1. Startup

PINTAR Akuisisi Gredu, Kerja.io, dan Hiringmaps untuk Perluas Bisnis

PINTAR bertujuan untuk memperluas jangkauannya di sepanjang rentang karier yang lebih luas

PINTAR, platform pengembangan dan peningkatan tenaga kerja, mengumumkan ekspansinya ke pendidikan berbasis keahlian dan penempatan tenaga kerja melalui akuisisi tiga startup: Gredu, Kerja.io, dan Hiringmaps – yang secara kolektif telah mengumpulkan hampir $5 juta sejak didirikan.

Akuisisi ini menandai langkah signifikan dalam misi PINTAR untuk memberdayakan lebih dari 350 juta tenaga kerja di Asia Tenggara dan memperkuat posisinya di sektor pendidikan hingga ke pekerjaan.

Awal tahun ini Pintar dilaporkan telah mengantongi pendanaan tambahan sebesar $3 juta yang dipimpin oleh Havez Capital serta partisipasi dari SIG Venture Capital. Havez Capital adalah perusahaan investasi yang dipimpin oleh Imelda Harsono, yang saat ini juga menjabat sebagai Direktur di PT Samator Indo Gas Tbk.

Memperluas jangkauan dengan Gredu

Melalui akuisisi ini, PINTAR mendapatkan akses ke lebih dari 400 sekolah di seluruh Indonesia, memberikan peluang untuk memperkuat bisnis pendidikan tingginya dengan menjangkau siswa di sekolah umum dan kejuruan, khususnya dalam jaringan Gredu.

“Kombinasi dengan PINTAR memperpanjang masa hidup pengguna kami karena produk dan layanan Gredu sekarang dapat diadaptasi untuk segmen pendidikan tinggi dan pembelajaran korporat,” kata Co-founder & CEO Gredu Moh. Rizky Anies, yang akan bergabung dengan PINTAR sebagai direktur non-eksekutif. Moh. Arya Budi Nugraha, Co-founder dan COO, juga akan bergabung dengan PINTAR untuk memimpin divisi K12.

Investor Gredu, Intudo Ventures dan Vertex Ventures akan bergabung dengan daftar investor PINTAR, bersama dengan pendukung yang sudah ada, SIG Ventures, AppWorks, dan GDP Venture. Selain itu, kantor keluarga, Samator, perusahaan energi, dan Gunung Sewu, yang memiliki kepentingan di bidang pertanian dan jasa keuangan, juga merupakan bagian dari grup ini.

Mengintegrasikan Kerja.io untuk pengembangan profesional awal karier

Kerja.io adalah marketplace kesempatan magang di sektor teknologi dan jasa keuangan. Dengan mengintegrasikan Kerja.io ke dalam platformnya, PINTAR akan menawarkan pelanggannya saluran global untuk para profesional awal karier yang sangat berkualitas sebagai magang dan mentee. Selain itu, PINTAR akan memanfaatkan aset Kerja.io, termasuk materi persiapan wawancara, kompetisi kasus, dan komunitas profesional yang terlibat.

“Ketika di Brown University, saya melihat bahwa siswa dan profesional muda di seluruh dunia ingin bekerja di perusahaan Indonesia untuk mendapatkan paparan ke pasar kami yang dinamis dan tumbuh cepat tetapi tidak memiliki akses ke manajer perekrutan,” kata Co-founder & CEO Kerja.io Tim Wijaya. Tim akan bergabung dengan PINTAR dalam peran penasihat desain produk, berkontribusi pada integrasi Kerja.io ke dalam PINTAR Opportunity.

Memperkuat penempatan tenaga kerja dengan Hiringmaps

Hiringmaps, sebuah portal online untuk merekrut dan menempatkan pekerja migran Indonesia dengan keterampilan menengah, membawa keahlian yang berharga dan basis pelanggan global ke PINTAR. Startup ini, yang keluarganya telah menjalankan sejumlah bisnis di Timur Tengah selama dua generasi, akan membantu PINTAR memperoleh lisensi yang diperlukan untuk penempatan tenaga kerja global, serta akses ke keahlian domain yang kritis. CEO Hiringmaps, Ghahtan Said Attamimi, akan bergabung dengan PINTAR untuk memimpin divisi penempatan lintas batasnya.

“Untuk memaksimalkan dampak bakat Indonesia di panggung global, sangat penting untuk mengintegrasikan penempatan pekerja migran terampil dengan pelatihan, pemberian sertifikat, dan verifikasi pada platform yang kohesif. Kombinasi ini memungkinkan kami untuk merampingkan proses bisnis untuk memastikan bahwa pekerja migran tidak hanya cocok dengan pekerjaan yang sesuai tetapi juga mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi secara relatif, prospek karier yang lebih baik, dan perlindungan hukum dari pihak-pihak jahat yang mengintai di tepi sistem,” kata Ghahtan.

Dampak strategis dan pertumbuhan masa  depan

Dengan mengonsolidasikan perusahaan-perusahaan di sepanjang kontinum pendidikan-ke-pekerjaan, PINTAR bertujuan untuk memperluas jangkauannya di sepanjang rentang karier yang lebih luas, dengan potensi untuk memperluas ke pasar tetangga. Strategi ini akan mendiversifikasi aliran pendapatan PINTAR dari sudut pandang paparan pasar, melengkapi diversifikasi yang telah dicapai di berbagai segmen bisnisnya.

Pendekatan komprehensif PINTAR disusun dengan empat pilar utama: (1) Enterprise untuk pembelajaran dan pengembangan korporat; (2) Degrees untuk pendidikan formal yang terakreditasi; (3) Skills untuk pelatihan bersertifikat; (4) dan Opportunity untuk layanan penempatan bagi profesional dan pengusaha.

Konsolidasi di sektor pendidikan, pelatihan, dan perekrutan di wilayah ini dapat menciptakan lebih banyak peluang bagi bakat Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan yang bermakna baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Menurut Badan Pusat Statistik Indonesia, terdapat 26,54% dari pemuda usia 15-24 tahun yang tidak terlibat dalam pendidikan, pekerjaan, atau pelatihan (NEET). Pengangguran di kalangan lulusan sekolah kejuruan dan sekolah menengah juga lebih tinggi daripada rata-rata nasional, yaitu 8,62% dan 6,73% masing-masing, dibandingkan dengan tingkat keseluruhan 4,82%, menurut sumber yang sama.

Application Information Will Show Up Here

-

Disclosure: Artikel ini diproduksi dengan teknologi AI dan supervisi penulis konten

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again