1. DScovery

Mahasiswa: Pengertian, Ciri-Ciri, hak dan Kewajibannya

Mahasiswa adalah peserta didik yang menempuh pendidikan formal di perguruan tinggi. Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut ini pengertian sampai kewajiban yang dimiliki oleh seorang mahasiswa.

Mahasiswa adalah istilah kata yang sering terdengar di masyarakat dan dianggap sebagai orang-orang yang memiliki kemampuan intelektual yang baik. Dalam kaitannya dengan dunia pendidikan, mahasiswa adalah orang-orang yang terlibat secara formal menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Menjadi mahasiswa bukanlah hal yang mudah karena dibutuhkan tes masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan, untuk mengetahui lebih lengkap mengenai apa itu mahasiswa berikut penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Mahasiswa

Mahasiswa adalah seorang yang terdaftar sebagai peserta didik atau pelajar di suatu perguruan tinggi. Menurut Takwin (2008), mahasiswa adalah seseorang yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi seperti universitas, institut atau akademi.

Mahasiswa adalah orang-orang yang berasal dari masyarakat dan memiliki status sebagai mahasiswa melalui ikatannya dengan perguruan tinggi. Mahasiswa diartikan juga sebagai bagian dari masyarakat berupa calon intelektual dan cendekiawan muda melalui predikat yang diraihnya sebagai hasil belajarnya.

Mahasiswa berdasarkan pengertiannya juga disebut sebagai orang yang belajar di perguruan tinggi dan sedang mempersiapkan dirinya untuk mendapatkan suatu keahlian pada tingkat sarjana. Dengan kata lain, pada intinya mahasiswa adalah orang-orang yang sedang menempuh pendidikannya pada strata perguruan tinggi.

Ciri-Ciri Mahasiswa

Mahasiswa dalam keterkaitannya dengan dunia pendidikan di perguruan tinggi jelas memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan para akademisi lainnya.. Berikut ini ciri-ciri seorang mahasiswa yang perlu kamu ketahui, sebagai berikut:

  • Memiliki kemampuan dan kesempatan

Ciri-ciri mahasiswa yang pertama adalah memiliki kemampuan dan kesempatan untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Di Indonesia wajib belajar adalah 12 tahun atau hingga tamat sekolah menengah atas (SMA), sehingga belajar di perguruan tinggi sebenarnya bukanlah suatu kewajiban yang perlu dilakukan oleh individu di masyarakat. 

Akan tetapi, pendidikan merupakan hal yang penting sehingga orang-orang yang memiliki kemampuan dan kesempatan untuk mendaftar dan menempuh pendidikan di perguruan tinggi disebut mahasiswa. Tak jarang juga mahasiswa dianggap sebagai orang-orang yang memiliki kemampuan intelektual di masyarakat.

  • Bertindak sebagai pemimpin

Mahasiswa juga memiliki ciri-ciri sebagai seorang pemimpin, dimana seorang mahasiswa biasanya memiliki perannya dalam aspek kehidupan masyarakat untuk memberikan perubahan dan kesejahteraan kepada masyarakat.

Mahasiswa dianggap memiliki ciri-ciri bertindak sebagai pemimpin, karena sikap yang ditunjukkan di lingkungan masyarakat berkaitan juga dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi atau bentuk pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa kepada masyarakat.

  • Merupakan daya penggerak yang dinamis

Mahasiswa juga memiliki ciri-ciri sebagai daya penggerak yang dinamis bagi proses modernisasi dan kesejahteraan masyarakat. Ibaratnya seorang mahasiswa dianggap bagian dari pelopor atau agent of change untuk mengoptimalisasikan kesejahteraan dan keadilan bagi seluruh masyarakat.

  • Persiapan tenaga kerja berkualitas

Ciri-ciri terakhir adalah persiapan tenaga kerja berkualitas karena melalui pendidikan di perguruan tinggi, seorang mahasiswa akan diberikan pelajaran dan praktek secara langsung untuk melatih suatu skill sesuai dengan program studi yang diambil.

Perguruan tinggi sendiri juga dianggap sebagai wadah bagi setiap individu untuk dapat menempuh dan mengembangakan pengetahuannya, sehingga memiliki kemampuan yang dianggap berkualitas dan profesional.

Kewajiban Mahasiswa

Mahasiswa sebagai peserta didik di perguruan tinggi juga memiliki kewajiban yang perlu dijalankannya selama memiliki status sebagai mahasiswa. Berikut ini beberapa kewajiban yang dimiliki oleh mahasiswa:

  1. Berkewajiban mematuhi peraturan dan ketentuan perguruan tinggi.
  2. Berkewajiban untuk menjaga dan memelihara sarana dan prasarana perguruan tinggi.
  3. Berkewajiban untuk menjaga ketertiban, keamanan dan kebersihan lingkungan perguruan tinggi.
  4. Berkewajiban memberikan biaya penyelenggaraan pendidikan kecuali bagi mahasiswa yang terbebas berdasarkan ketentuan yang berlaku.
  5. Berkewajiban untuk menempuh pendidikan dan menghargai ilmu pengetahuan.
  6. Berkewajiban menyelesaikan masa pendidikannya sesuai batas waktu yang berlaku di perguruan tinggi.
  7. Berkewajiban menjaga nama baik perguruan tinggi.
  8. Berkewajiban untuk menjunjung nilai-nilai kebudayaan nasional negara.

Demikian informasi dan penjelasan seputar mahasiswa yang dapat kamu pahami. Pada intinya mahasiswa merupakan peserta didik yang menempuh pendidikan formal di perguruan tinggi dan belajar untuk meningkatkan kemampuan miliknya sesuai dengan program studi yang terdaftar.

Untuk menjadi seorang mahasiswa maka seseorang harus mengikuti tes ujian masuk ke perguruan tinggi, oleh karena itu bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi harus mempersiapkan diri mengikuti ujian masuk tersebut.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again