Categories

Feature

Berbagai Layanan yang Bisa Menemani di Rumah Saat Covid-19

Tak cuma soal belanja dan hiburan, tetapi juga produktivitas

Prayogo Ryza - 30 March 2020

Untuk membantu pemerintah menekan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia, banyak orang tetap berada di rumah, termasuk untuk bekerja. Ikut mendorong kampanye untuk tetap di rumah (work from home), sejumlah layanan mencoba membantu menemani mereka.

Tak hanya soal produktivitas, banyak startup di segmen hiburan dan belanja juga memberikan penawaran di masa pandemi untuk mengurangi kebosanan di rumah.

Produktivitas

Tiga layanan HR, yakni Mekari, Gadjian, dan Catapa sama-sama memberikan penawaran menarik untuk layanannya. Mekari meluncurkan Attendance by Talenta untuk solusi absensi selama bekerja dari rumah.

Gadjian menawarkan paket berlangganan gratis 30 hari untuk platform absensi yang mereka kembangkan sendiri, Hadirr, sedangkan Catapa menawarkan akses gratis untuk fitur Time Tracking di sistem mereka.

Makanan

Kumpulan resep Yummy dari IDN Media
Program Yummy yang sebelumnya ditayangkan di media sosial IDN Media, kini bisa diakses melalui aplikasi. Mereka menayangkan kumpulan resep dan proses masak cepat yang dikemas dalam konten menarik untuk para pengguna yang  melakukan kegiatan work from home.

Gratis 30 Hari Cookpad Premium
Fitur resep (Cookpad Premium) diberikan secara gratis selama 30 hari sejak mendaftar sebagai pelanggan. Cookpad Premium adalah layanan berbayar dari Cookpad Indonesia dengan keuntungan mengurutkan resep berdasarkan tingkat popularitas resep-resep yang sudah teruji oleh anggota komunitas Cookpad.

Saat ini Cookpad memiliki lebih dari 1,5 juta resep yang ditulis anggota hanya dari Indonesia saja. Seluruh resep ini dapat diakses secara gratis, baik oleh pengguna fitur premium maupun pengguna yang tidak berlangganan.

Kumpulan layanan pengantaran restoran di Zomato
Melalui kampanye #MakanDiRumah, perusahaan menyediakan daftar restoran atau cafe yang memiliki layanan pesan antar atau take away. Pengguna aplikasi juga bisa langsung mengontak restoran langsung dari aplikasi Zomato.

Diskon paket makanan siap saji dan akses gratis “Gorrywell”
Sebagai penyedia makanan siap santap, selama masa work from homeGorry Gourment menyediakan diskon dan layanan pengantaran gratis bagi pelanggannya. Gorry Gourmet juga menghadirkan GorryWell sebagai aplikasi monitoring wellness.

Fitur yang disediakan aplikasi ini termasuk pilihan menu makanan, kegiatan olah raga, kebiasaan tidur, tingkat stres dan masih banyak lagi. Selama masa pandemi, perusahaan memberikan akses gratis kepada semua pengguna.

E-commerce

Bebas Ongkir dan potongan biaya layanan 100% Tokopedia
Untuk memudahkan pelanggan melakukan transaksi, Tokopedia memberikan bebas ongkos kirim kepada pelanggan dan memotong biaya layanan 100% untuk penjual di kategori produk kesehatan dan kebutuhan pokok lain.

Menurut VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, selain edukasi, langkah ini dinilai dapat mendorong penjual menjaga ketersediaan produk dan membuat harga tetap stabil. Belanja online bisa dibilang menjadi alternatif mengurangi risiko penyebaran virus dan mendorong bisnis lokal terus beroperasi.

“Kami mendorong seluruh masyarakat ikut berkontribusi dalam menekan laju penyebaran COVID-19 lewat gerakan #DiRumahAjaDulu, hal sederhana namun paling penting dilakukan untuk menjaga keselamatan bersama,” kata Nuraini.

Ekstra 100 Voucher dan Gratis Ongkir Shopee
Sebagai salah satu layanan e-commerce populer di Indonesia, Shopee memiliki kampanye menarik untuk pelanggan mereka yang saat ini bekerja di rumah dan masih melakukan karantina. Melalui kampanye #BelanjaDariRumah, perusahaan memberikan gratis ongkos kirim dan 100 voucher selama bulan Maret.

“Shopee berkomitmen untuk berusaha semaksimal mungkin agar para pengguna selalu bisa mendapatkan akses ke kebutuhan-kebutuhan esensial dengan turut berupaya memantau produk tersebut agar tetap berada di harga yang layak,” kata Public Relations Lead Shopee Aditya Maulana Noverdi.

remote-control-4891936_1280

Hiburan

Nonton film Indonesia gratis di Vidio
Sebagai platform streaming video dan penyedia konten lokal, Vidio memberikan akses gratis kepada pengguna selama kegiatan bekerja di rumah berlangsung. Mengusung kampanye #betahdiRumah, Vidio memberikan akses gratis semua film Indonesia hingga akhir Maret 2020. Semua pilihan tersebut bisa diakses di aplikasi Vidio.

Akses gratis GoPlay

GoPlay, layanan video on demand dari Gojek, menawarkan akses gratis ke platformnya. Hingga 29 Maret 2020, pengguna bisa menikmati seluruh konten, baik film atau serial, yang ada di GoPlay.

Akses penuh podcast Inspigo

Platform penyedia podcast on-demandInspigo memberikan akses penuh untuk semua konten di platform. Platform ini menyajikan konten yang dikemas dalam bentuk talkshow berdurasi sekitar 6-7 menit berisi narasumber dari berbagai latar belakang.

Travel

Layanan refund dan reschedule Traveloka
Sejak Februari 2020 lalu, Traveloka mengalami peningkatan drastis, dengan volume yang mencapai 10 kali lipat dibandingkan situasi normal, untuk permintaan bantuan dari para pengguna, terutama refund dan reschedule tiket pesawat dan hotel, sebagai dampak pandemi.

Selain memperkuat layanan konsumen, Traveloka meningkatkan sistem back-end guna memudahkan pengguna dalam mengajukan permintaan refund atau reschedule yang dapat dilakukan melalui ‘My Booking’ (Pesanan) di aplikasi.


Yenny Yusra terlibat dalam penulisan artikel ini

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter