Menjadi Mitra Cook di Kokikan, Ubah Masakan Rumahan Jadi Cuan

Ingin mendapatkan penghasilan dari memasak? Simak informasi mengenai syarat, cara, beserta keuntungan menjadi mitra Cook di Kokikan berikut ini.

Memulai usaha kini bisa dilakukan dari hal yang sangat sederhana, seperti hobi. Sebuah hobi ternyata bisa diubah menjadi sumber pendapatan dengan bantuan platform digital seperti Kokikan. Kokikan merupakan sebuah platform digital yang dapat membantu Anda mengubah hobi memasak menjadi kegiatan yang menghasilkan uang.

Sebelum masuk lebih dalam untuk melihat bagaimana syarat, cara, dan keuntungan menjadi mitra Cook di Kokikan, mari kenali lebih dahulu apa itu platform Kokikan menurut Ervina Chandra selaku Marketing Specialist Kokikan.

Apa Itu Kokikan?

Kokikan adalah sebuah platform digital berbasis aplikasi yang mengusung konsep jual-beli makanan rumahan ke tetangga. Aplikasi Kokikan memberikan solusi untuk siapa saja yang ingin mendapatkan penghasilan dari hasil masakan mereka dengan menjualnya ke tetangga melalui aplikasi Kokikan.

“Sekarang mereka dengan mudah dapat menjual masakan mereka tanpa bingung dengan promosi karena cukup dengan meng-upload foto masakan mereka di aplikasi Kokikan. Dan mereka juga dapat memperluascustomer mereka karena mereka akan mendapatkan pembeli yaitu tetangga-tetangga mereka yang belum mereka kenal juga,” jelas Ervina.

Selain untuk mereka yang memiliki hobi memasak, Kokikan juga merupakan sebuah solusi untuk membantu mereka yang tidak sempat memasak, namun ingin tetap makan makanan rumahan.

“Bagi para user, Kokikan memberikan solusi untuk mereka yang sudah jenuh dengan makanan restoran dan merindukan makanan rumahan, tapi tidak sempat untuk memasak. Mereka bisa memesan lewat aplikasi Kokikan,” lanjutnya.

Saat ini, Kokikan juga telah hadir di kawasan Jakarta dan mulai mengembangkan sayapnya ke daerah sekitar Jakarta, seperti Tangerang.

Panduan Menjadi Cook di Kokikan

Untuk bisa mendapatkan penghasilan dari menjual masakan Anda di aplikasi Kokikan, sebelumnya Anda harus terdaftar terlebih dahulu sebagai Cook di Kokikan. Sebelum melakukan registrasi, pastikan Anda memenuhi syarat untuk menjadi Cook yang informasinya akan dipaparkan di bawah ini.

Syarat Daftar Cook di Kokikan

Syarat untuk menjadi Cook di Kokikan tidaklah sulit. Ervina membagikan informasinya terkait apa saja yang harus Anda siapkan sebelum mendaftar. Berikut ini adalah daftar data yang akan diperlukan dalam proses pendaftaran:

  • Foto KTP
  • Foto Dapur
  • Data Diri

Setelah siap dengan data di atas, Anda bisa langsung masuk ke tahapan pengisian formulir pendaftaran di aplikasi Kokikan.

Cara Daftar Menjadi Cook di Kokikan

Langkah pertama untuk menjadi mitra Cook di Kokikan adalah mengunduh aplikasi Kokikan di PlayStore maupun AppStore. Selanjutnya, Anda perlu memverifikasi data dengan memasukkan data-data yang sebelumnya telah Anda siapkan pada formulir verifikasi Cook di aplikasi Kokikan.

Setelah berhasil terverifikasi, maka Anda bisa langsung mulai menjual masakan Anda di Kokikan dan menyajikannya untuk orang-orang di sekitar tempat tinggal Anda.

Cara Kerja Mitra Cook Kokikan

Cara kerja jual-beli makanan di Kokikan memiliki konsep yang kurang lebih sama dengan marketplace khusus makanan lainnya, dimana Cook akan memasak makanan setelah ada pesanan masuk dari pelanggan di aplikasi Kokikan. Namun, Kokikan memiliki dua sistem pemesanan, yakni eat now dan pre-order yang perbedaannya juga dijelaskan oleh Ervina.

“Sistem di Kokikan untuk sekarang ada dua, yaitu eat now dan pre-order. Eat now adalah sistem dimana para user memesan makanan dan akan dimasakkan segera oleh Cook. Satunya lagi adalah sistem pre-order dimana user bisa memesan dari jauh hari dan akan dikirimkan pada hari yang ditentukan.”

Kemudian, untuk sistem pengiriman, Cook dapat mengantar sendiri pesanan ke pelanggan, mengingat lokasi pelanggan hanya akan berada di sekitar lingkungan Cook. Ervina juga menjelaskan perihal jarak pelanggan yang bisa memesan makanan para Cook.

“Untuk sekarang, Kokikan tidak memakai sistem radius, tapi per-apartment. Jadi user dan Cook dalam satu apartment bisa melakukan transaksi jual-beli, walaupun mereka berbeda towerapartment,” katanya.

Sistem Komisi

Setelah memahami cara kerja penjualan makanan di Kokikan, mungkin terbersit dalam benak Anda bagaimana Anda akan mendapatkan komisi atau penghasilan. Terkait pembagian keuntungan, Ervina mengatakan bahwa Kokikan hanya akan memotong platform fee ketika terjadi transaksi.

“Kokikan tidak memungut biaya jika tidak ada transaksi. Dan jika terjadi transaksi, Kokikan hanya men-chargeplatform fee per-transaksi,” ujar Ervina.

Keuntungan Menjadi Cook di Kokikan

Keuntungan adalah salah satu aspek yang bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum Anda mendaftar sebagai Cook. Selain memudahkan Anda dalam menjual masakan Anda, ternyata masih banyak keuntungan lainnya yang bisa didapatkan oleh mitra Cook. Apa saja ya? Simak informasinya berikut ini. 

Gratis Biaya Registrasi

Terkait biaya registrasi, Ervina mengonfirmasi bahwa tidak ada biaya registrasi untuk Cook ataupun user.

“Kokikan tidak memungut biaya registrasi untuk Cook dan user. Jadi, siapa saja bisa bergabung dengan Kokikan. Cukup download aplikasi dan verifikasi data.”

Waktu Fleksibel

Ervina mengatakan bahwa keuntungan lain yang bisa didapatkan oleh Cook adalah waktu berjualan yang fleksibel. Anda bisa menyesuaikan waktu berjualan dengan kesibukan Anda yang lain.

Itulah mengapa menjadi Cook di Kokikan sangat cocok untuk siapa saja yang memiliki minat dalam memasak dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah. Mulai dari ibu rumah tangga, pekerja lepas, hingga Anda yang ingin menekuni usaha di bidang kuliner

Jenis Makanan Beragam

Mitra Cook dapat menjual beragam jenis makanan melalui aplikasi Kokikan. Mulai dari makanan utama hingga dessert. Hanya ada satu syarat yang disampaikan oleh Ervina terkait jenis masakan, yakni asalkan makanan tersebut adalah masakan buatan rumahan.

“Jenis makanan yang bisa ditawarkan pun sangat beraneka ragam. Makanan besar sampai dessert bisa mereka jual dan beli di Kokikan, selagi itu homemade.”

Pelatihan dari Kokikan Academy

Merasa belum terlalu mahir dalam memasak? Tenang saja. Kokikan juga menghadirkan pelatihan-pelatihan untuk para Cook pada fitur Kokikan Academy di aplikasi Kokikan.

“Sekarang kami memiliki Kokikan Academy dalam aplikasi Kokikan, dimana para Cook bisa belajar mengenai preparation cooking sampai cara berjualan,” kata Ervina.

Selain pelatihan memasak, terdapat pula pelatihan terkait usaha untuk membantu para Cook dalam memasarkan makanannya.

Dengan kehadiran platform seperti Kokikan, hobi memasak kini bisa dikembangkan menjadi sumber pendapatan sekaligus membantu tetangga sekitar memperoleh masakan rumahan secara mudah.

Para Cook juga dapat mengasah skill memasak melalui Kokikan Academy, serta mendapatkan kemudahan dalam memasarkan makanan ke para pelanggan di sekitar lingkungannya. Bagaimana? Tertarik ubah masakan jadi penghasilan dengan Kokikan?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again