Categories

Interview

Aplikasi Mashara Sediakan Ruang Diskusi Masalah Islam

Memungkinkan pengguna mengajukan pertanyaan dan jawaban melalui aplikasi dan web

Prayogo Ryza - 9 May 2019

Mashara adalah salah satu dari banyak aplikasi bernuansa muslim dari Indonesia. Hanya saja konsep yang diusung sedikit berbeda. Berformat seperti forum diskusi — serupa dengan Quora — Mashara menyediakan ruang tanya-jawab seputar dunia Islam sebagai wadah penyebaran ilmu.

Co-founder Mashara Rizki Ramadhani Nasution kepada DailySocial menceritakan, alasan di balik pengembangan fitur diskusi keislaman adalah kurang tersedianya ruang diskusi keislaman yang sehat di Indonesia. Kebanyakan forum diskusi masih berada di media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan sejenisnya yang tidak dikhususkan untuk umat Islam.

“Ruang diskusi daring kebanyakan masih dikuasai oleh media sosial seperti Instagram, Facebook dan yang lainnya di mana platform tersebut tidak dikhususkan untuk umat islam. Bahkan sebagian tidak ramah muslim. Untuk itu dengan dikembangkannya fitur diskursus ini umat Islam di Indonesia dapat bertanya, menjawab, berdiskusi, dan membagikan konten keislaman dari sumber-sumber terpercaya. Mashara menerapkan prinsip inklusi, kolaborasi, namun tetap menarik,” jelas Rizki.

Semua konten yang ada di dalam fitur tanya jawab Mashara akan menjadi tanggung jawab sepenuhnya yang menuliskannya. Hanya saja, sebagai pemilik platform, Mashara tetap menyediakan tim yang memiliki tugas untuk mengurasi pertanyaan dan jawaban apabila ditemukan pelanggaran ketentuan atau tidak sesuai dengan aturan yang diberikan.

Aplikasi yang dirilis pertama kali pada tahun 2017 ini juga rutin mengadakan pemberdayaan komunitas dengan melakukan kajian dan diskusi keislaman.

Selain diakses melalui situsnya, Mashara juga bisa diakses menggunakan aplikasi yang sudah bisa diunduh di Google Play. Ada beberapa fitur tambahan yang ada di aplikasi, seperti jadwal dan pengingat waktu salat, penunjuk arah kiblat, dan pesan-pesan motivasi islami. Sejauh ini aplikasi tersebut sudah diunduh lebih dari 70 ribu kali.

“Fokus Mashara tahun ini adalah mengembangkan fitur diskursus keislaman dan khusus untuk di bulan Ramadan tahun ini Mashara menyelenggarakan Cerdas Cermat daring Nasional Islam berhadian umrah untuk tiga orang pemenang, ” tutup Rizki.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter