1. DScovery

Landing Page: Definisi, Tujuan, dan Tipsnya

Landing Page adalah hal pertama yang dilihat pengunjung saat mereka membuka situs web kamu. Simak artikel ini untuk mengetahui definisi, tujuan, serta tips membuat Landing Page.

Landing Page adalah laman web yang dirancang untuk meyakinkan pengunjung agar mengambil tindakan—biasanya, untuk mendaftar sesuatu.

Landing Page dapat digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari menjual produk hingga mengumpulkan alamat email dan mempromosikan acara.

Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai Landing Page.

Definisi Landing Page

Landing Page adalah file HTML dengan pengkodean khusus yang dapat dihosting di server mana pun. Ini biasanya menyertakan URL unik yang membantu melacak berapa banyak orang yang mengunjungi halaman dan apa yang mereka lakukan setelah sampai di sana.

Kamu dapat menggunakan informasi ini untuk mengoptimalkan Landing Page kamu untuk tingkat konversi—persentase pengunjung yang mengambil tindakan setelah mengunjungi situs kamu—dengan menguji berbagai desain dan salinan.

Biasanya, Landing Page merupakan hal pertama yang dilihat pengunjung saat mereka mengeklik tautan dari situs web lain atau laman hasil mesin pencari.

Ini juga dapat digunakan sebagai brosur atau selebaran online untuk mempromosikan bisnis, produk, atau layanan kamu dengan memberikan informasi tentang perusahaan kamu serta tautan ke halaman terkait di situs web kamu.

Isi dari Landing Page adalah informasi yang mendorong pengunjung untuk mengambil tindakan yang kamu inginkan. Ini bisa berupa Call-to-Action, formulir pendaftaran email, tautan ke halaman lain di situs kamu, atau sejumlah hal lainnya.

Tujuan Landing Page

Landing Page adalah cara yang bagus untuk membangun basis pelanggan kamu. Disana adalah tempat di mana kamu dapat mengumpulkan informasi tentang pelanggan, mengiklankan layanan dan produk, dan mengundang orang untuk berlangganan buletin.

Berikut ini adalah beberapa tujuan Landing Page:

Mendapatkan Informasi Pelanggan

Jika kamu memiliki Landing Page untuk e-commerce, laman tersebut akan menanyakan kepada pengunjung jenis produk apa yang mereka cari dan memberi mereka beberapa saran berdasarkan jawaban mereka.

Ini membantu kamu memahami jenis produk apa yang paling berguna bagi pengunjung seperti mereka di masa mendatang.

Mengiklankan Produk atau Layanan (Promosi)

Tujuannya adalah untuk memberikan kesan yang akurat kepada calon pelanggan tentang apa yang akan mereka dapatkan dengan membeli dari kamu.

Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti dengan menunjukkan gambar dan video produk dan jasa kamu, atau menjelaskan keuntungan yang akan mereka terima jika membeli dari kamu.

Meningkatkan Conversion Rate

Landing Page adalah laman web yang muncul ketika seseorang mencari kata kunci atau mengklik tautan. Ini dirancang untuk membuat pengunjung melakukan beberapa tindakan, seperti mengisi formulir atau melakukan pembelian.

Landing Page yang dioptimalkan dengan baik dapat meningkatkan Conversion Rate yang berarti lebih banyak orang akan melakukan tindakan yang kamu inginkan.

Tips Membuat Landing Page

Membuat Landing Page adalah langkah penting dalam pertumbuhan situs web. Ini adalah hal pertama yang dilihat orang ketika mereka mengunjungi situs kamu, jadi sangat penting bahwa situs kamu efektif dan dirancang dengan baik.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu membuat Landing Page yang efektif:

  1. Pastikan judul menarik perhatian dan mengomunikasikan dengan jelas tentang produk/layanan kamu.
  2. Pastikan memiliki ajakan bertindak (CTA) yang jelas. Inilah yang mendorong pengunjung untuk berkonversi, jadi pastikan mereka tahu persis apa yang akan mereka dapatkan jika mereka mengklik.
  3. Sertakan banyak ruang putih agar teks tidak ramai, yang membuat orang lebih mungkin membacanya.
  4. Jangan lupakan pengguna HP! Pastikan Landing Page terlihat bagus di perangkat seluler maupun desktop.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai Landing Page, semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again