5 August 2015

by Bambang Winarso

Acer Aspire One Cloudbook, Laptop Windows 10 Harga "Kaki Lima"

Persaingan perangkat murah yang terjadi di segmen mobile tampaknya menular ke segmen laptop. Setelah laptop murah HP Stream 11 merambah pasar, Acer ikut meramaikan persaingan dengan merilis laptop baru yang tak kalah murah bernama Aspire One Cloudbook.

Aspire One Cloudbook merupakan laptop berbasis Windows 10, ditawarkan dalam dua model. Model pertama memiliki layar 11 inci sementara model kedua lebih bongsor dengan ukuran 14 inci namun keduanya menawarkan kualitas visual yang sama di 1336 x 768 piksel.

Kedua model mengandalkan otak yang sama Intel Celeron N3050 yang mempunyai kecepatan clock 1,6GHz. Kemampuan multi taskingnya pun dapat diandalkan dengan adanya RAM 2GB yang menopang komponen prosesor yang bisa didongkrak jadi 2,1GHz menggunakan mode Turbo Boost.

Info Menarik:Hal-hal Yang Perlu Diketahui Dalam Proses Upgrade Windows 10

Nilai tambah lainnya terletak pada dimensi dan desainnya yang cantik. Mengusung desain tanpa kipas, Aspire One Cloudbook hanya memiliki ketebalan 17,9mm dan bobot mulai 1,15kg sampai dengan 1,6kg untuk masing-masing model.

Ada beberapa konfigurasi yang dapat dipilih oleh pembeli, Aspire One Cloudbook 11 tersedia dalam dua kapasitas hard disk 16GB dan 32GB. Sementara Aspire One Cloudbook 14 punya penawaran lebih lega dengan 32GB dan 64GB.

Jadwal peluncuran keduanya pun berbeda, Aspire One Cloudbook 11 direncanakan mulai dirilis di Amerika Utara mulai bulan Agustus dengan banderol mulai $169 dan di kawasan Eropa, Timur Tengah dan Afrika (EMEA) baru di September mendatang seharga $292. Sementara Varian yang lebih besar dilepas mulai September di Amerika Utara dengan harga $199 dan sebulan kemudian di kawasan EMEA dengan banderol $324.

Sumber berita Acer dan Engadget.