28 January 2014

by Bambang Winarso

Kantar: Android Masih Perkasa di 12 Negara, Sementara Windows Phone Siap Menjegal

Selama kuartal keempat 2013, Android masih bertengger di puncak teratas sistem operasi dengan menguasai sebagian besar perangkat mobile di 12 negara, seperti yang terungkap dalam laporan terbaru Kantar World Panel.

Dalam laporannya Kantar merangkum penggunaan sistem operasi oleh vendor-vendor smartphone di 12 negara antara lain Amerika, Inggris, Jerman, Prancis, Cina, Australia, Italia, Spanyol, Eropa dan 3 negara Amerika Latin.

Dominasi Android bahkan mencapai angka 70% lebih terutama di Cina, Jerman, Amerika Latin dan Spanyol dengan persentase paling rendah adalah 75,4% di Amerika Serikat dan tertinggi 86,2% di Spanyol. Di keempat negara tersebut Android cenderung bertumbuh dari tahun ke tahun.

 

Info Menarik: Game Android Terpilih 19 – 25 Januari 2014

 

Yang menarik, Apple yang digadang-gadang sebagai penjegal Android justru melemah di seluruh pasar. Pertumbuhan signifikan justru ditunjukkan oleh Windows Phone dengan persentase paling kecil sebesar 0,2% tepatnya di Cina dan paling tinggi di Perancis sebesar 6,4%.

Kondisi ini bukan tidak mungkin merupakan pembenaran rumor Januari lalu saat Microsoft mengklaim telah menduduki posisi kedua di bawah Android terutama di negara-negara berikut,  India, Mexico, Italy, Chile, Thailand, Vietnam, Malaysia, Polandia, Afrika Selatan, Ukrania, Hungaria, Finlandia, Republik Ceko dan Yunani.

Meskipun tidak secara langsung dan akurat membenarkan klaim Microsot tersebut, tetapi sedikit banyak membenarkan pernyataan bahwa Windows Phone mulai menunjukkan gelagat siap menjegal iOS atau bahkan Android.

Sumber berita TechCrunch dan KantarWorldPanel.