Interview

Kipin School Tawarkan Aplikasi dan Perangkat Distribusi Materi Belajar Gratis

Merupakan produk Pendidikan.id; berisi buku, video dan soal-soal belajar untuk sekolah

Kipin (Kios Pintar) School merupakan salah satu produk Pendidikan.id yang terus dikembangkan untuk mendukung inovasi di bidang edukasi. Kini Kipin School sudah sampai di versi 4.0, hadir di beragam platform dan lebih banyak konten di dalamnya yang bisa dinikmati siswa secara gratis.

Secara bisnis, Kipin School berada di bawah naungan PT Mahoni Edukasi Digital. Salah satu pendiri Pendidikan.id Ginting Satyana menjelaskan, konten di dalamnya sudah mencapai 2500 buku pembelajaran sekolah dari Kemdikbud, 1500 video belajar, dan 27000 soal. Selain buku digital, semua konten diproduksi sendiri oleh tim Pendidikan.id.

"Cikal bakal aplikasi Kipin School ada sejak tahun 2013, yaitu dalam bentuk web BukuSekolahDigital.com, berlanjut dengan aplikasi Buku Sekolah Digital. Sejauh ini jumlah yang mengunduh mencapai 1 juta dengan jumlah buku ter-download mencapai 65 juta," terang Ginting.

Dari awal aplikasi Kipin School memang dikonsep sebagai aplikasi gratis penunjang kegiatan belajar siswa. Karena untuk revenue atau pendapatan, Pendidikan.id mengandalkan layanan Sistem Ujian Online bagi sekolah-sekolah yang membutuhkan, khususnya untuk try out. Mengingat ujian nasional sendiri sudah bergulir berbasis komputer. Dengan sistem berlangganan, tim Pendidikan.id tak hanya menawarkan sistem tetapi juga akan mengelola servernya.

Selain itu Kipin School juga dibangun dalam bentuk kiosk, seperti ATM. Sebuah mesin yang di dalamnya terdapat materi-materi dari Pendidikan.id. Mesin tersebut juga akan memancarkan sinyal wifi. Jika terhubung dengan perangkat (seperti laptop, ponsel atau tablet), pengguna akan mendapatkan akses ke sistem Kipin, lengkap dengan materi-materi di dalamnya.

"Cita-cita kami adalah semua sekolah akan pakai Kipin ATM, 1 sekolah 1 perangkat. Jadi siswa sekolah tersebut bisa mendapatkan materi pelajaran gratis dan tidak butuh jalur internet dan cepat," imbuh Ginting.

Saat ini Kipin ATM sudah dikomersialkan dan bisa dibeli dari Katalog LKPP. Tahun ini pihak Pendidikan.id akan mengupayakan penambahan materi untuk Kipin School, sedangkan dari segi bisnis mereka akan mengandalkan layanan ujian digital, forum diskusi, cloud storage dan real time chat bagi sekolah-sekolah.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again