1. Entrepreneur

Membuat dan Mengirimkan Peta Situs ke Google Search Console - UMKM Go Digital Series Bagian XIII

Sitemap membantu mesin pencari menemukan tautan-tautan di toko online Anda dengan mudah

Peta situs atau sitemap adalah sebuah file yang berisi daftar struktur halaman-halaman di dalam sebuah situs web. Sitemap biasanya ditulis dalam format XML (eXtensible Markup Language) dan digunakan untuk membantu mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo memahami bagaimana struktur situs web tertentu diatur.

Tahapan ini sangat penting untuk dilakukan setelah Anda berhasil menambahkan website ke Google Search Console. Karena keduanya akan sangat terkait.

Sebelum lanjut membaca, sebaiknya baca juga panduan UMKM Go Digital Series lain yang akan melengkapi pengetahuan Anda.

Fungsi Sitemap

  1. Memudahkan Indeksasi Mesin Pencari: Sitemap membantu mesin pencari menjelajahi dan mengindeks halaman-halaman di situs web dengan lebih efisien. Dengan melihat sitemap, mesin pencari dapat menemukan halaman-halaman baru atau diubah dengan cepat.
  2. Menginformasikan Pentingnya Halaman: Dalam sitemap, Anda dapat menambahkan informasi tambahan mengenai setiap halaman, seperti seberapa sering halaman tersebut diperbarui, kapan halaman terakhir kali diperbarui, dan seberapa penting halaman tersebut dalam konteks keseluruhan situs.
  3. Meningkatkan Visibilitas: Dengan memanfaatkan sitemap, situs web Anda memiliki peluang lebih besar untuk muncul dalam hasil pencarian mesin pencari. Ini berarti potensi lebih banyak pengunjung dari hasil pencarian organik.
  4. Memperbaiki Struktur Situs: Saat Anda membuat sitemap, Anda akan merencanakan dan mengatur struktur situs dengan lebih baik. Ini membantu pengguna dan mesin pencari menavigasi situs Anda dengan lebih mudah.
  5. Mengoptimalkan SEO: Sitemap merupakan bagian dari strategi optimasi mesin pencari (SEO) Anda. Dengan menyajikan informasi yang relevan dan akurat kepada mesin pencari, Anda dapat meningkatkan peringkat dan visibilitas situs web Anda dalam hasil pencarian.
  6. Memonitor Kinerja: Beberapa jenis sitemap dapat memberikan informasi tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs Anda. Ini dapat membantu Anda memahami perilaku pengguna dan memutuskan perubahan yang diperlukan pada situs.

Tahapan Membuat Sitemap

Untuk membuat sitemap kita butuh bantuan plugin, tetapi untungnya setelah Anda memasang Yoast, maka sitemap akan otomatis dibuat. Sehingga, Anda cukup menemukan linknya saja.

  • Masuk ke menu Yoast - Pengaturan

  • Kemudian temukan menu peta situs (sitemap), salin url di link yang tersedia.

Cara Menambahkan Sitemap ke Google Search Console

Setelah menemukan link sitemap, sekarang Anda harus menambahkan link tersebut ke Google Search Console.

  • Buka web Google Search Console kemudian login ke akun Anda.
  • Temukan menu Sitemap, lalu salin link bagian belakang dari sitemap Anda. Perhatikan screenshot di bawah ini untuk memastikan url sitemap Anda sudah benar.

  • Jika sudah, klik tombol Submit/Kirim.
  • Tunggu sampai sistem berhasil membaca tautan Anda.

  • Selesai, sitemap Anda sudah berhasil ditambahkan. Butuh waktu beberapa menit bagi Search Console untuk membaca dan mengumpulkan datanya. Anda bisa lanjut ke tahapan berikutnya.
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again