Categories

Interview

KoinWorks Rilis KoinGaji, Mungkinkan Karyawan Cairkan Gaji Lebih Awal

Bekerja sama dengan Gadjian, GreatDay, dan Talenta

Prayogo Ryza - 12 August 2020

KoinWorks resmi memperkenalkan layanan terbaru mereka KoinGaji. Layanan ini memungkinkan karyawan mitra pelaku usaha untuk mencairkan gajinya lebih awal atau lebih dikenal sebagai salary advance. KoinWorks sendiri tengah berupaya untuk menjadiSuper Financial App di Indonesia dengan segenap inovasi dan layanannya di bidang keuangan.

“Kinerja karyawan sangat penting bagi suksesnya perusahaan. Kehadiran KoinGaji diharap mampu membantu pelaku usaha dalam menyelesaikan salah satu kendala pada karyawannya terutama di masa pandemi dan new normal ini, tanpa mengganggu cash flow dari perusahaan sehingga produktivitas dan loyalitas karyawan terhadap perusahaan akan lebih terjaga terutama dalam menghadapi masa new normal seperti saat ini,” ujar Co-founder & CEO KoinWorks Benedicto Haryono.

Mekanisme transaksi

KoinGaji sendiri memungkinkan karyawan mengajukan pencairan gaji lebih awal hingga 70% jika perusahaan tempat mereka bekerja sudah menjadi mitra KoinGaji. Jika dokumen dan persyaratan sudah dipenuhi proses pencairan dana diklaim hanya membutuhkan waktu 1×24 jam.

Sedangkan untuk proses pengembalian dana, dana yang sudah dicairkan terebut akan dipotong dari gaji bulanan dan tidak ada kewajiban bunga yang dibebankan kepada karyawan. Semua proses berlangsung secara digital sehingga KoinGaji diklaim tidak akan mengganggu cash flow dan memakan waktu dalam prosesnya.

Bagi perusahaan yang sudah bermitra dengan KoinGaji hanya perlu menyiapkan beberapa informasi seperti nama lengkap, nomor telepon, email, nomor KTP, angka gaji bulanan, dan nomor rekening para karyawannya untuk nantinya dimasukkan ke dalam sistem KoinWorks.

“Data ini tentunya akan KoinWorks jaga kerahasiaannya dan hanya digunakan untuk keperluan program KoinGaji ini saja. Selanjutnya, seluruh proses pengajuan dan pencairan dapat dilakukan sendiri oleh karyawan secara langsung di aplikasi KoinWorks. Setiap bulannya KoinWorks juga akan mengirimkan laporan mengenai karyawan yang memanfaatkan KoinGaji serta total pencairan gaji yang dilakukan,” terang Benedicto.

Bagi perusahaan yang ingin bermitra KoinWorks menyediakan formulir melalui link http://bit.ly/koingajiform. Sementara bagi karyawan perusahaan yang sudah bermitra hanya perlu mengakses aplikasi KoinWorks. Mereka yang datanya sudah terintergrasi dengan sistem KoinWorks hanya perlu melakukan verifikasi data saat proses registrasi di aplikasi, untuk selanjutnya bisa melakukan pengajuan.

“Saat ini KoinWorks sudah bekerja sama dengan Gadjian, GreatDay, dan Talenta. Bentuk kerja sama yang KoinWorks lakukan selain untuk menawarkan KoinGaji adalah pinjaman karyawan berupa installment kepada mitra yang sudah bekerja sama dengan KoinWorks. Selain itu, KoinWorks juga kolaborasi dengan berbagai platform guna meningkatkan literasi keuangan para karyawan dan solusi pengembangan finansial ataupun bisnis untuk para pelaku bisnis,” imbuh Benedicto.

Ia juga menekankan, mereka mengembangkan KoinGaji sebagai bentuk komitmen untuk menghadirkan rangkaian produk keuangan, baik personal maupun bisnis. Harapannya untuk bisa menghadirkan solusi bagi pelaku bisnis dan usaha di Indonesia yang ingin lebih mendorong kesejahteraan karyawannya. Termasuk juga membantu bisnis dalam kondisi pandemi dan new normal ini.

“Di awal peluncuran ini, perusahaan yang sudah bergabung masih kurang dari 10 namun responses pemilik usaha/HRD kepada KoinGaji sangat baik. Lebih dari 80% perusahaan yang sedang berbicara dengan kami sedang meng-explore lebih dalam terkait proses KoinGaji ini,” cerita Benedicto.

April silam KoinWorks berhasil mengamankan pendanaan baru sebesar Rp316 miliar. Quona Capital, EV Growth, dan Saison Capital terlibat pendanaan dari ekuitas. Sementara untuk pinjaman mereka mendapatkan dari dua institusi finansial asal Eropa.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter