Categories

Event

Lean Startup Machine 2015 akan Diselenggarakan di Bandung

Bakal diadakan tanggal 7 sampai 9 Agustus 2015 mendatang, Lean Startup Machine berisikan serangkaian kegiatan untuk menguji ide atau produk secara langsung dengan konsumen

Prayogo Ryza - 21 May 2015

Tahun ini Lean Startup Machine kembali lagi di Indonesia, tepatnya di Bandung. Workshop yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 7 hingga 9 Agustus 2015 itu mencoba membantu para pesertanya untuk menguji dan memvalidasi ide atau produk bisnis dari kacamata konsumen.

Acara yang berlangsung tiga hari ini berisi beberapa kegiatan dengan tujuan akhir melahirkan produk atau ide yang sesuai dengan kebutuhan customer. Di awali dengan picthing session yang akan membagi peserta dalam beberapa kelompok. Selanjutnya masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk membangun ide yang telah di-pitch sebelumnya atau melalui kesepakatan anggota kelompok mereka bisa melahirkan ide baru.

Dalam workshop ini peserta juga dituntut melakukan hipotesis untuk menentukan Minimum Viable Product (MVP) atau produk yang paling sederhana yang fitur dan value utamanya masih dapat dimanfaatkan dan digunakan dengan baik dari masing-masing ide. Tujuan uji coba MVP ini dilakukan agar setiap peserta keluar dari ruangan dan mulai mengkomunikasikan ide atau produknya langsung kepada calon customer di lapangan. Inilah metode validasi yang dilakukan Lean Startup Maching, turun ke lapangan, tak hanya sekedar asumsi atau teori.

Rangkaian kegiatan workshop ini diklaim mampu menghasilkan ide-ide bisnis yang fokus pada permasalahannya. Dengan proses validasi yang dilakukan terus menerus dan meninggalkan asumsi, setiap tim akan mampu melakukan pivot untuk setiap solusi yang mengarah pada problem nyata tiap .

Kegiatan workshop ini akan ditutup dengan presentasi dari tiap tim mengenai solusi yang mereka temukan. Pemenang dari kegiatan ini bukan ditentukan dari ide yang paling unik melainkan dari mereka yang mampu menjalani proses dengan baik dan mengimplementasikan masukan customer melalui pivot.

Workshop yang juga telah sukses di selenggarakan di beberapa kota di dunia seperti Paris dan Shanghai ini kembali hadir di Indonesia untuk mencoba melahirkan ide-ide yang telah teruji ditingkat customer.

Tahun lalu acara Lean Startup Machine yang diselenggarakan di Jakarta telah sukses menelurkan NgutangProject, sebuah aplikasi yang dapat digunakan sehari-hari untuk melakukan kontrol terhadap transaksi utang piutang.

- DailySocial adalah media partner Lean Startup Machine Bandung 2015

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter