.

Berawal sejak lebih dari 5000-an tahun yang lalu kalkulator hadir dalam bentuk mekanik berupa biji-bijian yang digeser dalam sebuah penopang kayu yang disebut sebagai abacus, perangkat ini juga merupakan nenek moyang dari perangkat komputasi masa kini.

Sama seperti komputer, kalkulator dalah suatu alat berukuran relatif kecil namun memiliki manfaat yang sangat besar yang hanya dikhususkan untuk melakukan perhitungan, baik perhitungan biasa, perhitungan akuntansi maupun perhitungan statistik.

Dalam perkembangannya kehadiran kalkulator telah banyak dimodifikasi dengan tambahan fungsi-fungsi lainnya.

 

Info menarik: Bukan Sembarang Kotak, Game Awesome Square Ini Akan Menghibur Anda

 

Namun hanya sedikit kalkulator yang memiliki tampilan stylish, terutama untuk kalkulator yang banyak digunakan oleh para profesional, jikapun Anda menemukan kalkulator dengan desain unik dengan warna-warni yang lebih cerah, mesin kalkulator tersebut hanyalah sebagai kalkulator sederhana yang memiliki kemampuan standar saja.

Tapi berbeda dengan kalkulator yang dibuat oleh Texas Instrument, vendor yang dikenal sebagai pembuat chipset untuk perangkat komputasi, telah membuat sebuah kalkulator yang terlihat lebih stylish.

Dengan tampilan warna-warni ceria, kalkulator TI-84 Plus CE besutan Texas Instrument ini terlihat lebih modis dan membuat penggunanya terlihat lebih funky. Terdapat 7 pilihan warna yakni hitam, biru tua, ungu, pink, merah maroon, abu-abu dan biru muda.

Walaupun terlihat mirip mesin kalkulator pada umumnya, kalkulator TI-84 Plus CE merupakan mesin kalkulator yang memiliki banyak fungsi, hadir dengan layar warna yang lebih besar, kalkulator ini dapat menampilkan grafis, tabel, rumus matematika dan juga susunan tabel kimia serta seabreg fungsi lainnya.

 

Info menarik: Cara Mengaktifkan Notifikasi dan Update Status Via SMS di Facebook

 

Tidak hanya itu, penggunaan kalkulator ini juga dapat dipadukan dengan perangkat  komputer dengan menggunakan sambungan kabel USB, sehingga apa yang tampil dilayar kalkulator juga dapat ditampilkan pada layar komputer yang lebih besar dan melakukan sinkronisasi data dengan komputer.

Sayangnya, pihak Texas Instrument tidak menyebutkan berapa harga jual untuk kalkulator ini, karena perangkat ini baru akan tersedia di pasaran pada musim gugur tahun 2015 nanti.

Sumber: Engadget | Gambar Header: Texas Instrument.