Lima Hal yang Perlu Dicermati Startup sebelum Menjalin Kemitraan

Lima Hal yang Perlu Dicermati Startup sebelum Menjalin Kemitraan

Menyelaraskan dengan target pasar dan perluasan cakupan layanan
Cermati 5 hal berikut sebelum memilih mitra bisnis / Pexels
Cermati 5 hal berikut sebelum memilih mitra bisnis / Pexels

Saat ini sudah banyak partnership atau kemitraan yang dilancarkan satu startup dengan starup lainnya. Selain untuk menambah jumlah pelanggan, kemitraan tersebut juga bisa memberikan keuntungan strategis sekaligus menciptakan layanan yang menyeluruh. Sebelum startup memutuskan untuk bekerja sama dengan startup lain, ada baiknya untuk mencermati lima hal berikut ini.

Pilih tipe pelanggan yang sama

Meskipun pelanggan yang ditargetkan tidak harus serupa, paling tidak pelanggan calon mitra bisa menjadi alternatif baru untuk layanan dan produk yang ada. Misalnya jika startup menargetkan target pasar kalangan menengah ke atas, cari layanan serupa yang mencoba untuk merangkul target pelanggan tersebut. Hadirkan juga pilihan baru untuk pelanggan melengkapi layanan yang telah dimiliki.

Bukan kompetitor

Mitra yang ideal adalah mitra yang memiliki layanan atau produk yang pada akhirnya tidak akan menjadi pesaing Anda. Misalnya jika Anda memiliki layanan on-demand, carilah mitra yang bisa mendukung bisnis Anda tersebut. Apakah dari sisi logistik, layanan pelanggan dan hal terkait lainnya.

Memberikan prospek untuk pelanggan baru

Salah satu strategi lain saat berencana untuk membina kemitraan adalah dengan melihat jumlah pelanggan yang dimiliki oleh calon mitra tersebut. Idealnya temukan bisnis yang memiliki jumlah klien dalam jumlah banyak, yang membutuhkan layanan yang Anda miliki. Dengan demikian bisa membuka kesempatan untuk akuisisi pelanggan baru dari kemitraan tersebut.

Memiliki minat besar untuk menjadi mitra

Hal lain yang harus diperhatikan saat menentukan mitra yang tepat adalah keinginan mereka yang cukup besar untuk menjadi mitra Anda. Dengan demikian visi dan misi bisa diselaraskan dan tujuan akhir yang ingin diraih bisa dijalankan bersama.

Tertarik dengan layanan yang dimiliki

Cara lain agar bisa mengajak mitra yang tepat, jika bisnis yang Anda miliki menarik perhatian calon mitra tersebut. Untuk itu lakukan riset dan buatlah rencana saat memilih calon mitra. Pastikan calon mitra tersebut belum memiliki layanan atau produk yang Anda miliki, agar bisa menarik perhatian mereka lebih besar lagi.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Tips
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…