27 February 2015

by Bambang Winarso

LG Watch Urbane LTE Perkuat Jajaran Perangkat Wearable LG di MWC 2015

Beberapa saat yang lalu LG sudah mengumumkan sebuah perangkat smartwatch mewah berbahan metal, LG Watch Urbane yang rencananya akan dipamerkan di ajang MWC bulan depan. Tapi ternyata perangkat tersebut tidak sendirian, baru-baru ini LG kembali memperkenalkan varian kedua yang diberinama LG Watch Urbane LTE.

Dari penamaan perangkat tentu Anda tidak kesulitan untuk mengenali perbedaan di antara keduanya. Tapi selain teknologi LTE, varian kedua ini ternyata juga mempunyai beberapa hal yang membedakannya dengan varian terdahulu.

Jika LG Watch Urbane non LTE masih menggunakan sistem operasi Android Wear, lain halnya dengan varian LTE ini. LG memutuskan untuk membenamkan sistem operasi “LG Wearable Platform” yang merupakan hasil kembangan mereka sendiri.

Info Menarik:Perbandingan Dukungan Service Center Smartphone Program Android One dari Evercoss, Mito dan Nexian

Menurut LG, sistem operasi ini dikembangkan khusus untuk perangkat wearable. Dimana di dalamnya telah dibenamkan fitur paling mutakhir yang menjadikan perangkat satu level di atas LG G Watch R, di dalamnya terdapat pula mode always-on.

Peningkatan juga berlaku untuk komponen baterai 700mAh, yang memungkinkan perangkat untuk bekerja lebih lama.

Sementara soal perawakan perangkat memang tak jauh berbeda dengan varian pertama. Layar perangkat masih mengusung Plastick OLED berukuran 1,3 inci berbentuk bulat yang dipoles dengan balutan material stainless steel berkelas.

Meski merupakan perangkat non Android, namun LG Watch Urbane LTE tetap dapat bekerja dengan ponsel pintar Android. Hanya saja, mungkin pengguna tidak akan membutuhkannya mengingat perangkat sudah dibekali koneksi seluler untuk berkomunikasi.

Alhasil, LG Watch Urbane LTE dapat dipergunakan untuk mengirim atau menerima pesan, melakukan panggilan atau sebaliknya, dan terdapat pula fitur push-to-talk (PTT) dengan perangkat lain. Tak berhenti di situ, sesama pengguna LG Watch Urbane LTE juga dapat mengobrol lewat fitur walkie-talkie dengan daya jangkau yang luas.

Info Menarik:Pengejar Harapan Palsu, Game Bertema Cinta dari Anoman Studio

Di bagian terdalam perangkat bersemayam komponen utama yang menopang semua operasional perangkat, yakni berupa chipset Qualcomm Snapdragon 400 berkecepatan 1,2GHz. Komponen ini masih ditopang oleh RAM 1GB dan memori internal 4GB.

Terakhir, LG Watch Urbane LTE memiliki kemampuan yang satu tingkat lebih baik ketimbang para kompetitornya berkat adanya teknologi NFC yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran melalui dompet virtual.

Sebagaimana varian non LTE, LG Watch Urbane LTE ini juga akan tebar pesona di ajang MWC 2015 yang digelar bulan depan di Barcelona. Jadi, tak lama lagi kita akan segera dapati informasi soal harga dan ketersediaan perangkat.

Sumber berita LG.