Mau Usaha Laundry? Cermati Kelebihan dan Kekurangannya Terlebih Dahulu

Simak selengkapnya kelebihan dan kekurangan usaha laundry, penting untuk Anda ketahui!

Kini, jasa laundry semakin digandrungi. Mulai dari rumah tangga, mahasiswa, hingga pekerja banyak memanfaatkan jasa laundry demi hidup yang lebih ringkas. Hanya dengan merogoh kocek ribuan rupiah saja, pakaian kotor Anda kembali wangi dan siap dipakai.

Oleh sebab itu, jasa laundry semakin menjamur dan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Bila Anda tertarik untuk mencoba, sebelumnya Anda perlu melakukan analisa kelebihan dan kekurangan bisnis ini. Dengan begitu, Anda lebih siap memulai bisnis dan mampu menyiapkan strategi terbaik.

Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan dari bisnis laundry? Yuk, simak artikel ini hingga akhir!

Kelebihan Bisnis Laundry

Image by Ryan McGuire from Pixabay

Selalu Dibutuhkan

Keuntungan yang pertama dari bisnis laundry yakni akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan akan jasa laundry bukan suatu hal yang sifatnya musiman.

Terlebih melihat zaman yang kini serba cepat, masyarakat semakin sibuk dan membutuhkan solusi praktis, cepat, dan mudah. Dengan begitu, bisnis laundry dapat dikatakan akan selalu memiliki pelanggan.

Dapat Dilakukan di Rumah

Kebanyakan bisnis konvensional membutuhkan lokasi strategis untuk membuka usahanya, sehingga perlu pemilihan lokasi yang sesuai dengan target pasar. Namun berbeda dengan bisnis laundry, bisnis ini bisa dibuka di mana saja, termasuk di rumah.

Bila lokasi rumah cukup strategis, misalnya berlokasi di dekat universitas, maka hal itu menjadi sebuah keuntungan. Namun tidak perlu khawatir, bisnis laundry bisa dijalankan di mana saja mengingat pelanggan juga mungkin datang dari tetangga terdekat.

Mudah Dijalankan

Bisnis laundry dapat dikatakan tidak memerlukan keahlian khusus. Tidak perlu teknik yang sulit, pada dasarnya Anda hanya cukup mengoperasikan mesin cuci, melipat, dan menyetrika. Mudah dijalankan, bukan?

Tidak Memerlukan Banyak Tenaga Kerja

Bila Anda baru merintis bisnis laundry, Anda bisa memulai dari bisnis skala kecil. Dengan begitu, bisnis bisa dijalankan oleh satu atau dua orang tenaga kerja saja. Bahkan, bisnis ini bisa Anda lakukan sendiri sehingga Anda tidak perlu merekrut orang dengan keahlian khusus.

Modal Relatif Kecil

Kelebihan selanjutnya dari bisnis laundry adalah modal yang relatif kecil. Modal bisnis ini sangat bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda. Saat merintis, Anda tidak perlu memiliki banyak mesin cuci sekaligus.

Cukup dengan satu mesin cuci dan setrika saja, Anda sudah bisa membuka bisnis laundry. Anda bisa menambah alat penunjang bisnis seiring dengan berkembangnya bisnis Anda.

Manajemen yang Sederhana

Manajemen bisnis laundry cukup sederhana. Bisnis ini tidak memerlukan manajemen rantai pasokan, quality control, dan hal-hal teknis lainnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu energi besar untuk manajemennya.

Potensi Balik Modal yang Cepat

Dengan modal usaha yang relatif kecil dan tenaga kerja yang sedikit, bisnis laundry berpontensi untuk cepat balik modal. Namun yang perlu diingat, hal ini sangat bergantung pada strategi bisnis, pelayanan yang memuaskan, lokasi yang tepat, dan banyak hal lainnya. Sehingga, Anda harus bisa memaksimalkan bisnis Anda agar cepat balik modal, ya!

Kelemahan Bisnis Laundry

Image by Hans Braxmeier from Pixabay

Kendala Cuaca

Bisnis laundry sangat bergantung pada cuaca. Cuaca buruk, misalnya hujan yang tak kunjung reda, tentu menghambat operasional laundry karena membuat baju tidak cepat kering.

Hal ini harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membuka bisnis laundry. Kira-kira, solusi apa yang akan Anda lakukan dalam situasi ini?

Banyak Kompetitor

Saat ini bisnis laundry sangat menjamur. Bagaimana tidak, adanya potensi yang besar dan diiringi dengan kemudahan untuk menjalankannya membuat banyak orang tertarik untuk berbisnis laundry.

Nah, Anda harus memperhatikan lokasi di sekitar bisnis Anda. Kompetitor yang terlalu banyak akan membuat persaingan yang ketat, dan kemungkinan akan menghambat perkembangan bisnis.

Alat Cenderung Mahal

Tentunya Anda sudah mengetahui bahwa bisnis laundry membutuhkan beberapa alat elektronik, di antaranya adalah mesin cuci dan setrika. Alat elektronik biasanya dibandrol cukup tinggi. Namun, ada banyak opsi alat elektronik yang lebih terjangkau jika Anda mau mencari.

Butuh Biaya Perawatan

Tak hanya membeli alat elektronik, Anda juga perlu merawatnya agar bertahan lama. Alat-alat bisnis laundry memiliki potensi untuk rusak, sehingga hal ini harus masuk dalam pertimbangan Anda.

Ketika alat rusak, Anda akan kesulitan dalam menjalankan bisnis dan Anda perlu menyisihkan uang untuk memperbaikinya.

Butuh Ruangan Luas

Hal yang sering luput dalam pertimbangan para pengusaha bisnis laundry adalah kebutuhan ruangan yang luas. Selain untuk menempatkan alat-alat laundry, Anda juga perlu ruangan untuk menjemur.

Ruangan untuk jemuran juga tidak bisa sembarangan, Anda harus memperhatikan sirkulasi sinar matahari dan angin agar jemuran bisa cepat kering.

Rentan Mendapat Keluhan

Bila Anda membuka bisnis dalam sektor pelayanan, Anda harus memberikan pelayanan terbaik dan sebisa mungkin tanpa cela. Termasuk dalam bisnis laundry, kesalahan sekecil apapun dapat memicu potensi keluhan dari pelanggan. Misalnya baju yang terkena noda, baju hilang, baju yang luntur, dan lain-lain harus Anda minimalisir.

Itulah tadi beberapa kelebihan dan kekurangan dari bisnis laundry yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membuka bisnis laundry. Bisnis yang dipersiapkan secara matang akan memberikan hasil maksimal.

Jadi, jangan lupa untuk mempertimbangkan hal-hal di atas dengan cermat ya. Semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again