17 March 2017

by Yoga Wisesa

Lenovo Punya Rencana Untuk Hadirkan Motorola Moto M di Indonesia

Moto M disiapkan bagi mereka yang menginginkan smartphone berkapabilitas fotografi mumpuni dengan desain elegan dan performa tinggi di harga terjangkau.

Kira-kira empat bulan silam, Lenovo resmi meluncurkan Motorola Moto M di Tiongkok setelah rumor yang mengindikasikan eksistensinya sempat ditampik sang produsen. Dari info di sana, Moto M kabarnya diracik untuk memperkuat lineup Motorola kelas menengah. Dan di acara Modsventure in a Snap kemarin, Lenovo mengungkap agenda buat membawanya ke Indonesia.

Mengisi celah antara Moto G dan Moto Z, Motorola menyiapkan Moto M bagi mereka yang menginginkan smartphone berkapabilitas fotografi mumpuni dengan desain elegan, performa tinggi, dan fitur-fitur canggih, tanpa perlu mengorbankan seluruh isi dompet. Meski terjangkau, perangkat ini mengadopsi sejumlah elemen yang biasanya dibubuhkan pada handset di kategori flagship.

Motorola Moto M adalah smartphone 5,5-inci yang siap menemani Anda melakukan aktivitas-aktivitas outdoor. Tubuhnya terbuat dari bahan full-metal aluminium berstruktur unibody, memiliki dimensi 151,35x75,35,7,85-milimeter. Display-nya juga terbilang canggih untuk produk mid-range, menyajikan resolusi full-HD (1920x1080) dengan kepadatan 401ppi dan color gamut 70 persen NTSC. Lalu buat menyederhanakan proses log-in, Motorola tak lupa menyematkan sensor pemindai sidik jari, diposisikan di bawah modul kamera.

Melihat dari perspektif fisik dan daya tahan, salah satu fitur andalan Moto M terletak pada proteksi terhadap air yang produsen bubuhkan di sana. Smartphone mampu menangkis cipratan dan tumpahan air berkat teknologi nano-coating. Namun Motorola mengingatkan bahwa Nano M tidak sepenuhnya kedap air layaknya produk bersertifikasi ingress protection. Ia tetap tidak boleh direndam dalam cairan jenis apapun.

Untuk kebutuhan fotografi, Motorola mengandalkan kamera bersensor 16-megapixel dengan aperture f/2.0 di belakang yang turut dibekali kemampuan PDAF dan flash dual tone - mampu merekam video full-HD di 30fps. Lalu buat ber-selfie, Moto M mempunyai kamera 8-megapixel 1/4-inci di depan.

Dari sedikit riset di internet, kemungkinan ada beberapa versi Moto M, dibedakan dari kapasitas memori dan RAM. Konsumen Indonesia sendiri berpeluang memperoleh varian dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 32GB (bisa diekspansi hingga 128GB via slot SIM 2). Semua model diotaki chip serupa, yaitu MediaTek Helio P15 - berisi CPU octa-core 2,2GHz dan GPU Mali T860mp2. Device berjalan di sistem operasi Android 6.0 Marshmallow dan ditenagai baterai 3.050mAh dengan sistem rapid charge 10W.

Pihak Lenovo punya rencana untuk meluncurkan Moto M dalam acara resmi yang akan dilangsungkan di bulan Maret 2017 ini. Harganya di Indonesia masih belum dikonfirmasi.