1. DScovery

Komisaris: Pengertian, Peran, Dan Gajinya

Komisaris adalah organ perseroan yang bertugas melakukan kebijakan kepengurusan direksi di perusahaan.

Komisaris merupakan salah satu pihak memiliki peran penting dalam perusahaan. Umumnya posisi komisaris di perusahaan lebih dari satu orang.

Itulah sebabnya disebut juga sebagai dewan komisaris. Dalam hal ini, pemegang saham perusahaan dapat menunjuk seorang anggota dewan.

Misalnya para pemegang saham itu sendiri atau pihak lain yang dipercaya. Posisi komisaris di perusahaan itu tinggi.

Sebelum itu mari kita mengenal lebih dalam peran komisaris ini di artikel di bawah.

Apa Itu Komisaris?

Komisaris merupakan jabatan tertinggi dalam perusahaan dan terkadang juga dapat bertindak sebagai pemilik/pemegang saham perusahaan.

Posisi ini bekerja erat dengan para manajer dan bertanggung jawab atas perkembangan perusahaan dan secara efektif mengawasi pihak-pihak di bawahnya.

Komisaris adalah jabatan yang ditunjuk atau dipilih untuk mengawasi semua kegiatan perusahaan, terutama yang berkaitan dengan kebijakan dan manajemen perusahaan.

Jabatan komisaris biasanya diisi oleh Dewan Komisaris. Komisaris utama memimpin dewan direksi. Jabatan seorang pejabat penting bagi perusahaan.

Hal ini karena pemimpin perusahaan seperti halnya manajer membutuhkan pengawasan untuk membuat kebijakan yang sejalan dengan visi dan misi perusahaan.

Selain itu, karyawan juga dapat mengganti manajemen perusahaan jika menurutnya pimpinan perusahaan tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Peran Komisaris

Tugas penting dewan komisaris adalah mengarahkan dan mengendalikan perusahaan. Tujuannya adalah keseimbangan antara kewenangan dan kekuatan.

Selain itu komisaris juga berperan dalam pertanggungjawaban kepada kelompok para stakeholder dan pemegang saham. Dewan komisaris yang bertindak sebagai pengawas, menyiapkan laporan pertanggungjawaban oleh pengelolan dari direksi.

Hal ini dilakukan dalam rangka untuk memperoleh pembebasan atau pelunasan tanggung jawab dari Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Oleh karena itu, tugas komisaris adalah melakukan tata kelola perusahaan yang baik.

Apakah komisaris bisa diberhentikan? Anggota komisaris dapat dipecat atau diberhentikan dalam RUPS. Masa jabatan komisaris yang berwenang di perusahaan harus ditentukan dalam anggaran dasar perusahaan untuk jangka waktu tertentu.

Pasal 111 Ayat 3 UUPT menyatakan bahwa Dewan Komisaris diangkat untuk jangka waktu tertentu dan dapat diangkat kembali. Misalnya untuk jangka waktu 3 tahun, 5 tahun atau jangka waktu lain yang ditentukan dalam Anggaran Dasar PT.

Gaji Seorang Komisaris

Jawaban atas pertanyaan berapa gaji komisaris tergantung pada jenis perusahaannya, apakah swasta atau negara (BUMN).

Gaji komisaris ditentukan berdasarkan dasar perhitungan remunerasi.

More Coverage:

Pada umumnya komisaris utama menerima gaji sebesar 45% dari CEO. Jika ada komisaris lain, gajinya 90% dari gaji komisi utama. Namun, besaran persentase ini bergantung pada kebijakan perusahaan itu sendiri. Sedangkan gaji pejabat perusahaan BUMN diatur melalui Keputusan Menteri BUMN Nomor PER-12/MBU/11/2020.

Peraturan ini merupakan perubahan kelima dari Peraturan Menteri BUMN PER-04/MBU/2014, yang mengatur mengenai instruksi penetapan penghasilan direksi, komisaris, dan dewan perusahaan negara.

Bagian 13 Bab 2, Bagian E, tentang komposisi Jumlah Insentif Komisaris, menentukan apakah gaji Komisaris Utama adalah 45% dari gaji Ketua Eksekutif.

Sementara itu, gaji Asisten Komisaris Utama adalah 42,5% dari gaji Ketua Eksekutif dan Dewan menerima 90% dari gaji Komisaris Utama.

Demikianlah rangkuman mengenai komisaris. Semoga kamu semakin paham tentang apa itu komisaris dan apa perannya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again